Selasa, 31 Desember 2013

Asesor Sertifikasi Profesi kompetensi kimia Industri? siap bergabung ke dalam LSP di tempat saudara berada!


Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan lembaga yang bersifat independen dan profesional di dalam membuat dan mengembangan standarisasi kompetensi kerja, melakukan Verifikasi terhadap tempat uji kompetensi yang berpedoman kepada ISO 17011, membuat materi uji kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi dengan menggunakan sistem yang berpedoman kepada ISO 17024, yang merupakan rujukan profesionalisme bagi industri di dalam dan di luar negeri.
Hadapi MEA, Tahun 2017 Siswa SMK Wajib Sertifikasi Profesi

Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada awal tahun 2016, pemerintah pusat menetapkan adanya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang nantinya pada tahun 2017,  siswa tingkat SMK diwajibkan untuk mengikuti sertifikasi profesi guna membentengi diri dari persaingan pasar bebas. Sertifikasi profesi bisa diakui untuk melamar kerja, tidak hanya kerja di Indonesia melainkan tingkat ASEAN, karena materi yang diujikan oleh asesor sudah skema ASEAN.
Proses untuk mengikuti ujian tersebut sudah diatur dalam pasal Badan Nasional Sertifikasi Provinsi (BNSP) lewat Tempat Uji Kompetisi (TUK), kemudian LSP menunjuk asesor untuk menguji sesuai dengan kompetensi yang sudah di lingkar ujiantersebut. Erni menambahkan, untuk menghindari adanya unsur subjektifitas, pihak SMK yang sudah terlisensi menjadi LSP tidak boleh menguji muridnya sendiri (harus mencari asesor dari luar), sehingga anak dikatakan kompeten tidak hanya diatas lembar kertas, tapi benar-benar mempunyai skil yang bisa
Apa itu Asesor ?
Asesmen  hanya bisa dilaksanakan oleh asesor yang sudah memiliki license atau memiliki tanda pengakuan/sertifikat dari suatu institusi yang berkompeten dan diakui oleh penggunanya untuk menerbitkan sertifikat tersebut. Dalam kaitan ini, assessor yang dimaksud adalah seseorang yang memahami prosedur pelaksanaan assessment, dan telah mengikuti pelatihan assessor serta telah mendapat sertifikat kompeten sebagai assessor yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kami (Ir. Sugianto dan Lusia Andriani M.pd) telah mendapatkan sertifikat kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)sebagai assessor untuk komptensi SMK Kimia Industri, kami berharap dapat bekerjasama dengan LSP di seluruh Indonesia untuk melakukan asesmen (sertifikasi profesi) di TUK di seluruh Indonesia. Berikut  data sertifikat kompetensi kami sebagai asesor:
1.SERTIFIKAT KOMPETENSI (BNSP) no.93000 2419 0043650 2016, an.Ir. Sugianto (no.reg.MET.000005789 2016) telah kompeten dibidang asesemen/ uji kompetensi, dengan kualifikasi/ kompetensi Assesor kompetensi berlaku 3 tahun. Pendidikan terakhir : Sarjana Teknik Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). 
 
2. SERTIFIKAT KOMPETENSI (BNSP) no.93000 2419 0043361 2016, an. Lusia Andriani, M.Pd (no.reg.MET.000005562 2016) telah kompeten dibidang asesemen/ uji kompetensi, dengan kualifikasi/ kompetensi Assesor kompetensi berlaku 3 tahun.
Lulusan SMK dan Politeknik Wajib Bersertifikasi
Kontak person : 
Phone dan Whatsapp : 081313430785
                  email        : sugianto.gik256@gmail.com

Lulusan SMK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong sertifikasi bagi lulusan Sekolah enengah Kejuruan (SMK). Hal itu merupakan upaya menghadapi masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ke pasar konstruksi di Indonesia, khususnya sejak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Mustaghfirin Amin menegaskan, kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja konstruksi Indonesia perlu ditingkatkan. Salah satunya melalui pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja. ”Lulusan SMK yang dapat sertifikasi adalah lulusan yang memenuhi persyaratan. Mulai dari pembelajaran yang benar, ada alat uji sesuai standar kompetensi, dan asesor yang bersertifikat,” ujar Mustaghfirin, kemarin.
Menurutnya, sertifikasi kelayakan tersebut diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Asosiasi Profesi. Dia menambahkan, lulusan SMK yang tersertifikasi BNSP memiliki keahlian atau skill seperti, kecekatan, kerapihan, dan keterampilan.
”Sertifikasi ini dilakukan karena pada umumnya lulusan SMK langsung terjun ke dunia kerja, sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.
Berdasarkan data dari Kemendikbud, jumlah lulusan SMK yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 1,2 juta orang. Setiap tahun jumlah tersebut mengalami peningkatan 150-200 ribu orang. Pendidikan tambahan untuk SMK, masih ujar Mustaghfirin juga dilakukan oleh Kemdikbud.
Menurutnya, pengembangan pendidikan kreatif bagi siswa SMK tersebut untuk menjadikan peserta didik sebagai subyek pembelajar lulusan yang miliki karakter, kreatif dan berkompetensi. ”Harus ada dukungan cakap berkomunikasi, misalnya dalam berbahasa Inggris,” ucapnya. 
Pikirkan Masa Depan Anda
Walaupun banyak pro dan kontra, Ujian Nasional tetaplah suatu hal yang akan sangat menentukan masa depan anda. Ketika anda merasa tidak peduli dan kehilangan semangat untuk lulus ujian, pikirkan orang-orang di sekitar anda. Pikirkan orang tua yang sudah mengeluarkan biaya sekolah, pikirkan adik-adik yang selalu menjadikan anda sebagai contoh, pikirkan pacar anda yang mungkin menganggap anda sebagai orang terhebat, dan sosok-sosok lain di sekitar hidup anda. Buatlah mereka bahagia dengan keberhsilan anda meraih ujian Nasional dengan baik  ....jangan sia-siakan kepercayaan mereka
Ikuti pogram siswa pembelajar online: 
kotak person : sugianto
email             : sugianto.gik256@gmail.com
phone           :  081313430785
WhatsApp    :  081313430785
 
PEMBELAJARAN KIMIA INDUSTRI ONLINE
A. SOAL UJIAN NASIONAL
  1. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2008/2009
  2. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2009/2010
  3. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2010/2011
  4. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2011/2012
  5. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2012/2013
  6. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014
      7. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2014/2015
    • Soal A
    • pembahasannya
B. PENDALAMAN KOMPETENSI KEJURUAN KIMIA INDUSTRI
    1. AZAZ TEKNIK KIMIA
    2. OPERASI TEKNIK KIMIA
    3. PROSES INDUSTRI KIMIA
    4. ALAT MESIN INDUSTRI KIMIA
    5. PENGOLAHAN INDUSTRI KIMIA SKALA KECIL
C. PREDIKSI UJIAN NASIONAL BERDASARKAN KISI-KISI UN 2016-2017 
E. BUKU PENUNJANG
    1. AZAZ TEKNIK KIMIA
    5. PENGOLAHAN INDUSTRI KIMIA SKALA KECIL
    6. KIMIA INDUSTRI BSE 1
    7. KIMIA INDUSTRI BSE 2
    8. KIMIA INDUSTRI BSE 3
Mau membuat konsentrat softener sendiri? bisa kita buat sendiri ! 
bonus formula softener tanpa menggunakan fixative, parfum menyatu dengan air
softener menebus celah kain dengan sempurna
bila tertarik kontak : 
email        :  sugianto.gik256@gmail.com, 
Hp            :  081313430785
whatsapp  : 088805572433

Pelembut kain (juga disebut kondisioner kain) adalah kondisioner yang digunakan untuk mencegah statis cling dan membuat kain lembut . Ini tersedia sebagai cairan, kristal, dan pengering lembar. 
Varietas
Banyak yang modern mesin cuci memiliki dispenser yang dapat menambah cairan pelembut dengan beban cucian secara otomatis pada bilasan akhir; di launderettes mungkin perlu ditambahkan secara manual. Beberapa merek deterjen memiliki pendingin kain campuran yang diklaim untuk menyimpan uang ketika dibandingkan dengan membeli deterjen biasa dan pelembut kain secara terpisah. Beberapa produsen mengklaim produk mereka membuat papan lebih mudah dan / atau membuat pakaian kering lebih cepat. Semua pelembut kain cair dirancang untuk ditambahkan ke air - baik dengan menambahkan produk langsung ke air bilasan akhir atau 2: 1 (air: pelembut) pengenceran dalam dispenser otomatis. Bahkan diencerkan pelembut kain akan menyebabkan bercak ketika dituangkan langsung ke pakaian dan dapat merusak mereka.
Pelembut kain kering biasanya datang dalam bentuk pengering lembar, yang ditambahkan ke pakaian dalam mesin pengering untuk melunakkan kain dan mencegah penumpukan listrik statis pada kain rentan. Banyak alternatif penggunaan pengering lembaran telah diusulkan oleh pengguna  seperti debu, dan menghapus rambut dari pakaian. 

Cara kerjanya

Pelembut kain bekerja dengan melapisi permukaan serat kain dengan lapisan tipis bahan kimia; bahan kimia ini memiliki pelumas sifat dan elektrik konduktif , sehingga membuat serat merasa halus dan mencegah penumpukan listrik statis. Fungsi lainnya adalah perbaikan meluncur besi selama menyetrika, meningkatkan ketahanan terhadap noda, dan pengurangan kerut dan pilling.
Mengikat pelembut kationik oleh daya tarik elektrostatik dengan kelompok bermuatan negatif pada permukaan serat dan menetralkan muatan mereka; rantai alifatik panjang kemudian berorientasi pada luar serat, memberikan pelumasan . Cuka bekerja pada beberapa bahan dengan cara yang sama, seperti mengikat ion hidrogen kepada kelompok anionik pada serat.

Komposisi

Para pelembut kain paling awal dikembangkan pada awal abad ke-20 untuk melawan rasa keras yang metode pengeringan disampaikan ke kapas. Para pelembut kapas biasanya didasarkan pada emulsi air sabun dan minyak zaitun , minyak jagung , atau lemak minyak.
Pelembut kain kontemporer cenderung didasarkan pada surfaktan garam dengan satu atau dua panjang alkil rantai, senyawa khas yang dipalmitoylethyl hydroxyethylmonium metosulfat . Senyawa kationik lain dapat diturunkan dari imidazolium , garam amina diganti, atau kuartener alkoksi garam amonium. Salah satu senyawa yang paling umum dari formulasi dini dihydrogenated lemak dimetil amonium klorida .
Pelembut anionik dan agen antistatik dapat berupa, misalnya, garam mono ester dan diester dari asam fosfat dan alkohol lemak . Ini sering digunakan bersama-sama dengan pelembut kationik konvensional. Pelembut kationik tidak sesuai dengan anionik surfaktan yang digunakan dalam deterjen karena mereka menggabungkan dengan mereka untuk membentuk endapan padat. Jadi, mereka harus malah ditambahkan selama siklus bilas. Pelembut anionik dapat dikombinasikan dengan surfaktan anionik secara langsung. Pelembut anionik lainnya dapat didasarkan pada smektit tanah liat. Beberapa senyawa, seperti teretoksilasi ester fosfat, telah pelunakan, anti-statis, dan sifat surfaktan. 
Senyawa pelunakan berbeda dalam afinitas untuk bahan yang berbeda. Beberapa yang lebih baik untuk selulosa serat berbasis, yang lain memiliki afinitas yang lebih tinggi untuk bahan hidrofobik seperti nilon , polyethylene terephthalate , poliakrilonitril , dll silikon berbasis senyawa seperti polydimethylsiloxane terdiri pelembut baru yang bekerja dengan pelumas serat. Derivatif dengan kelompok fungsional amine- atau amida yang mengandung digunakan juga. Kelompok-kelompok ini membantu pelembut mengikat lebih baik untuk kain.
Sebagai pelembut sendiri sering alam hidrofobik, mereka sering terjadi dalam bentuk emulsi . Dalam formulasi awal, sabun digunakan sebagai emulsifier . Emulsi biasanya buram, cairan susu. Namun ada juga mikroemulsi dimana tetesan dari fase hidrofobik secara substansial lebih kecil [ tidak cukup spesifik untuk memverifikasi ]. Keuntungan dari mikroemulsi adalah kemampuan peningkatan dari partikel yang lebih kecil untuk menembus ke dalam serat. Campuran kationik dan non-ionik surfaktan sering digunakan sebagai emulsifier. Pendekatan lain adalah dengan menggunakan jaringan polimer, polimer emulsi.
Senyawa lain yang disertakan untuk memberikan fungsi tambahan; asam atau basa untuk mempertahankan optimal pH untuk adsorpsi untuk kain, elektrolit, operator (biasanya air, kadang-kadang campuran air-alkohol), dan lain-lain, misalnya berbasis silikon anti-foaming agen , stabilisator emulsi, wewangian, dan warna. Bentuk yang relatif baru di pasar adalah ultra-konsentrat, di mana jumlah operator dan beberapa bahan kimia lainnya secara substansial lebih rendah dan volume jauh lebih kecil digunakan.

Referensi

  1. "Bounce mana-mana" . Bouncesheets.com. Diperoleh 2009/06/04.
  2. "20 rumah tangga menggunakan untuk digunakan, ya, pengering lembar yang digunakan" . Empat Langkah Green. Diperoleh 2011/05/06.
  3. "Henkel Info Konsumen" . Henkelconsumerinfo.com. Diperoleh 2009/06/04.
  4. "Fabric pelembut dan komposisi anti-statis - Patent 4118327" . Freepatentsonline.com. 1977/03/28. Diperoleh 2009/06/04.
  5. "Konsentrat biodegradable kuaterner komposisi kain amonium pelembut yang mengandung senyawa surfaktan dengan rantai alkil asam lemak pendek - US Patent 5643865 Klaim" . Patentstorm.us. Diperoleh 2009/06/04.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Didit sewaktudi amreknya bukan tinggal di Boston tapi di New York , Manhattan.

Kalau di Boston mah itu anaknya mbak Tutut.