INILAH.COM, Jakarta - Semua pabrikan pasti telah
melakukan riset tentang teknologi yang dapat mereka letakkan di
mobil-mobil mereka di masa depan.
Sejumlah teknologi yang sudah ada saat ini, sedikit banyak pasti berasal dari permintaan konsumennya yang kemudian ditindak lanjuti oleh para insinyur dari pabrikan.
Berikut 10 teknologi yang seharusnya dapat diaplikasikan atau justru menjadi standar di seluruh mobil-mobil di masa depan. Ide-ide ini berasal dari penggemar mobil di seluruh dunia.
Sejumlah teknologi yang sudah ada saat ini, sedikit banyak pasti berasal dari permintaan konsumennya yang kemudian ditindak lanjuti oleh para insinyur dari pabrikan.
Berikut 10 teknologi yang seharusnya dapat diaplikasikan atau justru menjadi standar di seluruh mobil-mobil di masa depan. Ide-ide ini berasal dari penggemar mobil di seluruh dunia.
1. Bahan bakar alternatif
Bahan bakar alternatif memang harus segera ditemukan. Hidrogen
saat ini membutuhkan wadah besar dan tidak memiliki infrastruktur.
Sementara jarak tempuh mobil listrik masih terbatas dan infrastrukturnya
pun mahal.
Mari kita lihat siapa yang akhirnya bisa menemukan bahan bakar alternatif yang efisien di masa depan.
Mari kita lihat siapa yang akhirnya bisa menemukan bahan bakar alternatif yang efisien di masa depan.
Oleh: Wahyu Perdana Putera
Teknologi - Jumat, 28 Juni 2013 | 15:51 WIB
2. Teknologi self-driving
Teknologi mobil self-driving atau yang bisa berjalan sendiri tanpa pengemudi, saat ini tengah dikembangkan Google bersama sejumlah pabrikan mobil besar.
Di masa depan, melihat orang yang duduk di jok depan mobil seraya asyik makan atau menelepon tanpa harus memegang setir bukan lagi menjadi hal aneh.
Di masa depan, melihat orang yang duduk di jok depan mobil seraya asyik makan atau menelepon tanpa harus memegang setir bukan lagi menjadi hal aneh.
3. Teknologi self-parking
Banyak orang bermasalah dengan parkir mobil dan malas menunggu
antrean. Volvo siap memecahkan masalah tersebut dengan menyiapkan
sebuah teknologi yang bisa membuat mobil mereka mencari lahan parkir dan
memarkirkan diri secara otomatis, tanpa interaksi dari pemilik mobil.
Pabrikan lain sepertinya harus mulai meniru Volvo.
Membuat mesin tanpa menggunakan camshaft, salah satu
bagian mesin yang mengatur durasi buka tutup klep, berarti adalah mesin
yang berukuran lebih kecil dengan komponen bergerak yang lebih sedikit, power yang lebih besar, dan emisi yang lebih rendah.
Pabrikan lain sepertinya harus mulai meniru Volvo.
4. Mesin tanpa camshaft
5. Predictive suspension
Suspensi prediktif adalah sistem suspensi dengan sensor yang
dapat memprediksi kerusakan permukaan jalan, sehingga dapat
meminimalisir kerusakan komponen mobil karena guncangan akibat
menghantam jalan yang rusak parah secara mendadak. Sejumlah pabrikan disebut tengah mengembangkan suspensi ini meski belum siap menghadirkannya.
6. Transmisi rev-matching manual
Sejumlah pabrikan mobil mengklaim transmisi manual mulai ditinggalkan karena tidak efisien, namun itu tidak sepenuhnya benar.
Dengan menggunakan transmisi rev-matching manual, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari mesin mobil Anda. Transmisi ini sudah digunakan di sejumlah mobil seperti Corvette Stingray 2014 dan Nissan 370Z.
Dengan menggunakan transmisi rev-matching manual, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari mesin mobil Anda. Transmisi ini sudah digunakan di sejumlah mobil seperti Corvette Stingray 2014 dan Nissan 370Z.
7. KERS (Kinetic Energy Recovery System)
KERS atau sistem pemulihan energi kinetik adalah sistem yang
digunakan untuk mengembalikan energi kinetik dari kendaraan yang
bergerak, ketika melakukan pengereman.
Dengan menggunakan teknologi ini, keekonomisan bahan bakar akan menjadi lebih baik dan semburan torsi mesin juga dapat dikontrol. Teknologi ini sudah merupakan hal yang umum di dunia balap.
Dengan menggunakan teknologi ini, keekonomisan bahan bakar akan menjadi lebih baik dan semburan torsi mesin juga dapat dikontrol. Teknologi ini sudah merupakan hal yang umum di dunia balap.
8. Penggunaan serat karbon
Sejumlah pabrikan sudah menggunakan serat karbon sebagai
material di sejumlah bagian mobil untuk meringankan bobot mobil,
sehingga penggunaan bahan bakar pun berkurang.
Namun saat ini memang masih sangat terbatas karena harganya yang mahal. Mari berharap harga serat karbon di masa depan dapat menjadi lebih murah.
Namun saat ini memang masih sangat terbatas karena harganya yang mahal. Mari berharap harga serat karbon di masa depan dapat menjadi lebih murah.
Layar di kaca mobil (HUD)
HUD (Head-Up Display) adalah piranti standar di
pesawat tempur. Penggunaan kaca depan yang juga berfungsi sebagai layar
pengganti panel instrumen pada mobil ini dapat membuat mata pengendara
lebih fokus pada jalan.
10. Panel tenaga surya
Panel tenaga surya dapat mengisi baterai, AC, atau listrik di
sistem audio mobil Anda. Pemakaian panel tenaga surya pada mobil dapat
membuat pemakaian bahan bakar lebih irit, tanpa harus mengorbankan
performa.
Toyota Prius sudah mengadopsi teknologi ini di bagian sunroof. Di masa depan, seharusnya panel tenaga surya sudah menjadi piranti standar di tiap mobil. [ikh]
Toyota Prius sudah mengadopsi teknologi ini di bagian sunroof. Di masa depan, seharusnya panel tenaga surya sudah menjadi piranti standar di tiap mobil. [ikh]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar