Kamis, 11 Mei 2017

Pertandingan: PSM Makassar 1–0 Arema FC

PSM Makassar sukses meraih angka penuh dengan mengalahkan Arema FC
PSM Makassar sukses meraih angka penuh dengan mengalahkan Arema FC
Kekalahan dari PSM juga membuat Arema untuk kali pertama kebobolan pada Liga 1 musim ini.

OLEH   DONNY AFRONI
PSM Makassar sukses mendulang angka penuh setelah mengalahkan sepuluh pemain Arema FC dengan skor tipis 1-0 di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (10/5) malam WIB, pada pekan kelima Liga 1 2017.
Raihan tiga angka ini membuat PSM memuncaki klasemen sementara dengan menggusur Persib Bandung setelah mengumpulkan poin 13. Sedangkan Arema tertahan di peringkat tiga dengan nilai sepuluh.
Babak pertama
Pertarungan antara PSM dan Arema berlangsung sengit sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Permainan terbuka yang diperagakan kedua tim membuat pertandingan berjalan menarik.
PSM yang tampil di hadapan pendukungnya mampu menebarkan ancaman di barisan belakang Arema. Sejumlah peluang diperoleh melalui Marc Klok, Wiljan Pluim, dan Titus Bonai, namun tidak membuahkan hasil.
Selepas laga berjalan 25 menit, tensi pertandingan makin memanas. Tidak jarang pemain kedua tim beradu argumentasi. Demikian juga dengan tekel keras yang dilakukan PSM dan Arema.
Arema berusaha menekan PSM, namun pertahanan solid tuan rumah membuat mereka menemui jalan buntu. Sebaliknya, PSM terus menghadirkan ancaman di pertahanan Arema, termasuk melalui pemain belakang Reva Adi Utama dan Hamka Hamzah melalui set-piece.
Menjelang babak pertama berakhir, tensi makin memanas. Akibatnya, Arema harus kehilangan Junda Irawan yang diusir keluar lapangan setelah melakukan pelanggaran ke pemain PSM, dan memprotes wasit secara berlebihan. Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama.
Babak kedua
Pertandingan dengan intensitas tinggi tidak mengalami perubahan. PSM yang unggul jumlah pemain mencoba memanfaatkan keuntungan itu untuk memecahkan kebuntuan. Reinaldo Elias dimasukkan untuk menambah daya dobrak PSM.
Permainan agresif PSM menghadirkan peluang ketika babak kedua baru berjalan dua menit. Tapi tendangan keras Titus Bonai dari area kotak penalti dapat diamankan kiper Kurnia Meiga.
Upaya PSM untuk mengungguli tamunya membuahkan hasil pada menit ke-56. Berawal dari kemelut di area pertahanan, Reva menyambar bola liar untuk memberikan umpan matang kepada Reinaldo Elias untuk menanduk bola.
Pasukan Ramang makin meningkatkan tekanan mereka guna menggandakan keunggulan. Sebaliknya, Arema yang mencoba menyamakan kedudukan mengalami kesulitan mengembangkan permainan akibat kalah jumlah pemain.
Di sepuluh menit tersisa, Arema mulai keluar dari tekanan PSM, dan berusaha menyamakan kedudukan. Namun upaya mereka tidak membuahkan hasil hingga peluit panjang ditiupkan wasit.
Berikut susunan pemain kedua tim:
PSM: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Marc Klok, Ridwan Tawainella, Muhammad Arfan, Willem Jan Pluim, M Rahmat, Titus Bonai.
Cadangan: Deny Marsel; Ardan Aras, Hendra Wijaya, M Abdullah Syafii, Rizky Pellu, Syamsul Chaeruddin, Andri, Reinaldo Elias, Romario Rumpaisum.
Pelatih: Robert Rene Alberts
Arema: Kurnia Meiga; Ahmad Alfarizi, Junda Irawan, Jad Noureddine, Arthur Cunha, Juan Pablo Pino, Hendro Siswanto, Esteban Vizcarra, Muhammad Rafli, Andrianto, Cristian Gonzales.
Cadangan: Utam Rusdiana; Beny Wahyudi, Syaiful Indra Cahya, Ahmad Bustomi, Ferry Aman Saragih, Adam Alis, Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Dalmiansyah.
Pelatih: Aji Santoso

Tidak ada komentar: