Rabu, 08 Februari 2017

Profil Lengkap 20 Tim Peserta Piala Presiden 2017

(Foto: Twitter)

mukan tuan rumah PSS Sleman dengan sang juara Indonesia Soccer Championship 2016 Persipura Jayapura. Duel kedua tim digelar di Stadion Maguwoharjo, 4 Februari 2017.

Setelah itu babak penyisihan grup akan terus berlangsung hingga 19 Februari 2017. Nantinya dipilih lima juara grup beserta tiga runner up terbaik untuk melanjutkan persaingan di babak delapan besar. Fase tersebut akan digelar dalam dua hari yakni 25 dan 26 Februari 2017.

Laga puncak nantinya akan diadakan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 12 Maret 2017. Tim yang juara berhak membawa pulang hadiah senilaiSebanyak 20 tim bakal menjalani turnamen pramusim Piala Presiden 2017. Nantinya seluruh tim akan dibagi ke dalam lima grup yang memainkan pertandingan di Malang, Sleman, Madura, Bandung serta Gianyar.

Laga pembuka akan memperte Rp3 miliar. Sedangkan runner up bakal diberi Rp2 miliar dan peringkat tiga Rp1 miliar.

Berikut profil lengkap 20 tim di Piala Presiden 2017:

GRUP 1

PSS Sleman



Bila dibandingkan dengan tiga tim lain, PSS berada di dalam posisi tidak menguntungkan karena tidak menggunakan jasa pemain asing. Meski pihak operator mengizinkan tapi PSS memilih untuk hanya mengandalkan pemain lokal untuk menyesuaikan diri untuk kompetisi Liga 2 musim depan yang tidak boleh menggunakan pemain asing. Tim pelatih PSS akan memanfaatkan ajang ini untuk mengukur sejauh mana perkembangan anak asuhnya dan sebagai rujukan evaluasi sebelum bulan Maret mendatang dimulainya Liga 2.

Persipura Jayapura



Jelang Piala Presiden 2017 ada beberapa kendala yang dialami Persipura seperti kesepakatan nominal dana dari sponsor, regulasi baru PSSI dan lain sebagainya. Tapi Persipura tetaplah Persipura yang merupakan salah satu tim tertangguh di Indonesia. Kapten tim, Boaz Solossa yang pada ISC 2016 absen di banyak laga kemungkinan dapat diturunkan dalam turnamen ini sehingga akan menjadi andalan bagi pelatih Alfredo Vera di lini depan.

Mitra Kukar



Mengakhiri musim di peringkat 10 ISC 2016 tentu tidak diharapkan oleh Mitra Kukar yang merupakan tim langganan papan atas. Untuk Liga 1 Indonesia, target papan atas harus kembali dicanangkan oleh Mitra Kukar. Tim asuhan Jafri Sastra tersebut akan menjadikan ajang Piala Presiden 2017 sebagai pematangan tim sekaligus mencari komposisi pemain asing yang pas.

Persegres Gresik United



ISC 2016 tentu ingin segera dilupakan oleh Persegres. Mengakhiri musim di peringkat 17 klasemen tentu hal yang tidak ingin diulangi. Musim depan target lebih tinggi harus dicapai karena bila hal yang sama terulang maka Persegres harus rela terdegradasi. Di bawah asuhan pelatih anyar, Hanafi, Persegres telah melakukan persiapan dalam satu pekan terakhir. Kini kemampuan Choi Hyun Yeon CS akan diuji di Piala Presiden 2017.

GRUP 2

Arema FC



Arema FC salah satu kandidat tim juara Piala Presiden 2017. Statusnya sebagai tuan rumah juga diperkuat dengan materi pemain kelas satu, membuat Singo Edan masuk sebagai tim tier 1 yang diunggulkan. Beberapa pemain bintang dan muda bakal dipoles pelatih Aji Santoso. Selain itu, Aji juga menjadikan Piala Presiden 2017 sebagai ajang pemanasan untuk kompetisi Liga 1.

Bhayangkara FC



Jelang Piala Presiden 2017, Bhayangkara FC mengumpulkan beberapa pemain muda terbaik guna bersiap dalam kompetisi Liga 1. Di bawah komando Simon McMenemy, Bhayangkara menjadi tim yang diyakini bakal bisa bersaing di kompetisi musim depan. Nama-nama seperti Alfin Tuasalamony, Muhammad Hargianto, Evan Dimas, sampai Dendy Sulistyawan, bakal jadi amunisi Bhayangkara di turnamen pramusim ini. Tak heran, banyak pundit lokal menilai Bhayangkara sebagai tim muda yang berbahaya.

Persija Jakarta



Persija Jakarta bakal menjadikan Piala Presiden 2017 sebagai pemanasan dan pematangan skuat muda mereka. Macan Kemayora kali ini memiliki pelatih anyar bernama Stefao Cugurra Teco dari Brasil. Tentu saja, ajang ini bakal dimanfaatkan Teco guna memoles beberapa pemain baru yang datang ke Persija. Kombinasi pemain muda dan senior bakal terus diasah oleh Teco melalui pertandingan Piala Presiden 2017. Tapi, nama besar Persija juga berpotensi membuat kejutan di turnamen ini.

PS TNI



PS TNI mengusung target cukup tinggi di Piala Presiden 2017 dan Liga 1. Berbekal skuat dengan mayoritas anggota TNI, kini klub berjuluk The Army itu akan diperkuat pemain asing, yakni Ibrahim Conteh. Tentu saja, kekuatan PS TNI semakin bertambah kuat jika digabung dengan beberapa pemain lama seperti Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu. Di bawah asuhan Mustaqim, PS TNI menjadi tim yang cukup berbahaya di Piala Presiden kali ini.

GRUP 3

Persib Bandung



Memulangkan 'anak hilang'. Ya, itulah strategi Persib di bursa transfer kali ini. Beberapa pemain kembali ke kubu Maung Bandung seperti Dedi Kusnandar, Achmad
Jufriyanto, Shohei Matsunaga, Wildansyah, dan Supardi Nasir. Pelatih, Djadjang Nurdjaman pun dapat membangun tim sesuai keinginannya setelah pada ISC 2016 lalu ia mendapat tim warisan dari Dejan Antonic. Piala Presiden akan menjadi ajang pembuktian bagi legiun anyar Persib, Erick Weeks Lewis. Performanya akan dinilai sepanjang turnamen dimana ia berpotensi diganti pemain lain bila tampil kurang memuaskan.

PSM Makassar



PSM di bawah asuhan Robert Rene Alberts tampil luar biasa di ISC 2016. Sempat terseok di awal musim, begitu kursi kepelatihan dipegang Rene Alberts, PSM langsung merangkak naik di klasemen. Juku Eja pun mengakhiri ISC 2016 di peringkat enam. Kini menyambut musim baru PSM mendatangkan pemain bintang seperti Hamka dan Maitimo. Meski persiapan yang dilakukan tidak terlalu panjang, dengan kualitas yang dimiliki Juku Eja tetap layak disebut sebagai tim unggulan di Piala Presiden 2017.

Persela Lamongan



Setelah ditinggal Aji Santoso yang hengkang ke Arema FC, Persela sempat kebingungan menentukan pelatih untuk musim depan. Tapi kini manajemen telah merekrut Herry Kiswanto sebagai nakhoda anyar. Pergerakan Laskar Joko Tingkir di bursa transfer pun tidak buruk dimana pemain-pemain seperti Samsul Arif, Agung Pribadi, dan Juan Revi sudah resmi bergabung. Kini ramuan dari Herkis akan dinanti dimana Piala Presiden 2017 akan menjadi ujian pertama sebelum terjun di Liga 1 Indonesia.

Persiba Balikpapan



Bersama Timo Scheunemann Persiba telah melakukan persiapan selama beberapa pekan terakhir. Piala Presiden 2017 akan menjadi kesempatan bagi Timo untuk menilai kelebihan dan kekurangan yang ada di timnya saat ini. Lawan-lawan yang dihadapi Persiba di Piala Presiden 2017 tidak ada yang mudah. Piala Presiden 2017 pun akan menjadi ajang bagi Abdul Rachman untuk mengukur kesiapan Beruang Madu jelang Liga 1 Indonesia.

GRUP 4

Bali United



Skuat Serdadu Tridatu bisa dibilang bertambur bintang. Masuknya Irfan Bachdim, dan Marcos Flores, plus membawa pulang para bintang lokal Bali ke Pulau Dewata terbilang sebagai strategi jitu di bursa transfer kali ini.

Namun kendala Bali United adalah tanpa nakhoda di Piala Presiden 2017. Perginya Indra Sjafri ke timnas Indonesia U-19 bisa membuat tim ini timpang. Besar kemungkinan asisten pelatih Eko Purjianto menjadi pelatih sementara di ajang ini.

Piala Presiden ini juga menjadi ajang pembuktian para pemain anyar Bali United. Terutama Irfan Bachdim yang kembali bermain di kompetisi Indonesia.

Sriwijaya FC


Laskar Wong Kito menjadikan Piala Presiden sebagai sarana yang pas untuk mengetas kekompakan kembali timnya. Tak banyak merubah kompisisi tim, pelatih Widodo C. Putro mencoba memoles rekrutan anyar seperti Bio Paulin dan Rudolof Yanto Basna agar cepat menyatu dengan pemain lama. Apalagi Sriwijaya FC diyakini akan memperketat pertahanannya.

Pusamania Borneo FC



Pesut Etam menjadikan ajang Piala Presiden 2017 sebagai ruang untuk pemain muda. Manajemen PBFC memutuskan untuk menurunkan tim lapis kedua alias PBFC II untuk turnamen kali ini.

Ricky Nelson sebagai pelatih diberi tugas khusus untuk memoles skuat muda. Meski bukan favorit juara, PBFC berpotensi mengejutkan. Apalagi mayoritas pemain sudah terasah di tim U-21, setidaknya, mereka bisa unjuk kemampuan sebelum terjun ke Liga 1.

Barito Putera



Barito Putera akan meningkatkan teknik dan taktik bermain di Piala Presiden 2017. Anak asuh Jacksen F. Tiago sedang melakukan pemusatan latihan guna membentuk skuat yang tangguh di Liga 1 nanti. Piala Presiden 2017 benar-benar digunakan sebagai ajang persiapan bagi Barito. Target yang diusung klub alumni Galatama ini bukanlah juara, tapi menyatukan kekompakan antar pemain.

GRUP 5

Madura United


Laskar Sape Kerrab bakal unjuk kualitas di depan publiknya sendiri. Anak asih Gomes de Oliveira memiliki pemain-pemain kelas wahid. Setelah mendapatkan Greg Nwokolo dan Luis Carlos Junior, MU membeli Fachrudin Aryanto dari Sriwijaya FC. Tentu saja, dengan hadirnya bek timnas Indonesia itu, kekuatan MU di lini belakan bertambah solid.

Semen Padang


Tim Urang Awak bakal menjadi pesaing berat Madura United di Grup 5 ini. Anak asuh Nilmaizar bakal mengandalkan kekuatan penyerang Marcel Sacramento yang musim lalu menjadi bomber haus gol Semen Padang. Jika merkea bisa bermain konsisten, bisa saja tuan rumah alami hal tak menyenangkan saat berhadapan dengan Semen Padang. Setidaknya pengalaman klub Kota Padang itu lebih besar dibanding Madura United.

Perseru Serui


Klub berjuluk Cenderawasih Jingga ini termasuk tim yang mepet persiapannya. Pelatih Yusack Sutanto baru mengumpulkan pemain pada minggu ini di Stadion Marora. Kabarnya, Perseru sedang melakukan pemusatan latihan di Mojokerto, Jawa Timur. Perseru akan mengandalkan pemain muda sebanyak 19 pemain, salah satu bintang mereka, Boman Irie Aime bakal jadi andalan klub timur Indonesia itu.

PSCS Cilacap


Ini merupakan klub dari Liga 2 yang mengikuti Piala Presiden 2017 selain PSS Sleman. Berstatus sebagai juara ISC B musim lalu, Laskar Nusakambangan tentu tak ingin tampil mengecewakan. Meski peluang tipis untuk lolos dari Grup 5, permainan cantik setidaknya bakal disuguhkan oleh Ugik Sugiyanto dkk di Pamekasan nanti.

Tidak ada komentar: