Senin, 20 Oktober 2014

Menyelam Tanpa Oksigen dengan ‘Aquaman Crystal’

menyelam
Menyelam Tanpa Oksigen
13 October 2014 Ditulis oleh Nurani 
Dengan teknologi modern saat ini, manusia hanya bisa mengandalkan tabung besar yang berat dan kaku berisi oksigen dan masker untuk bis berenang di dalam air, kelak mungkin tidak membutuhkannya lagi!
Sebuah penelitian di University of Southern Denmark mengembangkan suatu "Aquaman Crystal", yang dapat menyerap dan menyimpan semua oksigen yang ditemui, memasok ke penyelam untuk mempertahankan pernapasan.
Kristal ini lebih mampu menyimpan oksigen konsentrasi tinggi dari pada tabung oksigen, selain itu juga lebih ringan dan praktis.
Profesor Christine McKenzie, peneliti terkait mengatakan bahwa zat tersebut juga cocok bagi penderita kanker paru-paru, sehingga mereka tidak perlu menggunakan tabung oksigen yang besar untuk bergerak bebas. Sementara ini juga merupakan kabar yang menggembirakan bagi mereka yang hobi menyelam, hanya dengan butiran kristal kecil ini dapat menyerap oksigen di sekelilingnya, sehinggga penyelam dapat bernapas normal meski di dalam air sekalipun.
Istilah "Aquaman Crystal" diambil dari tokoh komik DC yang dapat bernapas di dalam air, kristal ini merupakan kombinasi dari molekul organik kobalt, yang memungkinkan molekul dan struktur elektroniknya dapat menyerap oksigen di sekitar.
Hingga kini, para ilmuwan masih mempelajari apakah dapat menggunakan cahaya untuk memicunya melepaskan oksigen, namun, pada tahap ini masih terbatas pada formula kimia yang kompleks, sehingga belum bisa menggunakan zat ini secara sintetis, isi Kristal sekitar 1 drum (kurang lebih 10 liter) baru bisa menyerap keseluruhan oksigen dalam satu ruangan. (bayvoice/jhon/ran)

Tidak ada komentar: