Selasa, 13 Mei 2014

Ajak Prabowo Temui SBY, Hatta Mainkan 'Politik Besan'

Selasa, 13/05/2014 12:05 WIB,Ramdhan Muhaimin - detikNews
Jakarta - Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa akan menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara sore nanti. Hatta dikabarkan akan mengajukan izin untuk maju pilpres, sekaligus pengunduran diri dari jabatan Menko Perekonomian. Lalu, apa kepentingannya Prabowo menghadap SBY di Istana?

"Kalau Hatta datang menghadap, itu tepat. Karena Hatta dalam kabinet SBY. Tapi kalau Prabowo ikut, kepentingannya apa," ujar pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaidi saat berbincang dengan detikcom, Selasa (13/5/2014).

Ari menduga, Hatta sedang memainkan 'politik besan'. Kedatangan Prabowo kemungkinan karena diajak oleh Hatta untuk sama-sama menemui SBY, yang tak lain adalah besan Hatta.

"Saya justru melihat disitu ada ajakan besan mengajak SBY bersatu dalam koalisi Gerindra," tutur Ari.

Menurut Ari, tidak tertutup kemungkinan SBY untuk menyambut ajakan besannya agar Partai Demokrat bergabung dalam koalisi Prabowo-Hatta. Mengingat suara yang diraih Partai Demokrat dalam pemilihan legislatif hanya 10 persen. Di sisi lain, capres konvensi Partai Demokrat tidak satupun yang memiliki elektabilitas lebih tinggi dibanding Jokowi dan Prabowo.

"Tentu dalam pertemuan itu akan dibincangkan pemenang konvensi. Karena tidak mungkin peserta konvensi jadi capres atau cawapres. Yang memungkinkan mengisi kabinet Prabowo-Hatta," pungkas Ari.(rmd/erd)

Tidak ada komentar: