Rabu, 26 Juli 2017

Polisi Mau Rekrut Pak Ogah, Dishub Tangerang: Kita Masih Dilematis

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Polisi Mau Rekrut Pak Ogah, Dishub Tangerang: Kita Masih Dilematis Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom
Tangerang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang merasa dilema dengan renacana perekrutan Polisi Cepek atau Pak Ogah sebagai pengatur lalu lintas. Pasalnya keberadaan Pak Ogah di Tangerang dianggap menguntungkan kadang juga merugikan.

"Sebetulnya dilematis itu. Di satu sisi ada sih terbantu di sisi lain kadang-kadang yang menyebabkan kemacetan juga mereka (Pak Ogah)," kata Kadishub Tagerang, Saeful Rochman saat berbincang dengan detikcom, Selasa (25/7/2018).

Saeful menambahan, Pak Ogah bisa membantu saat tak ada petugas di lokasi macet. Hanya saja mereka terkadang menjadi penyebab kemacetan karena mengatur lalu lintas tak sesuai aturan.

"Petugas kami juga terbantu karena petugas kami tidak seharian atau 24 jam di jalanan. Cuma terkadang mereka yang menyebabkan terjadi kemacetan. Kadang-kadang mereka yang jaga di traffic light yang harusnya merah berhenti sama dia disuruh maju," ujarnya.

Dia mengatakan saat ini terdapat 60 titik macet di Tangerang. Meski sudah diatur oleh petugas Dishub, kemacetan masih saja terjadi saat jam padat.

"Kurang lebih sekitar 60 titik macet dan sudah kita tempatkan anggota kita di sana. Cuma memang di jam tertentu masih terjadi kemacetan karena tingkat arus kendaraan terutama di sore dan pagi hari," paparnya.

Dia mengaku belum tahu banyak soal rencana perekrutan Pak Ogah itu. Saeful mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengetahu konsep rencana tersebut.

"Saya belum tahu konsepnya dan akan berkoordinasi dulu dengan jajaran polres," pungkas Saeful.

Wacana perekrutan Pak Ogah awalnya dilontarkan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra. Wacana itu pun akan dikaji ulang oleh Polda Metro Jaya.

"Kami lihat aturannya dulu, kami kaji kan perlu ada pengkajian dulu, kira-kira bisa masuk atau tidak di situ," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (25/7/2017).
(abw/rvk)

Tidak ada komentar: