Sabtu, 19 Juli 2014

UEFA Resmikan Aturan Baru Soal Kartu Kuning

 
Patrick Pinaria - 18 Juli 2014 23:18 wib
UEFA (Foto: REUTERS/Jean Pierre Amet)
UEFA (Foto: REUTERS/Jean Pierre Amet)
Metrotvnews.com, Nyon: UEFA telah meresmikan peraturan baru soal kartu kuning pada dua kompetisi Liga Eropa, yakni Liga Champions dan Euro League. Peraturan ini akan dimulai pada kompetisi musim 2014/15.

Peraturan ini akan menjadi kabar bagus bagi para klub yang akan berpentas di dua kompetisi bergengsi di Liga Eropa ini. Pasalnya, ada perubahan aturan akumulasi kartu kuning bahwa semua pemain yang terkena hukuman kartu kuning satu kali akan dihapus setelah melewati babak perempat final.

"The Emergency Panel memutuskan bahwa pada musim ini, semua kartu kuning dari awal babak penyisihan grup akan berakhir setelah melewati babak perempat final. Hukuman bagi yang terkena satu kartu kuning tidak akan diteruskan ke semifinal," jelas suatu pernyataan resmi UEFA.

Sebelumnya, aturan UEFA hukuman akumulasi kartu kuning biasanya adalah pemain akan dikenakan larangan satu kali bermain bila pemain tersebut terkena dua kali kartu kuning dalam mengikuti dua pertandingan berbeda. Peraturan itu berlaku dari babak fase grup hingga final.

Hal ini menjadi kerugian besar bagi klub bila ada pemain penting yang sudah terkena kartu kuning kedua di semifinal sementara klubnya lanjut ke final.

Sudah banyak pemain yang rugi terkena aturan lama ini. Salah satunya adalah gelandang Xabi Alonso harus absen membela Real Madrid kontra Atletico Madrid di final Liga Champions musim 2013/14 akibat akumulasi kartu kuning tersebut. (triball.com)
(Asm)

Tidak ada komentar: