Jumat, 09 Maret 2018

Anies Tutup Jalan Untuk PKL, Sandi Akan Buka Jalan Tanah Abang?

| editor : 
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus mencarikan tempat lagi untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) yang kini menggunakan Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebab dalam rencana jangka menengah, kemungkinan besar jalan tersebut akan dibuka kembali untuk kendaraan.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, terkait dengan pemindahan PKL sudah diantisipasi dengan tempat yang baru. Dia berjanji akan mengumumkan penataan kawasan Tanah Abang jangka menengah pada pekan depan.
"Kita sudah ada tempatnya yang dicanangkan. Nanti kita akan presentasekan," ujarnya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (3/3).
Penataan Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat
Penataan Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Sebelumnya, Sandi menyatakan ada kemungkinan Pemprov DKI membuka Jalan Jatibaru yang selama ini ditutup sepanjang 400 meter pukul 08.00-18.00 WIB untuk digunakan berjualan.
"Di midterm (penataan jangka menengah), kemungkinan (Jalan Jatibaru) dibuka. Hampir pasti dibuka," tegasnya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (2/3).
Seperti yang diketahui, penataan Tanah Abang terdiri dari tiga tahap, di antaranya jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Desain jangka pendek berupa penutupan arus lalu lintas dan trayek angkot di sepanjang Jalan Jatibaru untuk para PKL berjualan. Kemudian jangka menengah, terkait dengan revitalisasi gedung Blok G dan pembangunan skybridge atau jembatan penghubung antara Blok G dan Blok F.
Sementara itu, sebagai langkah jangka panjang, Pemprov DKI berencana membangun Transit Oriented Development (TOD) di kawasan tersebut.
(yes/JPC)

Tidak ada komentar: