Jumat, 04 April 2014

Iwan Fals: Pertemuan dengan Jokowi Bukan Dukung-mendukung Politik

Jumat, 4 April 2014 | 07:00 WIB
KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Iwan Fals
JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi legendaris Virgiawan Listanto alias Iwan Fals menyebut pertemuannya dengan Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta sekaligus bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, merupakan pertemuan dua sahabat lama. Dia menolak jika kunjungan itu dikaitkan dengan aksi dukung-mendukung politik.

"Saya mendoakan semoga dia (Jokowi) selalu sehat, apalagi mau bertanding ini kan. Yang penting jujur, sportif. Tapi saya tidak mau mengatakan dukung-mendukung karena nanti disangka berpihak," kata Iwan, sesudah menjamu Jokowi di rumahnya di Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/4/2014) malam.

Meski demikian, Iwan mengaku bangga punya teman berprestasi seperti Jokowi, sebagaimana Jokowi pun menurut dia mengapresiasi lagu-lagu karyanya. Namun, dia menegaskan untuk tak mau terlibat kampanye politik pihak mana pun. "Harapan politik, saya ada. Saya akan serius mencoblos yang saya anggap terbaik buat saya, tapi saya tidak berani ngomong, termasuk ke istri saya."

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Jokowi, Iwan mengatakan sudah mengenal lama Jokowi, tepatnya saat Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah. "Saya pernah ditraktir naik kereta. Kami juga nanam pohon di taman," ujar dia.

Iwan bertutur, saat menanam pohon tersebut, Jokowi bercerita bahwa lahan taman tersebut sebelumnya adalah tempat berdagang pedagang kaki lima. "Saya heran. Saya tanya, 'memang tidak ada protes?' Terus dia bilang kalau ada protes, ya (PKL-nya) diundang makan saja, selesai. Ngundang makannya sampai 54 kali," tutur Iwan.
Jokowi datang ke rumah Iwan atas prakarsa Sekretariat Nasional Pendukung Jokowi dan komunitas seni Empu Baheula. Dia didampingi Ketua MPR dan politisi senior PDI-P, Sidarto Danusubroto. Selain itu, ada pula politisi lain dari PDI-P, antara lain Eva Kusuma Sundari, serta sejumlah relawan Seknas Jokowi.

Tidak ada komentar: