Selasa, 19 September 2017

Ini fakta yang perlu Anda tahu tentang menopause

Bagi wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun sudah seharusnya memahami dan mengerti tentang fase yang pasti dihadapi oleh setiap wanita dalam kehidupannya.
Menopause yang terjadi pada diri seorang wanita adalah sebuah penghentian masa menstruasi atau haid di mana hal tersebut merupakan akhir dari masa kesuburan atau reproduksi. Seiring bertambahnya usia, menopause terjadi karena tingginya kehilangan fungsi dari ovarium yang diawali karena perubahan hormon endoktrin pada tubuh wanita.

Menopause bisa jadi banyak ditakuti oleh para wanita, apalagi jika hal ini dikaitkan dengan bertambahnya usia yang semakin tua dan tidak dapat lagi bereproduksi. Namun sebenarnya bagi wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun sudah seharusnya memahami dan mengerti tentang fase yang harus dan pasti dihadapi oleh setiap wanita dalam kehidupannya tersebut dan tidak harus menjadikan menopause sebagai suatu hal yang menakutkan.

Sebelum terjadinya menopause atau berhentinya masa menstruasi secara permanen ini, ada beberapa gejala yang dapat terjadi yang biasa disebut sebagai gejala menopause. Berikut adalah gejala-gejala nya:
1. Siklus menstruasi tidak teratur
Siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak normal. Siklus dapat terjadi secara tiba-tiba dan banyak sekali atau sebaliknya dalam waktu yang tidak teratur.
2. Panas di sekitar wajah
Rasa panas atau yang sering disebut sebagai Hot Splash di daerah wajah sampai terlihat seperti memerah dan berkeringat tanpa sebab di malam hari.
3. Emosi naik turun
Emosi yang naik turun seperti perasaan sedih, buruk, cemas hingga prasangka-prasangka tanpa sebab.
4. Vagina terasa kering
Gejala menopause juga dapat dirasakan ketika aktivitas hubungan intim terasa sakit atau nyeri, hal ini diakibatkan karena area intim menjadi lebih kering.
5. Mudah lelah dan mudah hilang keseimbangan
Rasa seperti ini diakibatkan karena pengurangan massa tulang karena menurunnya produksi hormon di dalam tubuh. Selain itu rasa ngilu pada sendi juga sering mengiringi tubuh wanita yang mengalami gejala menopause.
6. Berat badan naik
Kadar lemak pada area tubuh tertentu seperti pada pinggang, paha, perut serta mengendurnya payudara menjadi gejala menopause yang sangat mengganggu para wanita
7. Jantung berdebar
Jika pada usia yang diperkirakan Anda merasakan gejala seperti ini, bisa jadi bukan gangguan jantung yang Anda rasakan melainkan gejala menopause yang akan terjadi pada Anda.

Itulah beberapa gejala menopause yang penting diketahui oleh Anda para wanita. Meski demikian ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk memperlambat atau bahkan mengatasi hal tersebut yaitu dengan banyak mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E serta makanan yang memiliki kandungan phytoesterogen seperti kedelai. Selain itu, salah satu studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa terapi yang dilakukan dengan teknik akupuntur dipercaya dapat membantu wanita melewati gejala menopause tidak terlalu berat seperti sampai harus mengganggu kualitas tidur.

Tidak ada komentar: