Jumat, 05 Mei 2017

Persija Jakarta 0-1 Madura United

4 Mei 2017
Laporan Pertandingan: Persija Jakarta 0-1 Madura United
Madura United pulang dengan poin penuh dari markas Persija Jakarta.

OLEH    FARABI FIRDAUSY     Ikuti di twitter
Persija Jakarta harus kembali menelan kekalahan pada pekan keempat Liga 1 2017, ketika menjamu Madura United di Stadion Patriot Candrabhaga, Kamis (4/6) malam. Pekan sebelumnya Persija harus keok di markas PSM Makassar.
Kemenangan Madura United diraih dengan susah payah, sebagaimana laga berjalan stagnan pada babak pertama dan mulai seru usai turun minum. Hasil ini pun membuat Laskar Sape Kerrab mengantongi tujuh poin dari empat laga.
Babak Pertama
Persija Jakarta mengambil inisiatif serangan sejak laga dimulai, Bruno Lopes menebar ancaman pada menit kesepuluh setelah menerima umpan Rohit Chand. Terlalu lama, bola kemudian buru-buru disapu oleh Rifad Marasabessy.
Di bawah ekspektasi, tempo pada laga ini justru berjalan kurang cepat dari harapan. Peter Odemwingie beberapa kali bisa membuka peluang untuk Madura United, namun dari kesempatan tersebut tak ada kans yang membahayakan Persija.
Aksi individu justru banyak terlihat di laga ini, seperti yang diperlihatkan oleh marquee player masing-masing tim, Persija dengan Lopes dan Madura United dengan Peter Odemwingie. Hanya saja, tak ada serangan yang efektif terjadi.
Paruh pertama akhirnya selesai dengan skor imbang tanpa gol, hanya kartu kuning yang didapat kedua tim, Madura United untuk Tanjung Sugiarto dan Persija untuk Irfandi Zein. Kedua tim sama-sama punya pertahanan yang baik di laga ini.
Babak Kedua
Gomes de Olivera akhirnya memainkan Greg Nwokolo untuk menggantikan Rifad Marasabessy. Greg pun jadi alternatif target serangan bagi Laskar Sape Kerrab, lajunya yang membahayakan sampai harus dihentikan dengan keras oleh Hargianto.
Menit ke-63', Bruno Lopes kembali memperlihatkan kualitasnya dalam mengolah bola yang sampai harus memaksa Dane Milovanovic melanggarnya dan diganjar kartu kuning. Beberapa menit berselang, Boubacar Sanogo pun dimainkan untuk mengganti Saldi Makasa.
Peter Odemwingie mengecoh lini belakang Persija manakala sepakannya yang seakan umpan malah mengarah ke gawang, untung saja Andritany Ardhiyasa masih mampu mementahkan bola sepakan dari striker berpaspor Nigeria itu.
Kebuntuan gol akhirnya pecah pada menit ke-69, lewat tendangan keras Peter Odemwingie. Eks West Bromwich Albion itu tak terduga melepaskan tendangan dari jarak jauh yang keras melaju, memantul tanah dan tak kuasa dibendung Andritany. 1-0.
Persija seakan jauh dari keberuntungan, pada menit 75' dua kali bola terbentur mistar gawang. Pertama dari Maman Abdurrahman lalu kemudian tendangan Lopes. Sejurus kemudian Madura United mengancam lewat Engelberd Sane dan Milovanovic.
Bambang Pamungkas akhirnya memainkan debutnya musim ini dengan masuk menggantikan Rohit Chand. Peluang didapat pemain veteran itu lewat sundulan di tiang dekat, tapi sayangnya bola malah membentur rekannya sendiri, Maman.
Usaha keras Persija hingga pengujung laga tak bisa menghasilkan gol penyama kedudukan. Madura United memang menutup rapat pertahanan mereka sehingga sulit untuk Persija menciptakan gol. 1-0 untuk Madura United.
Susunan Pemain
Persija: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Willian Pacheco, Rezaldi Hehanusa; Muhammad Hargianto, Irfandi Zein (46' Sutanto Tan), Rohit Chand (78' Bambang Pamungkas); Bruno Lopes, Luis Junior, Jefri Kurniawan (64' Ambrizal Umanailo).
Madura Utd: Hery Prasetyo; Asep Berlian, Fabiano Beltrame, Fachruddin Ariyanto, Rifad Marasabessy (46' Greg Nwokolo); Tanjung Sugiarto (46' Andik Rama), Dane Milovanovic, Saldi Makasa (65' Boubacar Sanogo), Slamet Nurcahyo; Engelberd Sani, Peter Odemwingie.

Tidak ada komentar: