Rabu, 12 April 2017

Persebaya untuk Push Industri Indonesia

Oleh: AZRUL ANANDA*Selasa, 11 Apr 2017 18:22
KEREN: Suasana launching jersey Persebaya Surabaya di Atrium DBL Arena, Surabaya, Senin (10/4).
KEREN: Suasana launching jersey Persebaya Surabaya di Atrium DBL Arena, Surabaya, Senin (10/4). (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Ada banyak brand yang ingin menjadi sponsor apparel Persebaya. Namun, setelah mempelajari berbagai penawaran, melihat situasi di tim-tim lain, dan mengingat pengalaman panjang kami di bidang olahraga, akhirnya kami memutuskan untuk develop sendiri jersey Persebaya untuk Liga 2 2017.
Kami menginginkan jersey yang khas, yang unik, dan dibuat menggunakan teknologi tinggi. Dan jersey itu harus 100 persen dibuat dan dikembangkan di Indonesia. Jersey yang harus bisa membanggakan karena menunjukkan bahwa Indonesia bisa membuatnya sendiri tanpa bergantung kepada merek-merek dunia.
Keinginan-keinginan itu tentu sangat sulit untuk dipenuhi apabila kami bekerja sama dengan brand asing. Kami pun memutuskan untuk memberikan tantangan kepada diri sendiri. Kami beruntung, di Indonesia ini ada banyak rekanan kelas dunia yang bisa diajak bekerja sama.
Setelah berbulan-bulan bekerja dan bereksperimen, jersey yang kami harapkan itu pun terwujud.
Jersey Persebaya untuk Liga 2 ini sudah unik sejak proses pembuatan kainnya. Motif ”croco” atau kulit buaya sudah terbentuk sejak proses pembuatan kain. Bukan hasil print atau sublimasi. Baik yang home warna hijau maupun yang away warna putih.
Kain itu dibuat dengan material terbaik. Ringan dan sangat cepat kering, plus memiliki sifat antiultraviolet (UV), anti-odor (bau), dan antibakterial.
Secara material, jersey Persebaya ini lebih canggih daripada jersey lain yang dipakai tim-tim sepak bola di Indonesia. Bahkan mungkin lebih canggih daripada kebanyakan jersey tim-tim kelas dunia.
Semoga jersey ini bisa membantu para pemain Persebaya untuk menampilkan performa terbaiknya di lapangan. Semoga jersey ini juga bisa membuat bangga para penggemar yang akan ikut mengenakannya.
Dengan jersey ini, Persebaya menunjukkan bahwa di Indonesia ada klub yang tidak hanya dikelola secara profesional, tapi juga berperan aktif dalam mengembangkan teknologi di industri olahraga.
Kalau bukan klub olahraga di Indonesia, lalu siapa yang bisa membantu push perkembangan industri olahraga di negeri kita tercinta ini?
Semoga apa yang dilakukan Persebaya ini bisa menginspirasi pelaku-pelaku olahraga lain untuk ikut bergerak.
Soal harga, memang tidak murah untuk bereksperimen seperti ini. Tapi, saya dan tim manajemen bisa membayangkan, andai jersey Persebaya ini dikembangkan merek-merek kondang, harga jualnya pasti dibuat dua atau tiga kali lebih mahal lagi.
Contohnya banyak kok. Jersey-jersey tim negara Eropa yang teknologi dan kualitasnya di bawah, tapi karena mereknya kondang, harganya jadi luar biasa.
Kita harus bisa bangga dengan karya sendiri. Sekali lagi kami tegaskan, jersey Persebaya ini 100 persen dikembangkan dan dibuat di Indonesia! (*)
*) Presiden Klub Persebaya

Tidak ada komentar: