Kamis, 07 Agustus 2014

10 Keajaiban Proses Kimia Bisa Atasi Masalah

Selasa, 05 Agustus 2014 10:43 wib | Rani Hardjanti - Okezone
10 Keajaiban Proses Kimia Bisa Atasi Masalah (1)    
10 Keajaiban Proses Kimia yang Patut Diketahui. (Foto: Dok metalfloss.com) 
JAKARTA - Mendengar kata Kimia, pasti persepsi yang terbentuk adalah soal rumus-rumus. Tetapi tahukah, bahwa proses Kimia bisa membantu kehidupan manusia?
Proses Kimia yang terjadi dengan ajaib bisa membantu kamu dalam menjalani masalah yang kerap dihadapi. Tidak percaya? Baca 10 proses Kimia di bawah ini seperti dikutip Solving Everyday Problems With Science, Selasa (5/8/2014).

1. Tak Sengaja Menginjak Permen Karet?
Ambilah es batu dan tempelkan ke lokasi yang terkena permen karet. Proses kimia yang terjadi adalah pembekuan permen karet. Dengan begitu permen karet akan membeku dan mudah untuk diangkat. Untuk membersihkan sisa permen karet, ambilah cairan 4WD atau pelumas. Lalu usapkan. Cairan pelumas bisa mengalahkan sifat lengket dari permen karet.

2. Menangis Saat Mengiris Bawang
Mengiris bawang adalah pekerjaan yang cukup menguras air mata. Sebab, kandungan di setiap sel bawang akan menguap dan uap itulah yang membuat mata iritasi. Cara mengatasinya adalah dengan memasukan bawang ke dalam kulkas selama 15 menit. Pembekuan bawang akan mengubah bentuk sel bawang dan memperlambat laju reaksi kimia bawang. Ketika bawang diiris, senyawa uap yang dilepas bukan menyasar ke udara tetapi ke air es yang menyelimuti bawang.

3. Tebak Telur Busuk atau Tidak?
Celupkan telur ke dalam air. Jika Telur mengambang, maka itu adalah telur segar. Jika mengapung, berarti itu adalah telur busuk. Telur yang busuk mengandung hidrogen sulfida. Senyawa kimia itu mengandung gas yang membuat telur mengapung. 
10 Keajaiban Proses Kimia Bisa Atasi Masalah (2) 10 Keajaiban Proses Kimia Bisa Atasi Masalah (2) (Ilustrasi : Getty Images) JAKARTA - Kimia tidak hanya identik dengan percobaan yang membuat kepala pusing atau melibatkan zat-zat berbahaya. Proses kimia sederhana pun secara ajaib dapat membantu mengatasi berbagai persoalan dalam kehidupan manusia.
Mulai dari melepaskan noda permen karet, mengupas bawang tanpa menangis, hingga memilih telur ayam yang baik semua bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan proses kimia. Berikut proses kimia lain yang bisa membantu Anda dalam mengatasi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dikutip dari Solving Everyday Problems With Science, Selasa (5/8/2014).
 
4. Membersihkan stiker
Saat membeli barang sering kali label harga masih menempel dan sulit untuk dibersihkan. Nah, untuk membersihkannya, semprotkan parfum atau oleskan kapas yang telah direndam dengan alkohol pada stiker tersebut. Bukan sulap bukan sihir, stiker tersebut akan mengelupas dengan mudah. Namun, perlu diingat alkohol larut dalam bahan kimia lainnya sehingga hanya cocok digunakan untuk benda-benda dari kaca maupun kulit bukan kayu atau plastik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan stiker, label, maupun tato sementara.

5. Membuat es batu
Gunakan proses kimia untuk menghasilkan es batu yang lebih baik. Maksudnya es batu yang dihasilkan bebas dari gelembung dan terlihat sangat bersih. Caranya adalah dengan membekukan air mendidih. Sebab gas-gas terlarut yang dapat membuat es batu bergelembung akan hilang ketika air mendidih.

6. Membersihkan noda pada peralatan perak
Untuk menghilangkan noda elektrokimia pada perhiasan atau peralatan perak, Anda bisa menggunakan kombinasi aluminium foil, garam, dan baking soda. Caranya, balut peralatan atau perhiasan perak dengan aluminium foil. Kemudian tuangkan air panas dan taburi dengan garam serta baking soda. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air dan keringkan. Wala, peralatan atau perhiasan perak Anda akan kembali bersinar.

Adapun cara menyimpan peralatan atau perhiasan perak adalah membungkusnya dengan plastik guna mencegah udara keluar masuk di sekitar logam. Kemudian, jauhkan perak dari tempat lembap dan produk dengan kandungan sulfur yang tinggi.
10 Keajaiban Proses Kimia Bisa Atasi Masalah (3) 10 Keajaiban Proses Kimia Bisa Atasi Masalah (3) (Ilustrasi : Shutterstock) JAKARTA - Tanpa disadari, kegiatan kita sehari-hari pun melibatkan proses kimia. Berbagai reaksi kimia itu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah persoalan sederhana.

Tidak percaya? Proses kimia terbukti dapat mengatasi persoalan noda permen karet, mengiris bawang tanpa menangis, membersihkan stiker, maupun peralatan perak. Berikut proses kimia lain yang bisa membantu Anda dalam mengatasi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dikutip dari Solving Everyday Problems With Science, Selasa (5/8/2014).

7. Memasukkan benang ke lubang jarum
Anda kesulitan memasukkan benang ke dalam lubang jarum? Manfaatkan cairan lilin untuk mengatasinya. Lilin dapat mengikat serat liar dan membuat benang kaku sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam lubang jarum. Selain itu, gunakan kuteks atau cat kuku berwarna terang pada ujung benang jika Anda juga mengalami kesulitan untuk menemukan akhir jahitan.

8. Mematangkan pisang dengan cepat
Untuk menunggu buah matang dengan sempurna, kita biasa menunggunya dalam beberapa hari. Namun, dengan proses kimia, Anda dapat menghemat waktu. Caranya mudah. Cukup tutup pisang yang masih hijau dengan kantong kertas bersama apel dan tomat matang. Kedua buah tersebut mengeluarkan etilena yang merupakan zat untuk mematangkan buah secara alami. Di sisi lain, jika tidak ingin pisang terlalu matang, jangan tempatkan dalam satu wadah dengan buah matang lainnya.

9. Garam untuk menambah kenikmatan kopi

Ternyata, garam dapat membuat secangkir kopi terasa lebih nikmat. Sebab, ion natrium yang dilepaskan oleh garam dapat menghalangi reseptor untuk mendeteksi rasa pahit. Tips lain untuk mengurangi rasa pahit dari kopi adalah tidak menyeduh kopi dengan air yang sangat panas. Karena panas yang terlalu banyak selama menyeduh kopi akan meningkatkan ekstrasi dari molekul yang terasa pahit.

10. Baking Soda mengatasi bau kaki
Baking soda memiliki nama lain sodium bikarbonat. Baking soda ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki dengan cara merendam kaki dengan air, kemudian bubuhkan baking soda ke dalam air.

Baking soda itu akan membuat jutaan gelembung gas karbon dioksida yang masing-masing berukuran sangat kecil. Gelembung-gelembung itu akan mengangkat kotoran di kaki yang kemudian dilepaskan ke air. (mrg)

Tidak ada komentar: