Rabu, 04 Juni 2014

Mobil Otonomos Google Indonesia punya! mengemudi sendiri, Camera Otomatis

Ini Dia Mobil Google Pemotret Jakarta

KOMPAS.com/Deliusno Mobil Google Street View yang akan merekam kota-kota dan daerah wisata di Indonesia.
JAKARTA, KOMPAS.com — Google secara resmi meluncurkan layanan Street View di Indonesia.

Jakarta mendapat kehormatan menjadi kota pertama di Indonesia yang akan direkam. Setelah itu, Google Street View akan merekam kota-kota lain dan daerah terpencil.

"Proyek Google Street View ini akan dimulai dari Kota Jakarta dan akan segera dilanjutkan ke kota-kota lain," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, saat ditemui di acara peluncuran.

Mulai hari ini, Jumat (23/11/2012), Google mulai mengoperasikan mobil Google Street View untuk memotret tempat-tempat di beberapa kota, yang dimulai dari Jakarta, dan daerah wisata di Indonesia.

Foto-foto tersebut akan dikumpulkan dan diracik yang kemudian akan diunggah ke layanan Google Street View. Setelah selesai, pengguna dapat "berjalan-jalan" secara virtual di Kota Jakarta.

Menurut Product Manager Google, Andrew McGlinchey, pengambilan foto di Jakarta akan dilakukan oleh lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat.

Seperti apa mobil Google Street View yang akan menjelajahi Jakarta? Berikut jepretan KompasTekno saat salah satu mobil Google tersebut dipamerkan di Epicentrum Walk, Jakarta.
KOMPAS.com/Deliusno
KOMPAS.com/Deliusno Kamera 360 derajat yang terletak di atap mobil Google Street View.
KOMPAS.com/Deliusno Kamera 360 derajat yang terletak di atap mobil Google Street View.
KOMPAS.com/Deliusno
KOMPAS.com/Deliusno
Editor: Reza Wahyudi

Mobil Otonomos Google, Ancaman Baru Dunia Otomotif

Penulis: Febri Ardani Saragih | Jumat, 30 Mei 2014 | 08:07 WIB
Sumber : - | Author : Automotive News,Mobil Otonomos Google Mirip Smart ForTwo dengan dua pintu dan muat dua penumpang

Detroit, KompasOtomotif– Kesungguhan Google Inc terjun lebih dalam ke dunia otomotif, dengan menghadirkan prototipe mobil otonomos tanpa kemudi, pedal gas dan rem, dianggap sebagai “ancaman” oleh pabrikan besar asal Amerika Serikat, General Motor (GM). Mark Reuss, Kepala Pengembangan Produk GM, dengan gamang mengatakan, bila Google terus “memaksakan” mobil otonomos masuk ke industri, maka perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital itu menebar ancaman serius di peta persaingan otomotif.
“Semua orang bisa melakukan apa saja dengan waktu dan uang. Bila mereka (Google) sungguh menetapkan kemauan itu, saya tidak ragu,” katanya seperti dillansir Bloomberg, Kamis (30/5/2014). GM sendiri telah mengembangkan mobil berteknologi otonomos, namun ia mengaku GM tidak bersaing dengan Google.
Tahun lalu GM sudah memperkenalkan teknologi Super Cruise yang menerapkan penggunaan semi otonomos. Mobil mampu mengikuti garis jalan tanpa bantuan sopir, mengerem dan mengatur kecepatan di berbagai kondisi jalan. Selain itu, GM pernah memperkenalkan mobil konsep otonomos yang dikembangkan di China, disebut EN-V.
Keren
Meski demikian, Reuss memprediksi, fase mobil otonomos di industri seharusnya masih lama. “Akan menjadi sangat aneh, ini nantinya bukan menjadi sesuatu yang membelokkan pemikiran. Saya pikir kita tidak akan melihat mobil otonomos akan mengambil alih kota dalam jangka waktu dekat,” ujar Reuss. Ia melanjutkan, unit milik Google hanyalah sesuatu yang “keren”, sama seperti Volkswagen kala memperkenalkan Beetle.
Pada pemberitaan sebelumnya, Google akan melepas 100 unit mobil otonomos untuk diuji coba tahun ini. Mobil mirip Smart ForTwo dengan dua pintu berkapasitas dua penumpang itu mampu bergerak hingga 40 kpj. Sebelumnya Google menggunakan mobil merek Toyota untuk mengapilkasikan teknologi.
Dalam dua dekade dari sekarang, mobil yang dikendalikan tanpa pengemudi sudah “umum” beredar di jalanan. Bahkan analisis IHS Automotive mengungkapkan, pada 2025 harga mobil-mobil otonomos setara dengan “mobil murah”.Editor : Aris F. Harvenda

Hoax Pembunuhan Saat Ada Kamera Google View

ORANGE/"PRLM"
ORANGE/"PRLM"
DUA mekanik yang berpura-pura terlibat adegan kriminal ketika melihat mobil Google Street View melintas di blok tempat kerja mereka. Kebanyakan orang memperlihatkan bokong saat mobil kamera Gogole sedang merekam gambar.*
EDINBURGH, (PRLM).- Seorang pemilik garasi di Edinburgh, Inggris meminta maaf untuk adegan pembunuhan palsu di Google Street View. Permintaan maaf itu muncul setelah polisi mengunjungi Dan Thompson (56), menyusul keluhan seorang anggota masyarakat yang melihat tipuan daring.
Seorang montir berbaring di jalan sementara rekannya berdiri dekatnya dengan memegang kapak. Keduanya berpura-pura setelah melihat mobil kamera Google dari kejauhan.
Thompson mengatakan, "Dengan kebetulan, saya melihat mobil Google datang sepanjang jalan dan terus mengelilingi blok, jadi saya punya satu menit untuk buru-buru kembali ke dalam garasi dan mengatur adegan pembunuhan .
"Ada foto-foto orang di Google yang justru memperlihatkan bokong mereka, tapi kami pikir kami akan lebih berkelas."
Gambar tadi tidak diunggah ke Street View selama 12 bulan, dan tayang ketika kedua pegawai bengkel sudah lupa melakukan kejutan.
"Dua petugas berseragam datang ke bengkel untuk mewawancarai kami. Mereka memperlakukan kami serius pada awalnya. Kami tidak ingin membuang waktu polisi. Kami menjelaskan kepada polisi apa yang telah kita lakukan dan mereka pikir itu lucu," tambah Thompson. (A-88/orange)***

Mobil Google bisa mengemudi sendiri

Terbaru  28 Mei 2014 - 16:04 WIB
google
Mobil ini berukuran kecil dengan panel sederhana
Google memilih untuk mulai membuat mobil yang bisa mengemudi sendiri, dan tidak akan memodifikasi kendaraan yang dibuat oleh produsen lain.
Mobil itu akan memiliki tombol stop-go tapi tidak ada kontrol, kemudi atau pedal, seperti dilaporkan wartawan BBC Jack Stewart.

Mobil Google ini terlihat seperti mobil kota dengan wajah yang "ramah", dirancang untuk terlihat tidak menakutkan dan membantu orang menerima teknologi mengemudi sendiri.
Penemu mobil ini yaitu Sergey Brin mengungkapkan rencana tersebut dalam sebuah konferensi di California.
"Kami sangat bersemangat tentang kendaraan ini - ini adalah sesuatu yang akan memungkinkan kita untuk benar-benar mendorong kemampuan teknologi mengemudi sendiri, dan memahami keterbatasan," kata Chris Urmson, direktur perusahaan untuk proyek self-driving ini.
Dia menambahkan bahwa mobil ini memiliki kemampuan untuk "meningkatkan kehidupan masyarakat dengan mengubah mobilitas".

Kerugian

Tetapi beberapa peneliti yang bekerja di bidang ini sedang menyelidiki potensi kerugian untuk teknologi mobil tanpa pengendara.
Mereka percaya bahwa mereka bisa membuat lalu lintas lebih buruk karena orang pada akhirnya akan menerima kemacetan karena tidak perlu mengendarai mobil mereka sendiri.
BBC diberikan akses ke tim Google untuk berbicara tentang proyek rahasia ini, dan melihat modifikasi awal dari mobil tersebut.
Terlihat seperti kartun, mobil tersebut tidak memiliki kap mobil, dan roda yang terdorong ke sudut.

Tidak ada komentar: