Sabtu, 05 Oktober 2013

Tips Menghilangkan Macam-Macam Noda Pakaian


Suka sebel kalo baju kesayangan ga bisa ke pake lagi cuma gara-gara kena noda. Berikut ini ada tips-tips buat ngilangin macam-macam noda loh guys. Check this out!!

Noda Darah

Datang bulan? Tembus ke celana atau baju yang kamu pakai? Jangan khawatir guys ini
Garam
Jika Anda melihat noda darah pada kain, rendam dalam larutan garam. Garam dapat meringankan noda dan membuatnya mudah untuk menghapusnya.
Sabun batangan
Noda darah dapat hilang dengan mudah jika Anda menggunakan sebuah sabun batangan. Bubuk deterjen mungkin tidak bekerja, tapi kain yang ternoda akan cepat hilang jika memakai sabun batangan.
Gunakan air panas
Jika noda darah segar, gunakan air dingin untuk menghapusnya. Gosok dengan garam untuk menyingkirkan noda darah dari pakaian. Air dingin juga mempertahankan kualitas kain, tergantung pada kain dan noda. Jika noda telah kering, disarankan untuk menggunakan air panas. Air panas lebih cepat menghilangkan noda darah.
Cuka
Anda dapat menggunakan bahan dapur untuk mencuci pakaian dan menyingkirkan noda darah. Rendam kain bernoda dalam air dan larutan cuka selama semalam. Pada keesokan harinya cuci lah dengan deterjen.
Baking soda
Ini merupakan bahan pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian. Anda dapat mencuci pakaian berbahan tebal atau tipis dengan baking soda. Selain cepat menghapus noda, baking soda juga membantu dalam menjaga elastisitas denim.
Lemon
Ini adalah salah satu dari bahan pembersih yang dapat digunakan sebagai pemutih alami. Gosok kain bernoda dengan lemon dan garam. Anda juga dapat menggunakan lemon untuk menjaga warna putih pakaian. Jadi, jika Anda menemukan noda darah pada kain putih, pastikan Anda menggunakan lemon untuk menyingkirkan itu.

Noda Luntur

Seringkali seseorang menghilangkan noda luntur dengan menggunakan pemutihan baju, padahal langkah tersebut kurang begitu efektif karena selain noda luntur belum tentu dapat hilang, namun juga malah akan membuat warna baju Sista menjadi pudar, terlebih jika warna baju yang terkena lunturan bukan warna putih. Maka sebaiknya untuk menghilangkan noda luntur pada baju Sista lakukan cara-cara berikut ini :
MSG Dan Deterjen
Siapkan kedua bahan kemudian tuangkan deterjen dan micin tersebut ke dalam ember dengan takaran deterjen lebih sedikit daripada micin, kemudian tuangkan air panas/hangat ke dalam ember tadi yang sudah terdapat campuran micin dan deterjen, masukkan baju ke dalam ember tersebut, diamkan beberapa saat hingga air dingin kemudian cucilah, setelah itu lakukan pencucian kedua dengan menggunakan deterjen saha (tanpa micin), karena pencucian kedua berfungsi untuk menghilangkan micin yang menempel pada baju, lalu bilas hingga bersih dan jemur.
Cuka
Ambil asam cuka kemudian larutkan bersama deterjen ke dalam air, lalu rendam pakaian yang terkena luntur selama ± 30 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Sista dapat memanfaatkan garam dapur secukupnya dan dengan cara yang sama pula.

Noda Tinta

Detergen saja belum cukup untuk melibas noda tinta pada pakaian. Sebenarnya ada sebuah cara untuk menghilangkan noda tinta dalam sekejap.
Aseton
Caranya, teteskan aseton pada bagian yang terkena noda. Diamkan kurang lebih 30 menit setelah itu kucek-kuceklah sampai tinta benar-benar luntur dan bersih. Nah untuk menyempurnakannya, kita bisa mencuci pakaian tersebut seperti biasanya, yaitu dengan menggunakan detergen, kemudian bilaslah sampai bersih.
Alkohol
Perlakuan pada noda tinta yang belum terlalu lama, kita bisa menggosoknya dengan alkohol. Langkah ini dapat segera mengusir noda tinta pada pakaian.
Hairspray
Bila noda tinta sudah cukup lama, coba gunakan hairspray yang mengandung aerosol. Caranya, semprotkanlah pada lap kering, kemudian gosok-gosokkan pada tempat yang terkena noda. Zat aerosol mungkin saja dapat menghilangkan tinta. Hanya saja, kelemahannya bisa meninggalkan residu yang lengket pada pakaian.
Air Susu
Untuk pakaian berwarna, apabila terkena noda tinta, kita bisa membersihkannya dengan air susu. Zat laktosa di dalamnya dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit. Kita hanya perlu ekstra bersabar sebelum semua nodanya hilang. Caranya, rendamlah pakaian yang terkena noda tinta dalam air susu selama beberapa menit. Kemudian, angkat dan kuceklah sebentar. Masukkan lagi ke dalam larutan susu, lalu cucilah dengan air dingin.

Noda Cat atau Oli

Pakaian yang kotor karena kena cat, noda pada pakaian itu dapat dihilangkan. Caranya, kain yang terkena cat itu dicuci dengan alkohol. Gosoklah baik-baik, niscaya noda itu akan hilang. Pakaian itu baru bisa bersih kembali. Untuk noda cat yang mengenai kulit dapat dihilangkan dengan cara yang kurang lebih sama. Bila tidak ada alkohol dapat digunakan pula minyak tanah

Tidak ada komentar: