Minggu, 15 Juni 2014

HomeKit, Rumah Pintar Masa Depan dari Apple

HomeKit, Rumah Pintar Masa Depan dari Apple  
Konsep Apple Smarthome. (GSM.TECH.COM)
TEMPO.CO, San Francisco - Apple resmi meluncurkan sistem operasi iOS 8 dan OS X Yosemite untuk Mac dalam acara Worldwide Developers Conference 2014 yang digelar di San Francisco pada 2-6 Juni 2014. Selain menunjukkan sistem operasi untuk perangkat mobile, Tim Cook dan timnya juga memperkenalkan HomeKit sebagai bagian dari konsep smarthome atau rumah pintar pada masa depan. (Baca: Apple Bersiap Luncurkan Konsep Smarthome)

Sayangnya, program yang paling ditunggu ini hanya ditampilkan dalam sebuah presentasi singkat dengan durasi 60 detik oleh Senior Vice President of Software Engineering Apple Craig Federighi. Namun informasi yang dibagikan cukup untuk membayangkan konsep rumah pintar dari Apple ini. (Baca: Inilah yang Dipamerkan Apple di WDC 2014)

Dikutip dari Digital Trends, Selasa, 3 Juni 2014, HomeKit memang memberikan akses kepada pengguna untuk mengendalikan rumah lewat iPhone dengan iOS 8. Namun Apple tidak menjelaskan cara menghubungkannya, entah dengan Wi-Fi, Bluetooth, atau iBeacon, yang berasal dari perusahaan. (Baca: Apple Sempunakan iOS 8 dan Fitur Baru Andalan)

Menurut laporan, perusahaan tengah bekerja sama dengan salah satu produsen perangkat pintar untuk mengembangkan protokol komunikasi yang diperlukan HomeKit.

Dalam jangka panjang, HomeKit juga akan menyediakan kontrol yang lebih leluasa dengan fitur yang ada di dalam iPhone. Misalnya, HomeKit akan diintegrasikan dengan pemindai sidik jari Touch ID untuk sistem keamanan rumah berbasis pengendali suara dengan Siri.

RINDU P. HESTYA | DIGITAL TRENDS

Tidak ada komentar: