Jumat, 18 April 2014

Wacanakan Koalisi Indonesia Raya, Amien Rais Dukung 'Prabowo Berjasa'?

Kamis, 17/04/2014 23:10 WIB, Ahmad Toriq - detikNews
Jakarta - Ketua MPP PAN Amien Rais mendukung ide penyatuan parpol Islam, seperti Poros Tengah yang pernah digagasnya di tahun 1999 silam. Namun kini dia mengusulkan nama baru, yaitu koalisi Indonesia Raya.

"Saya mengusulkan poros tengah nggak usah dipakai lagi. Karena konotasi agak sempit dan konteksnya sudah lepas itu adalah satu dekade lalu. Saya mengusulkan istilah yang lebih merangkul semua anak bangsa yaitu koalisi Indonesia raya," kata Amien Rais saat tiba dalam pertemuan parpol Islam di Jl. Cikini Raya 24, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/4/2014).

Usulan nama koalisi dari Amien Rais ini menarik. Sebab, nama Koalisi Indonesia Raya memiliki kemiripan dengan nama Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra yang mengusung capres Prabowo Subianto.

Namun Amien mengatakan nama itu diambilnya untuk merangkul semua elemen bangsa. Amien menjelaskan, kata Indonesia Raya disebut tujuh kali dalam lagu kebangsaan. Jadi poros strategis tidak hanya parpol Islam, tapi merangkul juga partai nasionalis dan anak bangsa secara representatif.

"Jangan sampai ada yang disia-siakan. Jadi teman kristiani, Budha, Hindu jadi bagian besar nasionalis harus dipadukan dengan kelompok tengah itu," tuturnya.

Saat ini di PAN sendiri terbagi menjadi dua faksi, yaitu faksi pendukung duet Prabowo Subianto bersama Hatta Rajasa (Prabowo Berjasa) dan yang mendukung duet Jokowi-Hatta Rajasa. Dengan usulannya ini, apakah berarti Amien masuk dalam faksi pendukung Prabowo Berjasa?

Tidak ada komentar: