Selasa, 15 September 2009

NUTRISI MAKANAN TANAMAN (HIDROPONIK+ MEDIA PASIR)

Perbedaan paling menonjol para pengemar tanaman di desa dan di kota adalah pada ketersediaan nutrien bagi tanaman kita., mungkin bagi pecinta tanaman dindesa tidak banyak masalah , tapi di kota ? terutama terhadap tanaman-tanaman kesayangan kita? Haruskah mereka mencari makanan hanya dari tanah ? tanpa kita mau tahu kebutuhan hidupnya ? bukan hanya kompos yang dibutuhkan ? mengapa ? meskipun sebagian kompos mengandung unsur amkro-mikro yang lengkap namun konsentrasinya relarif rendah sehingga pemakaiannya cukup banyak dan akan habis dalam sekali tanam. Juga bukan hanya pupuk sintetis yang diperlukan ? karena pupuk sintetis ZA , urea hanya mengandung unsur makro dengan sedikit unsur mikro. Apakah iniyang menyebabkan tanah kita semakin tandus ? yang diserap tanaman unsur mikro-makro tapi yang ditambahkan hanyalah makro dan makro , sehingga unsur mikro yang di tanah semakin dan semakin habis, untuk kami mengajurkan dalam mengelola tanaman baik skala kecil maupun besar untuk meperhatikan keseimbangan makanan yang dibutuhkan tanaman kita
Tanah tandus, padang pasir, bukan masalah
Saat ini di beberapa negara tanah yang tandus atau padang pasir bukan menjadi halamngan baginya untuk terus berkarya dengan tanamannya , mungkin bukan hal yang asing bagi kita istilah hidroponik dan budidaya pertanian ditengah padang pasir seperti di Saudi Arabia , Kuwait, Emirat Arab bukan lagi hal yang asing ? bagaimana bis` demikian ? adalah penyediaan nutrisi tanaman yang lengkap (mikro-makro) yang mampu mejawabbya.
Budidaya konvesional
Pada budidaya konvensional, ketersediaan nutrisi untuk tanaman sangat
tergantung pada kemampuan tanah menyediakan unsur-unsur hara dalam jumlah cukup dan lengkap. Unsur-unsur mikro/ hara itu biasanya berasal dari dekomposisi bahan-bahan organik dan anorganik dalam tanah yang terlarut dalam air. Kekurangan salah satu atau beberapa unsur hara dalam tanah umumnya dipenuhi dengan pemupukan tambahan., namun sayangnya tidak pupuk tambahan yang mempunyai unsur lengkap makro dan mikro. Pengguna media tanah sering kali adanya penyakit kurang dapat dikontrol, misalnya dalam penggunaan kompos , dalamkompos sendiri banyak mikroba yang dapat berkembang dengan liar .
Hidroponik ( media pasir / media air)
Pada budidaya hidroponik, semua kebutuhan nutrisi diupayakan tersedia dalam
jumlah yang tepat dan mudah diserap oleh tanaman. Nutrisi itu diberikan dalam
bentuk larutan yang bahannya dapat berasal dari bahan organik maupun anorganik. Pemberian nutrisi melalui permukaan media tanam atau akar tanaman. Ketersediaan nutrisi dalam bentuk cair itulah yang dipakai sebagai awal berpijak penerapan budidaya tanaman hidroponik. Bahan kimia yang lazim disebut garam pupuk itu harus ditimbang atau diukur dengan saksama. Garam pupuk yang berbentuk gumpalan harus dihancurkan dalam bentuk serbuk yang sama lembutnya sebelum dicampurkan dengan yang lain. Hasil campuran itu selanjutnya dapat disimpan kering dalam wadah yang bisa ditutup rapat,
kalau Belum dipakai. Garam pupuk itu perlu diukur dan ditimbang dengan perbandingan yang seimbang kalau akan dipakai sebagai sumber nutrisi tanaman hidroponik. Beberapa formula yang telah banyak dikenal untuk keperluan berhidroponik antara lain seperti berikut.
B. FORMULA NETHERLAND STANDARD
C. FORMULA KUWAIT
D. FORMULA BENGGALA, INDIA
E. AGRICULTURA EXTENSIÓN SERVICES FORMULA, FLORIDA
Larutan nutrien ini baik sekali untuk memproduksi berbagai jenis tanaman
sayuran dan buah-buahan semusim yang dihidroponikkan – seperti tomat, mentimun, cabai, páprika, mentimun jepang, terung jepang, melon , lettuce, mawar, asparagus, radish.dll Selain itu juga cocok dipakai untuk tanaman hias seperti anggrek, tanaman hias lainnya. Formulasi garam pupuk unsur makro dan mikro itu dilarutkan dalam 10 liter air.Larutan nutrisi ini baik sekali sebagai sumber pakan tanaman .
G. BAHAN JADI
Kesulitan penggemar hidroponik dalam membuat formula sendiri ada pada
peralatan yang harus tersedia seperti timbangan dan bahan kimia, pengetahuan
mengenai bahan kimia, dan cara pencampurannya yang benar. Kadang-kadang di toko tidak tersedia unsur yang dibutuhkan pada saat diperlukan. Bagi penggemar hidroponik lebih praktis membeli bahan jadi yang siap pakai,
yang sudah diramu oleh toko atau penjual bahan hidroponik, semua telah diramu sedemikian rupa sehingga mengandung unsur-unsur nutrisi yang lengkap untuk kebutuhan tanaman yang dihidroponikkan.
Unsur makro berfungsi untuk menumbuhkan struktur vegetatif dan produksi. Unsur mikro berfungsi sebagai pelengkap esensial vital bagi rasa, kadar gula, tingkat kemanisan, warna, dan daya tahan tanaman terhadap gangguan penyakit.
Sayangnya, kadang-kadang tidak semua unsur yang dibutuhkan tanaman
terkandung di dalamnya. Pupuk itu diperdagangkan dalam berbagai merek dan
masing-masing memiliki komposisi unsur yang berbeda-beda.
Penggemar tanaman yang kreatif pasti bisa meramu sendiri kebutuhan nutrisi
Yok kita buktikan
Hubungi :
sugianto.gik256@gmail.com
Hp: 081313430785 ( mobile)
085736333405 (contact person 16.00-22.00 wib)
03419524701 (contact person 16.00-22.00 wib)
transfer ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI ) Cabang Kawi Malang, atas nama Ir.sugianto,
nomer rekening 0051-01-061262-50-1

Tidak ada komentar: