Senin, 20 Oktober 2014

Obat Baru Untuk Membuat Menstruasi Cukup 3 Kali Dalam Setahun


Yaz Flex obat penghambat menstruasiSebagai kaum hawa yang memiliki karakteristik fisiologis yang unik, menstruasi terkadang membuat wanita menjadi kikuk atau salah tingkah, menyebabkan ketidaknyamanan saat kerja dan rutinitas sehari-hari. Namun, menurut "Daily Telegraph" Australia (25/9/2014) lalu, para peneliti Australia telah mengembangkan suatu obat yang dapat membuat menstruasi wanita hanya datang tiga kali dalam setahun, dan obat ini tidak akan membahayakan kesuburan wanita, penggunaan jangka panjang juga berkhasiat sebagai kontrasepsi, cukup hentikan penggunaan obat ini ketika si wanita menginginkan anak.

Sejak 24 September lalu, obat ini telah dijual di berbagai apotek besar di Australia, obat ini telah menimbulkan sensasi pada wanita Australia sejak dipasarkan, dan cukup banyak kaum wanita menyatakan kesediaan mereka untuk mencobanya.
Obat generik ini dinamakan Yaz Flex, berasal dari suatu jenis obat kontrasepsi yang disebut Yaz. Sama seperti kebanyakan pil KB, Yaz juga tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang, di dalam obat mengandung estrogen dosis tinggi yang dapat membuat wanita menjadi mandul. Belakangan, oleh sebuah perusahaan riset farmasi di Australia mengadakan penelitian terhadap Yaz dan memperbaruinya, menjadikannya sebagai suatu obat baru yang dapat menekan menstruasi. Perusahaan farmasi Jerman, Bayer bertanggung jawab memproduksi obat ini.
Yaz Flex dikemas dalam sebuah kotak obat seukuran telapak tangan, kotak yang sekilas tampak sederhana ini memiliki kemampuan untuk menghitung dan mengendalikan pembagian pil, tiap kotak berisi 120 tablet, setiap hari hanya mengeluarkan tiga tablet, bagi mereka yang mengonsumsi obat ini tidak boleh lebih juga tidak boleh kurang, fungsi alarm otomatis dari kotak obat tersebut akan terus berbunyi, sampai si penguna obat meminumnya dengan patuh.
Deborah Batherson, direktur farmasi dapartemen keluarga berenacana di Australia mengatakan, bahwa obat ini "membantu kaum hawa mengurangi banyak masalah." Menurut penuturannya, dengan menentukan sendiri jumlah menstruasi membuat wanita dapat mengurangi sejumlah hal yang merepotkan.
"Dari survey ribuan kuesioner yang pernah kami lakukan menunjukkan, bahwa lebih dari 70% wanita bersedia mengonsumsi obat tersebut. Mengurangi jumlah menstruasi wanita tidak ada berbahaya, malah dapat melindungi kesuburan wanita," kata Deborah menjelaskan.
Sepanjang hidupnya kaum wanita rata-rata memiliki ratuan kali menstruasi, setelah setiap periode menstruasi akan membuat dinding rahim menjadi tipis, sampai menstruasi lenyap sepenuhnya, tentu saja, setelah menstruasi itu hilang, kaum wanita pada dasarnya juga akan kehilangan kesuburannya.
Kini, dengan hadirnya Yaz Flex, dapat mengurangi jumlah menstruasi per tahun wanita menurun tajam, dalam batas tertentu memperpanjang siklus menstruasi sepanjang hidup kaum wanita, dan memperpanjang usia reproduksi wanita. Bagi wanita paruh baya yang tidak sempat memiliki anak karena sibuk mengejar karier, maka hadirnya Yaz Flex merupakan kabar yang menggembirakan bagi mereka.
Profesor Obstetri dan ginekologi di rumah sakit umum di New South Wales, NSW juga berpendapat Yaz Flex adalah obat yang bagus. "Penelitian medis di sejumlah besar negara mengonfirmasikan, bahwa mengurangi jumlah menstruasi wanita itu sifatnya aman, tapi belum cara yang diakui untuk membantu wanita mengurangi menstruasinya, namun kini, Yaz Flex memberikan referensi yang baik," tuturnya.
Mengonsumsi Yaz Flex juga memiliki efek samping, tetapi masih dalam ambang batas aman, misalnya, dapat menyebabkan sakit kepala, mual, sesak dada, depresi, perdarahan yang tidak teratur atau bekuan darah, namun data medis menunjukkan probabilitas terjadinya efek samping itu sangat rendah. (bayvoice/jhon/ran)

Tidak ada komentar: