Jumat, 11 November 2011

BATAKO RINGAN DENGAN STEREOFOAM

indosiar.com, Jakarta - Styrofoam yang biasanya digunakan untuk bantalan barang elektronik oleh sejumlah pengrajin dijadikan bahan dasar batako. Hasilnya batako yang ringan dan murah.
Bagi sebagian orang limbah styrofoam tidak memiliki kegunaan. Namun tidak bagi Surani, pria asal Jepara, Jawa Tengah ini memanfaatkan styrofoam bekas sebagai bahan baku membuat batako.
Menurut warga Tipar Cakung yang sangat peduli lingkungan ini mengolah limbah styrofoam menjadi batako sangat banyak manfaatnya. Selain mengurangi sampah styrofoam yang banyak menumpuk di kali dan bisa menyebabkan banjir, batako styrofoam juga lebih murah. Satu buah batako styrofoam harganya 1200 rupiah, lebih murah dibandingkan batako biasa.
Langkah pria berusia 34 tahun ini untuk memanfaatkan limbah styrofoam didukung warga setempat. Selain dimanfaatkan untuk campuran bahan membuat batako, limbah styrofoam ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai timbunan untuk pondasi rumah.
Menurut Surani, dengan cara ini pemakaian pasir bisa dihemat hingga 50 persen. Selain itu pemakaian styrofoam juga dapat membuat lantai menjadi lebih hangat dan bebas dari rembesan air saat banjir. (Astrid Farma Putri dan Agus Rahayu/Sup)
BAGAIMANA FORMULA / KOMPOSISINYA, CARA PEMBUATANNYA ?

Tidak ada komentar: