Selasa, 03 Oktober 2017

4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui oleh Setiap Wanita

Frans Pasaribu
Frans Pasaribu,Selasa 14 Februari 2017 - 15:44
Selain kanker serviks, ada kanker berbahaya lain yang ditakuti oleh sebagian wanita, yaitu kanker payudara. Kanker ini adalah tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara.
Walaupun dapat berakibat fatal, namun penyakit ini bukannya tidak dapat disembuhkan. Jika berhasil dideteksi dini berdasarkan kecurigaan kita terhadap gejala-gejala kanker payudara, maka sering kali dampak kanker ini bisa dipulihkan.
Karena itu ayo kita cegah dan hentikan perkembangan kanker payudara sekarang juga dengan mengetahui apa saja gejala-gejala utama yang ditimbulkan kanker payudara di awal perkembangannya.
Kaum pria juga perlu tahu. Meskipun kebanyakan dialami oleh wanita, pria juga bisa mengalami penyakit ini.
4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai
Agar tidak menjadi momok yang menakutkan, sebaiknya para perempuan mengetahui beberapa gejala kanker payudara. Selain itu untuk mencegah atau meminimalisir kanker payudara, sebaiknya mengonsumsi beberapa makanan sehat seperti sayuran hijau, brokoli, deima, atau ikan salmon. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kanker payudara.
» Ada benjolan di daerah payudara
Pada tahap awal, benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit. Benjolan tersebut terasa sakit ketika sudah meningkat menjadi stadium lanjut. Diameter payudara tersebut tidak lebih dari 2 cm.
Para wanita bisa melakukan pemeriksaan dengan cara memeriksa payudara sendiri (sadari). Pemeriksaan sebaiknya dilakukan sekitar 7 - 10 hari setelah menstruasi. Hal ini karena pada tahap ini, hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah.
» Keluar cairan jika payudara dipencet
Salah satu gejala dari kanker payudara adalah keluarnya cairan seperti susu meskipun tidak sedang dalam masa menyusui. Anda perlu lebih waspada jika cairan yang keluar bercampur dengan darah.
» Kulit payudara tampak seperti kulit jeruk
Gejala lain yang mengindikasikan kanker payudara adalah kulit payudara yang seperti kulit jeruk atau menjadi kemerahan. Pori-pori kulitnya agak menonjol juga.
» Ada benjolan di sekitar ketiak
Selain benjolan dalam payudara, ditemukan juga benjolan di bawah ketiak. Benjolan atau pembengkakan juga mungkin terjadi di sekitar tulang selangka (yang menghubungkan tulang dada dengan tulang belikat) yang mungkin disebabkan oleh kanker yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut.
3 Herbal Pilihan untuk Pengobatan Kanker Payudara
Selain operasi, kanker payudara bisa dibantu pemulihannya dengan herbal. Di alam sudah disediakan berbagai tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker payudara.
Banyak penelitian yang menemukan bahwa tanaman tertentu mengandung banyak khasiat untuk membantu pengobatan penyakit ini. Berikut ini tiga herbal pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kanker payudara.
 
1. Kunyit Putih 
Sudah lama masyarakat mengenal kunyit putih untuk obat-obatan. Kunyit putih ini berguna untuk menghentikan sel kanker, termasuk kanker payudara. Dalam kunyit putih terkandung beberapa kandungan seperti Ribosome Inacting Protein (RIP) yang berfungsi sebagai penghambat sel kanker. Selain itu juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi
Keladi Tikus Tanaman keladi tikus dalam dunia pengobatan bisa dimanfaatkan sebagai obat kanker. Baik daun ataupun umbinya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Di dalam keladi tikus terkandung koniferin, asam heksadekanoat, asam laurat, asam kaprat, dan asam aoktadekanot. Daun pada tanaman keladi tikus itu mengandung fitol atau senyawa yang sangat ampuh untuk membasmi sel kanker melalui cara anti proliferasi spesifik atau juga bisa dengan melalui suatu cara penginduksian pada apoptosis. Daun keladi juga bekerja dengan cara memangkas rantai DNA kanker.
2. Noni Juice
Selama ini, Noni juice sudah terkenal sebagai herbal yang manjur bagi beberapa penyakit. Noni juice juga bermanfaat dalam pengobatan kanker payudara karena memiliki kandungan proseronin yang merupakan bahan pembentuk seronin dalam tubuh.
Seronin berperan dalam merevitalisasi dan meregenerasi sel yang sudah mati sehingga kembali berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi dari sel, dan memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk yang rusak akibat kanker.
3. Sarang Semut
Sarang semut secara empiris ampuh menjadi obat kanker payudara alami. Di dalamnya terkandung beberapa zat seperti flavanoid yang bisa untuk melawan kanker payudara. Sarang semut dapat menonaktikan zat karsinogen yang menjadi sebab kanker.
Sarang Semut juga mengandung Alfa-tokoferol yang berguna sebagai anti-kanker serta menangkal serangan radikal bebas. Berdasarkan pengujian ekstrak kasar Sarang Semut memiliki kandungan Alfa-tokoferol yang bisa meredam radikal bebas hingga mendekati seratus persen.

Tidak ada komentar: