Kamis, 19 Juni 2014

Ahli: Video Prabowo Sebut Kampret Tidak Orisinal, ada perbedaan frekuensi suara yang diucapkan Prabowo dan sisipan "kampret"

Kamis, 19 Juni 2014 | 09:54 WIB
Ahli: Video Prabowo Sebut Kampret Tidak Orisinal  
Calon Presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto bersiap memaparkan visi dan misi dalam acara Debat Capres 2014 yang berlangsung di Hotel Grand Melia, Jakarta Selatan, 15 Juni 2014. TEMPO/Dhemas Reviyanto
TEMPO.CO, Jakarta - Guru besar ilmu komputer Universitas Indonesia Zainal Arifin Hasibuan mengatakan video Prabowo yang mengatakan 'kampret' saat debat calon presiden Ahad, 15 Juni lalu, tidak orisinal. "Ada suara yang disisipkan," kata Zainal saat dihubungi Tempo, Rabu, 18 Juni 2014.

Menurut dia, ada tiga indikator yang dipakai untuk menunjukkan video kampret Prabowo hasil editan. Pertama, ada jeda saat Prabowo mengucapkan 'kampret'. Ia mengamati jarak Prabowo mengucapkan kata yang termasuk umpatan itu dalam waktu yang sangat singkat. "Lazimnya, dia harus ambil napas dulu sebelum," kata dia.

Kalau Prabowo ingin nakal, kata dia, calon presiden dari poros Gerindra itu bisa mengucapkan satu kata umpatan. Misalnya, dalam Bahasa Inggris, 'shit'.

Kedua, ada perbedaan frekuensi suara yang diucapkan Prabowo. Menurut dia inkonsistensi itu terjadi pada detik pertama sebelum dan ketika Prabowo mengucapkan 'kampret'. Kata 'kampret' ditempel sesudah memotong beberapa spektrum bagian yang asli. "Lalu ditempel kata 'kampret'," kata dia.

Ketiga adalah gerak bibir yang tak sama dengan kata yang dikeluarkan. Pada umumnya, seseorang tak mungkin bisa mengucapkan 'kampret' dengan posisi mulut tertutup. "Untuk mengucapkan 'kampret' posisi mulut harus terbuka dulu," kata dia. Saat Prabowo mengucapkan 'kampret' mulut dia nampak tertutup. "Dekat dengan mikrofon, kecil kemungkinan dia bisa bilang 'kampret'."

Sebelumnya, sebuah video yang beredar di Youtube mengungkap calon presiden dari koalisi Gerindra, Prabowo Subianto, yang tertangkap kamera mengumpat di forum debat calon presiden II pada Ahad malam, 15 Juni 2014.

Prabowo menyebut 'kampret' ketika ditanyai soal evaluasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) oleh rivalnya, Joko Widodo. 'Kampret' muncul pada sesi ketiga debat dengan tema perekonomian dan kesejahteraan sosial itu.

Rekaman Prabowo tersebut masih bisa didengar dari rekaman video di YouTube. Salah satunya melalui video yang diunggah akun Airin Livia yang berjudul "Prabowo Tidak Menguasai TPID Debat Capres Jokowi vs Prabowo 15 Juni 2014". Pada video yang sudah ditonton lebih dari 30 ribu kali itu, ucapan Prabowo terdengar pada detik ke-39. Dalam video lengkap Metro TV di Youtube, ucapan itu muncul pada menit ke-59 detik ke-40 atau di video TV One di YouTube pada menit ke-54 detik ke-50.

Pemandu debat, Ahmad Erani Yustika, kemudian mempersilakan Prabowo untuk menjawab. Prabowo yang berbicara menggunakan mikrofon dan duduk di kursi menjelaskan bahwa dirinya tidak menguasai setiap singkatan. Sejurus kemudian, Prabowo memalingkan wajah ke kiri sambil berucap lirih, "Kampret," dengan sedikit senyum. (Baca: Tanya Kepanjangan TPID, Prabowo Dikritik Tweeps)

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan kampret sebagai kelelawar kecil pemakan serangga atau biasa disebut Microchiroptera. Dalam Bahasa Indonesia, kata kampret kerap diucapkan sebagai ungkapan kegagalan atau kecewa.

MUHAMMAD MUHYIDDIN | ANTON WILLIAM

Tidak ada komentar: