Senin, 05 Desember 2011

Generasi Muda Berpikir Kreatif, Mau Nggak?

Berpikir kreatif harusnya selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, mau melakukan segala aktifitas dilakukan dengan pikiran kreatif yang bisa menciptakan hal-hal baru yang mungkin saja belum pernah terpikirkan sebelumnya. Setiap orang bisa berpikir kreatif jika mereka mau berusaha untuk berpikir kreatif, tapi jika hanya karena malas tentu saja tidak akan ada hal baru yang bisa diciptakan.
Tips Belajar Berpikir Kreatif dan Inovatif

Berpikir kreatif itu bisa dilatih dengan cara membiasakan diri, dan pikiran kreatif tidak akan pernah ada jika tidak ada proses pertama kali mencoba.
Pikiran kita harus dilatih dan dibiasakan untuk bisa berpikir secara kreatif agar lama-kelamaan akan terbiasa dengan pikiran-pikiran kreatif yang bisa menciptakan hal-hal baru yang lebih bermanfaat.
Kalau kita sebagai generasi muda diharuskan untuk bisa berpikir kreatif, mau nggak? Biasanya banyak yang bilang kalau mereka mau, tapi pada kenyataannya ternyata mereka hanya ikut sebagai pelaksana dengan suatu penciptaan. Akan lebih baik kalau kita ikut berpartisipasi menuangkan kreatifitas kita ke dalam proses penciptaan tersebut. Yang awalnya dari kreatifitas satu orang, tapi karena ada tambahan dari pikiran-pikiran kreatif yang lain maka hal yang diciptakan itu akan jauh lebih sempurna.

Jika kita punya pikiran yang kreatif itu menyenangkan loh, kenapa? Karena jika kita bisa berpikir kreatif akan ada banyak sekali hal yang bisa kita ciptakan dengan kreatifitas yang kita miliki. Bukan hanya itu saja, dengan berpikir secara kreatif juga bisa meringankan setiap persoalan yang kita miliki. Di artikel tentang pola pikir juga bisa menjelaskannya kepada Anda.

Tidak heran jika saat ini ada banyak sekali produk-produk bajakan yang beredar, para penyebar produk bajakan itu adalah mereka para pemalas-pemalas yang tidak mau menggunakan pikirannya untuk bisa berpikir kreatif. Karena tidak memiliki pikiran yang kreatif sehingga menjadikan pikiran mereka mati, mereka akan kesulitan jika diharuskan mencari peluang atau solusi.

Tapi jika kita sudah terbiasa untuk selalu berpikir kreatif, sudah barang tentu kita bisa melihat peluang atau solusi di setiap permasalahan. Seperti misalnya jika ada suatu produk yang sudah dijual, kita bisa mencari kelemahan dari produk itu dan yang untuk selanjutnya kita buat produk semacam itu yang lebih baik dari produk yang sudah ada.

Bukan tidak mungkin, meskipun harga lebih tinggi asalkan kualitas produk yang Anda buat lebih baik maka orang akan lebih memilih produk Anda walau pun produk yang Anda buat itu adalah hasil inspirasi dari produk yang sudah ada.

Berpikir kreatif tidak selamanya harus pada penciptaan yang baru akan suatu hal, tapi bisa juga untuk memecahkan suatu permasalahan. Seperti misalnya ada masalah kantin sekolah atau kampus yang tidak mampu lagi menampung pelanggannya. Memperluas area kantin memang adalah solusi terbaik, tapi jika kita mau berpikir kreatif masih ada banyak solusi untuk masalah kantin ini. Seperti misalnya menerapkan sistem antrian di kantin, agar nantinya para pembeli bisa lebih tertib dan teratur dalam pelayanannya.

Seharusnya berpikir kreatif harus kita biasakan sejak sekarang, agar masa depan kita nanti bisa menjadi lebih baru lagi. Ada banyak sekali manfaat jika kita terbiasa berpikir kreatif, seperti misalnya tadi yang sudah saya katakan, peluang dan solusi bisa kita temukan dengan lebih mudah. Dengan berpikir kreatif, kita jadi bisa menentukan sendiri kehidupan kita.

Tidak ada komentar: