Sabtu, 28 Oktober 2017

Sosok 10 selebriti yang diabadikan sebagai nama bunga mawar

Jumat, 27 Oktober 2017 02:02 Reporter : Tantri Setyorini
Selebriti yang namanya digunakan untuk bunga mawar. ©2017 Merdeka.com
Merdeka.com - Mawar dianggap sebagai bunga yang mewakili kecantikan, cinta, dan sensualitas. Si cantik beraroma wangi ini merupakan salah satu bunga yang paling digemari di seluruh dunia. Tak sedikit pembudidaya mawar yang bereksperimen menyilangkan berbagai spesies untuk menciptakan varietas mawar baru.
Saat ini ada sekitar 100 hingga 150 varietas mawar di seluruh dunia. Masing-masing memiliki bentuk yang unik dan dinamai dengan indah pula. Bahkan ada yang meminjam nama para selebriti. Misalnya saja aktris Ingrid Bergman dan Liv Tyler. Bahkan mawar yang didedikasikan kepada mendiang Freddie Mercury, vokalis band legendaris Queen pun ada.
Mawar Ingrid Bergman.
1. Ingrid Bergman
Merdeka.com - Ingrid Bergman merupakan seorang aktris asal Swedia yang namanya bersinar di tahun 1940-an hingga 1950-an. Setelah kematiannya akibat penyakit kanker di tahun 1982, nama Bergman dipinjamkan kepada bunga mawar baru yang disilangkan oleh Poulson. Pernille dan Mogens Olesen menciptakan mawar merah yang sesuai dengan kesan elegan sang aktris setahun setelah kematiannya.
Mawar tersebut diperkenalkan pada tahun 1984 dan kemudian memenangkan berbagai penghargaan botani. The World Federation of Rose Societies menobatkan mawar Ingrid Bergman sebagai World Favourite Rose di tahun 2000. Mawar tersebut juga menjadi koleksi yang dipamerkan di Hall of Fame milik federasi.
Sekarang mawar pemenang penghargaan itu tak lagi dipasarkan dengan nama Ingrid Bergman. Patennya sudah kadaluwarsa, sehingga para petani lain bisa membudidayakannya sendiri dengan stek.
Mawar Dolly Parton.
2. Dolly Parton
Merdeka.com - Nama penyanyi sensual sekaligus kontroversial Dolly Parton juga diabadikan sebagai nama untuk varietas bunga mawar merah bersemu jingga yang diperkenalkan pada tahun 1984.
Dolly Parton merupakan hasil persilangan mawar teh merah dan oranye. Penciptanya adalah Joe Winchell. Winchell menciptakan mawar tersebut di ruang bawah tanah miliknya setelah melakukan eksperimen dengan menanam mawar di bawah cahaya lampu selama musim dingin.
Menurut Winchell, mawar Dolly Parton memiliki warna yang ceria dan 'pedas' seperti kesan yang ditangkapnya dari sang penyanyi kondang. Dolly Parton sendiri dikabarkan merasa tersanjung, meskipun dia menganggap kesan dirinya lebih cocok dengan bunga liar.
Parton lantas menanam mawar tersebut di kediamannya, Dollywood yang ada di Pigeon Forge, Tennessee, Amerika Serikat.
Mawar Liv Tyler.
3. Liv Tyler
Merdeka.com - Sejarah penamaan varietas mawar Liv Tyler tergolong unik. Aktris pemeran Arwen Evenstar di The Lord of The Rings itu menjadi spokeperson untuk kosmetik dan parfum Givenchy pada tahun 2003.
Dua tahun sebelumnya, Givenchy meminta Meilland International untuk menciptakan varietas mawar baru untuk digunakan dalam pembuatan parfum terbaru mereka. Hasilnya adalah parfum Very Irresistable yang rilis pada tahun 2003.
Di tahun 2005, mawar kuning dengan semburat warna jingga yang menjadi bahan parfum itu diperkenalkan dengan nama Liv Tyler.
Mawar Heidi Klum.
4. Heidi Klum
Merdeka.com - Di anatara sekian banyak supermodel yang disebut memiliki pesona terbesar, hanya Heidi Klum yang namanya diabadikan untuk bunga mawar. Tepatnya mawar beetrose ungu dengan 40 kelopak yang disilangkan oleh Tantau.
Klum berkesempatan untuk menghadiri sebuah pameran mawar pada tahun 2005. Mantan istri Seal tersebut diperbolehkan memilih 15 varietas mawar kesukaannya. Salah satunya lantas dinamai seperti dirinya.
Mawar LeAnn Rimes.
5. LeAnn Rimes
Merdeka.com - Mawar dengan perpaduan warna putih, kuning, dan merah muda di bagian ujung ini sempat dikenal dengan banyak nama, mulai dari Cindy, HARzippee, Perception, dan LeAnn Rimes.
Mawar tersebut disilangkan oleh Harkness & Co.Ltd. dan diperkenalkan untuk pertama kalinya di Inggris. Aromanya manis dan tajam, seperti suara Rimes di atas panggung.
Mawar Audrey Hepburn.
6. Audrey Hepburn
Merdeka.com - Dengan keanggunan dan kecantikannya yang klasik, tak heran kalau nama Audrey Hepburn dipinjam untuk menamai sebatang bunga mawar. Inilah Rosa Audrey Hepburn yang memiliki mahkota berwarna merah muda pucat. Warna lembut dan aroma buahnya pas untuk menggambarkan persona Hepburn di mata publik.
Rosa Audrey Hepburn disilangkan oleh Jerry F. Twomey pada tahun 1991. Tanaman tersebut juga dikenal dengan nama Joan's Desire.
Mawar Freddie Mercury.
7. Freddie Mercury
Merdeka.com - Tak hanya selebriti wanita yang namanya dipinjam untuk menamai bunga mawar. Sejumlah pesohor pria juga menjadi inspirasi nama untuk puluhan kultivar mawar, mulai dari Napoleon Bonaparte, aktor Cary Grant, Casanova, Mozart, Leonardo DaVinci, sampai penyanyi Freddie Mercury.
Eric Stainthorpe dari Battersby Roses memperkenalkan mawar Freddie Mercury pada tahun 1991 sebagai bentuk penghormatan kepada vokalis band legendaris Queen itu. Semua itu merupakan buah usaha para penggemar fanatik Mercury. Mereka menggalang dana 2.000 Poundsterling agar mawar berwarna merah muda, kuning, dan aprikot itu bisa dinamai seperti mendiang idola mereka.
Rumpun mawar pertama Freddie Mercury lantas diberikan kepada keluarga dan teman-teman terdekat sang vokalis
Mawar Elizabeth Taylor.
8. Elizabeth Taylor
Merdeka.com - Mawar Elizabeth Taylor berasal dari persilangan mawar teh (tea rose). Bunganya memiliki mahkota berwarna merah muda mencolok dengan ujung-ujung berwarna gelap. Aroma harumnya cukup tajam. Benar-benar bunga yang sesuai dengan persona sang aktris legendaris.
Mawar ini disilangkan oleh Von C. Weddle, pembudidaya bunga dari Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1985.
Mawar Lady Diana Spencer, Princess of Wales.
9. Lady Diana, Princess of Wales
Merdeka.com - Mendiang Putri Diana yang biasa disebut Lady Di oleh media merupakan bangsawan, sosialita, aktivis kemanusiaan, sekaligus selebriti paling dicintai publik. Kecantikan dan hati emas sang putri membuat publik mencintainya. Tak heran kalau ada banyak bunga indah yang didedikasikan untuknya.
Di antara sekian banyak jenis bunga yang dinamai seperti dirinya, 2 di antaranya merupakan kultivar mawar. Yang pertama adalah Princess of Wales, bunga mawar dengan mahkota putih bersih yang memiliki keharuman lembut. Sementara jenis lainnya adalah Diana, Princess of Wales yang memiliki mahkota berwarna merah muda lembut dan persik.
Mawar Barbra Streisand.
10. Barbra Streisand
Merdeka.com - Mawar Barbra Streisand diperkenalkan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 2004. Tangan dingin yang menyilangkan mawar tersebut adalah Tom Carruth pada tahun 2001.
Streisand sendiri yang diperkenankan untuk memilih varietas mawar yang akan menyandang namanya. Dan yang dipilih sang penyanyi berkepribadian dinamis adalah mawar teh berwarna lavender dengan mahkota lebar yang memiliki aroma khas mawar dan sitrus.
Itulah deretan selebriti kondang dunia yang namanya diabadikan untuk bunga mawar.
Sumber: Mental_floss, Help Me Find, The Smell of Roses, LA Times

Tidak ada komentar: