Sabtu, 19 Juli 2014

Televisi Masa Depan, Bisa Digulung dan Setipis Kertas

Laporan Desy Kurnia | Sabtu, 12 Juli 2014 | 11:44 WIB
Purwarupa televisi buatan LG, bisa dilipat dan setipis koran. (Foto : ABC)
suarasurabaya.net - Dalam 50 tahun terakhir, kita sudah mengikuti revolusi teknologi televisi. Mulai teknologi tabung hingga LCD dan LED. Bagaimana bentuk televisi ke depan? LG pabrikan elektronika asal Korea Selatan telah merilis teknologi terbaru mereka. Televisi yang bisa digulung dan dijinjing layaknya koran.

Televisi ini sangat tipis, tebalnya hanya seukuran tebal kertas satu koran. Dengan ukuran 18 inch, televisi purwarupa dari LG ini juga bisa digulung, membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

Resolusi gambar televisi ini sebesar 1 juta megapiksel dan bisa digulung hingga 2,4 inch tanpa mempengaruhi tampilan layar yang high definition (HD).

LG dalam rilisnya seperti dilaporkan ABC menyebut layar yang digunakan oleh televisi ini menggunakan bahan 'plastik yang tidak konvensional', polymide film. Bahan ini secara drastis mengurangi ketebalan layar dan mampu digulung secara fleksibel.

Selain layarnya yang fleksibel, LG juga memperkenalkan panel transparan dalam display layar dengan kualitas gambar yang jernih.

Teknologi televisi macam ini, menurut juru bicara LG, bisa digunakan untuk memproduksi televisi ukuran sampai 50 inch. Pada tahun 2017, LG menyebut mampu bisa memproduksi televisi HD dengan teknologi ini sampai ukuran 60 inch.(edy)
Editor: Eddy Prastyo

Tidak ada komentar: