Kamis, 06 Maret 2014

Model Epaulette Dari Safari Prabowo Subianto

TEMPO.CO, Jakarta -Safari ala Prabowo Subianto disebut epaulette. Safari ini juga sering digunakan oleh musisi John Mayer dan aktor Leonardo diCaprio.
Kandidat Presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto selalu tampil dengan baju andalannya. Baju yang dikenakan Prabowo itu apa namanya?
Desainer, pengamat mode dan gaya Hidup, Sonny Muchlison mengatakan, baju safari ala Prabowo disebut Epaulette. Safari jenis ini merupakan padanan dari kemeja yang dilengkapi tanda pangkat pada bahu atau hiasan yang digunakan sebagai lambang pangkat angkatan bersenjata.(Baca :Soal Pakaian Khasnya, Ini Kata Prabowo | nasional | Tempo.co
Dulu Epaulette, hanya dikenakan oleh kalangan bersenjata. Namun kini telah mengalami pengembangan dan metamorfosis menjadi pakaian yang bisa dikenakan sehari-hari, tapi tetap terlihat formal dan rapi.
Bukan hanya Prabowo, beberapa aktor dunia juga sering mengenakan safari ala Prabowo ini. Leonardo diCaprio, John Mayer kekasih Katy Perry terlihat sering mengenakannya.
"Epaulette memang merupakan metamorfosa dari gaya busana barat," kata Sonny kepada Tempo,

Prabowo Subianto Pakai Epaulette, Ini Maknanya

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. TEMPO/Iqbal Lubis
TEMPO.CO, Jakarta - Prabowo Subianto sering tampil di depan publik dengan mengenakan kemeja dengan hiasan bahu berupa klep dilengkapi kancing. Menurut desainer, pengamat mode dan gaya hidup, Sonny Muchlison, baju safari yang dikenakan Prabowo disebut epaulette.

"Baju safari jenis ini merupakan padanan dari kemeja yang dilengkapi tanda pangkat pada bahu atau hiasan yang digunakan sebagai lambang pangkat angkatan bersenjata," kata Sonny kepada Tempo, Sabtu, 26 Oktober 2013. (Baca :Soal Pakaian Khasnya, Ini Kata Prabowo)

Sonny menjelaskan, epaulette merupakan metamorfosa dari gaya busana Barat. Dahulu, menurut dia, epaulette hanya dikenakan oleh kalangan bersenjata. Namun kini, model tersebut telah mengalami pengembangan dan metamorfosa menjadi pakaian yang bisa dikenakan sehari-hari, tapi tetap terlihat formal dan rapi.

Bukan hanya Prabowo yang sering mengenakan kemeja epaulette. Sonny mengatakan, beberapa aktor dunia juga sering memakai safari tersebut, di antaranya Leonardo diCaprio dan John Mayer, kekasih Katy Perry.

Dalam buku Kamus Mode Indonesia disebutkan epaulette merupakan hiasan bahu berupa klep dilengkapi kancing, mirip tanda pangkat pada seragam militer dan sering diterapkan pada jas atau kemeja model safari. (Baca: Soal Pakaian Prabowo, Pengamat: Demi Pencitraan)

Prabowo pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus dengan pangkat letnan jenderal. Kini dia fokus sebagai pengusaha dan calon presiden dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). "Kebanyakan pemakai gaya busana epaulette ini ingin memberi kesan memiliki kekuasaan, tapi tetap bersahabat," kata Sonny.

Tidak ada komentar: