Senin, 14 Agustus 2017

Novel Baswedan akan Jalani Operasi Besar Tanggal 17 Agustus

Robertus Belarminus
Kompas.com - 11/08/2017, 22:59 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan saat menjenguk penyidik KPK Novel Baswedan di Rumah Sakit Mitra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Srlasa (11/4/2017).
Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan saat menjenguk penyidik KPK Novel Baswedan di Rumah Sakit Mitra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Srlasa (11/4/2017).(Istimewa)
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan rencananya menjalani operasi besar di bagian kiri matanya pada Kamis (17/8/2017) pekan depan. Jadwal rencana operasi mata Novel bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.
"Direncakan operasi besar akan dilakukan hari Kamis 17 Agustus 2017," kata Febri, dalam jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).
Operasi akan dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama yakni menanam jaringan gusi dan pipi di mata kiri, lalu menunggu perkembangannya selama dua bulan. Kemudian setelah itu melepas dan melihat perkembangannya dalam dua minggu.
Sebelum operasi, Novel diharuskan berinstirahat terlebih dahulu dan melakukan sejumlah persiapan. Karenanya, Febri mengatakan waktu yang tepat untuk pemeriksaan Novel oleh Polri adalah sebelum menjalani operasi tanggal 17 Agustus.
(Baca: Ini Sketsa Wajah dan Ciri Penyiram Air Keras ke Novel Baswedan)
"Waktu yang tepat pemeriksaan adalah sebelum operasi," ujar Febri.
Karena setelah operasi, kondisi Novel akan sulit berbicara dan harus memenuhi treatment tertentu. Selain itu, selama satu minggu pertama, Novel akan menggunakan plastik penutup mata dan harus menghindari lingkungan berdebu atau keramaian.
Selama sekitar satu bulan juga mata Novel juga belum boleh terkena air. Polri, lanjut Febri, sudah mengirim surat untuk memeriksa Novel ke KPK. Surat tersebut sudah diterima KPK hari ini.
"Selanjutnya akan dikoordinasikan waktu yang tepat. Mengingat ada rencana operasi besar yang akan dilakukan terhadap Novel pada Kamis depan," ujar Febri.
KPK Gelar Doa Bersama Untuk Novel Baswedan(Kompas TV)
PenulisRobertus Belarminus
EditorSabrina Asril

Tidak ada komentar: