Minggu, 24 Agustus 2014

Tol Laut prioritas pemerintahan JOKOWI-JK

Bahas Kabinet, Jokowi Bakal Bertemu Ketua Umum  

Bahas Kabinet, Jokowi Bakal Bertemu Ketua Umum    
Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengacungkan tiga jari saat konferensi pers di rumah dinas Gubernur, Jakarta (21/8). Dalam Konferensi pers Jokowi mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak semua gugatan atas sidang sengketa perselisihan hasil pemilu presiden. Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden terpilih, Joko Widodo, mengatakan akan bertemu dengan para ketua umum partai pendukung pada akhir Agustus ini. Dia mengatakan pertemuan ini akan membicarakan komposisi menteri dan perlu atau tidaknya perampingan kabinet.
"Jadi perampingan atau tidak, keputusannya belum final," kata Jokowi, seusai Halalbihalal Bravo 5, Sabtu, 23 Agustus 2014.

Jokowi mengatakan memang masih ada beda pendapat dengan Jusuf Kalla terkait kabinet. Namun, dia yakin akan ada titik temu setelah rapat bersama para ketua umum. (Baca: Enggan Naikkan BBM, Ini Alternatif Untuk Jokowi)

Terkait transisi pemerintahan, Jokowi juga belum bisa menjelaskan lebih rinci karena belum bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Beliau masih di Papua," ujarnya. Setelah Yudhoyono kembali ke Jakarta, akan digelar pertemuan terkait transisi pemerintahan.

Jokowi mengatakan topik yang akan dibicarakan dengan Yudhoyono salah satunya adalah terkait Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2015. Jokowi menuturkan penting dibicarakan karena anggaran itu disusun oleh Yudhoyono, tetapi akan dijalankan di eranya. (Baca: Pelaku Usaha Tunggu Susunan Kabinet Jokowi-JK)

Terkait maritim dan desa, kata Jokowi, juga akan dibicarakan dengan Yudhoyono. Dia berharap sejumlah programnya sudah bisa dijalankan di tahun mendatang. "Tol laut masih prioritas," ujar Jokowi.

Tidak ada komentar: