Selasa, 03 Oktober 2017

Kanker Payudara Pembunuh Wanita Nomor Satu Di Dunia

Hasil gambar untuk pembunuh nomor 1 kanker pAYUDARABagi wanita, payudara merupakan salah satu organ yang sangat penting, baik dari segi fungsinya maupun estetika. Celakanya bagian tubuh ini kerap terjangkit oleh kanker, bahkan juga dialami oleh sebagian kecil kaum pria.

Di Indonesia kasus kanker payudara menempati peringkat kedua terbanyak setelah kanker leher rahim, dan urutan pertama di dunia untuk kaum wanita. Fenomena ini tentu membuat merinding, namun bila di deteksi sejak dini dan ditangani dengan tepat, penyakit ini tidaklah seburuk yang dibayangkan.

KANKER payudara terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal, sel pada payudara. Payudara terdiri dari kelenjar susu ( lolubes ), pembuluh darah dan seluruh getah bening yang berpangkal pada kelenjar getah bening ( nodes ) yang letaknya dekat payudara, dekat ketiak,

Kita tahu bahwa getah bening merupakan kumpulan sel sistem imunitas, berukuran sebesar kacang polong.berfungsi mencegah infeksi. Getah bening merupakan garda depan dalam melawan penyakit, termasuk sel kanker.  Justru penyebaran pertama sel kanker yang paling umum adalah pada kelenjar getah bening (terletak dibagian bawah lengan). Jika sel kanker telah menyebar kebagian tersebut,akhirnya mun2ul benjolan.

WASPADA TERHADAP BENJOLAN
Kanker diawali dari sel-sel yang belum membentuk benjolan. Ketika kanker berkembang, tumor akan tumbuh dan benjolan disekitar kelenjar getah bening dapat dirasakan lebih jelas hanya dengan pemeriksaan manual yang dilakukan dokter. Benjolan tersebut sebenarnya merupakan tanda awal sehingga kita bisa mewaspadai adanya sel kanker.justru jika benjolan tersebut tidak terdeteksi. Ada kemungkinan sel kanker telah menyebar hingga ke bagian tubuh lainnya, seperti paru paru,tulang dan otak.
Benjolan itu pada awalnya tidak menimbulkan rasa sakit namun dapat bertambah sakit dan meradang terus menerus. Sebagian tahap awal, anda bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri ( SADARI ) dengan meraba daerah disekitar dada. Benjolan yang keras itu tidak bergerak (terifiksasi). Dan biasanya pada awal awalnya tidak terasa sakit.apabila benjolan itu kanker, awalnya biasanya hanya pada satu payudara.
Selain benjolan,ada beberapa ciri penting yang mengindikasikan adanya kanker,yaitu bentuk puting berubah (bisa masuk ke dalam,atau terasa gatal terus menerus), kulit payudara berkerut,terdapat luka dipayudara yang tidak kunjung sembuh,serta payudara terasa panas,teriritasi dan bengkak.
TIPS ''SADARI''  (periksa payudara sendiri).

1 ) : Amati payudara dgn teliti didepan cermin tanpa berpakaian.kedua lengan lurus ke bawah.perhatikan bila ada benjolan atau perubahan payudara.lakukan langkah yang sama dgn kedua lengan diangkat ke atas.

2) :Posisi berbaring dgn tangan kiri dibawah punggung kiri. Raba seluruh permukaan payudara dgn menggunakan tiga ujung jari tengah tangan kanan. Gerakan jari memutar dari pinggir sesuai arah jarum jam dgn lembut tapi mantap.lakukan kembali dgn tangan kanan bawah kepala.
3):  Lakukan sama seperti cara kedua dengan posisi berdiri.

4) : POSISI DUDUK. Pencet perlahan daerah sekitar puting.amati apakah keluar cairan yang tidak normal atau tidak biasa (biasanya berwarna hijau atau nanah dgn bercampur darah).

Tidak ada komentar: