Selasa, 04 Mei 2010

Panen Minyak Bunga (minyak atsiri)

Jean Baptiste Grenouille bergegas menuju Grasse, kota kecil di selatan
Perancis demi belajar penyulingan mawar pada Madame Amulfi.Begitulah nukilan film The Perfume yang diangkat dari novel karya pengarang Jerman Patrick Süskind. Namun, tak perlu melangkahkan kaki ke Perancis untuk menyuling minyak mawar, cukup lakukan sendiri di rumah.
Di negeri Charles de Gaulle itu, minyak bunga lazim ditangkap dengan cara enfleurasi menggunakan campuran lemak babi dan sapi. Enfleurasi merupakan proses penyerapan minyak asiri menggunakan lemak. Terinsipirasi oleh hal itu duo peneliti Balai Besar Pascapanen Bogor, Ir Yulianingsih Msi dan Ir Dwi Amiarsih, mencoba menyuling minyak mawar menggunakan teknik enfleurasi dan pelarut.
Mengingkat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, perlu dicari pengganti lemak babi. Pilihan pun jatuh pada campuran lemak sapi yang padat, lemak kambing, dan lemak ayam yang lunak. Mentega putih pun bisa pula digunakan sebagai absorben alias penyerap minyak mawar. Teknologi enfleurasi menggunakan kotak kaca yang disebut chasis. Panjangnya 50 cm,lebar 40 cm, dan tinggi 5 cm.
Bagaimana caranya Panen Minyak Bunga/Minyak asirinya?

respondensi:
email: sugianto.gik256@gmail.com
Hp : 081313430785>

1 komentar:

Unknown mengatakan...

PENAWARAN MINYAK NILAM / MINYAK ATSIRI
yth bapak/ ibu sekalian ,

Perkenalkan kami dari PT PUTRA JAYA PERSADA yang bergerak di bidang minyak atsiri termasuk minyak nilam, minyak cengkeh, minyak jahe , minyak masohi , minyak sereh wangi , minyak akar wangi , minyak kemukus, minyak jeruk purut , minyak pala , membantu menjualkan minyak nilam dan minyak atsiri lainnya milik petani baik ke exportir exportir di JAKARTA maupun di kota kota lainnya .

Sebagai gambaran untuk minyak nilam di tingkat exportir hari ini diharga Rp 450.000/kg . Untuk kualitas Aceh bisa lebih tinggi lagi , bisa mencapai hingga Rp 600.000/kg .Untuk minyak cengkeh harga mencapai Rp 150.000/kg , minyak pala mencapai Rp 800.000 per kilogram , harga dapat berubah rubah sewaktu waktu.
Kami dapat menyediakan juga bagi yang membutuhkan alat suling dengan tehnologi terbaru , menggunakan steam boiler , rancangan dalam ketel kukus bahan bertingkat , bentuk leher untuk aliran uap suling yang akan mempengaruhi rendemen dan kualitas minyak , rancangan bak pendingin yang maksimalkan sehingga mengurangi minyak yang terbuang akibat menguap , separator model terbaru sehingga minyak tidak terbuang.
Bagi yang membutuhkan bibit nilam Aceh , kami dapat bantu pengadaannya. Dari Aceh langsung , yang tumbuh di alam liar bukan pembibitan sehingga memiliki kualitas yang lebih baik .

Bagi yang berminat export minyak atsiri ke luar negeri bisa kami bantu juga , kami memiliki informasi pasar luar negeri .

Hubungi : Winata W - 0858 3932 1011
E mail : Winatagoei1973@gmail.com

Hormat kami ,
Winata W

PT Putra Jaya Persada