Kamis, 20 November 2014

Menjadikan bensin premium berkelas Pertamax, Mudah saja ! simple!



Cara Menaikan / Meningkatkan Oktan Bensin

Cara Menaikan / Meningkatkan Oktan Bensin

Mechanic Onlines - Cara Menaikan / Meningkatkan Oktan Bensin - Banyak jalan menuju Roma, mungkin itu lah peribahasa yang tepat untuk bahasan kali ini. Sebutan "Oktan" seringkali dipakai untuk menyebut "bilangan oktan" (nama yang diberikan pada salah satu isomer oktana. Oktana adalah senyawa hidrokarbon jenis alkana dengan rumus kimia C8H18. Oktana mempunyai banyak jenis isomer struktur yang perbedaannya terletak pada jumlah dan lokasi percabangan dari rantai karbonnya. Salah satu isomernya, 2,2,4-trimetilpentana (isooktana) adalah komponen utama pada bensin dan digunakan pada penghitungan bilangan oktan. ( Wikipedia ).

Cara Menaikan Kadar Oktan Bensin

Bensin yang mempunyai angka oktan yang tinggi mempunyai kualitas yang lebih baik. Meski begitu, n-oktana sendiri mempunyai nilai oktan negatif. seperti diketahui bensin dengan nilai oktan tinggi itu sekarang harganya mahal. salah satunya pertamax. maka dari itu bagaimana cara membuat Bensin premium nilai oktan nya menjadi naik atau setara Pertamax. nah kebetulan saya nemu caranya nih sob. langsung aja yuk.
  • KAPUR BARUS
Angka oktan bensin akan naik sekitar 10% setelah dicampur kapur barus. Kapur barus mengandung napthalena, salah satu unsur kimia yang dapat menambah angka oktan bensin. Kapur barus tidak perlu ditumbuk halus cukup masukan aja ke bensin.
  • ETANOL
Etanol adalah sejenis cairan etil-alkohol. “Kandungan alkoholnya mencapai 99,9%. Rumus kimia etanol adalah C2H6O.  Etanol untuk bahan bakar biasanya dari tebu (molase) atau singkong. jika Premium yang memiliki angka oktan 88 cukup dicampur etanol yang punya angka oktan 118. Dengan perbandingan 10% dan 90%. Dengan begitu, angka oktan menjadi (10% x 118) + (90% x 88) = 91. Angka itu mendekati Pertamax Plus yang memiliki oktan 95. “Untuk motor harian cukup campurkan 10% etanol dengan BBM Jadi, jika 3 liter Premium harus dicampur dengan 300 ml etanol.

Nah bagaimana tips tadi, apakah anda berminat mencobanya. kalo saya sih udah coba pakai kapur barus dan tarikan mesin memang berubah menjadi lebih ringan. sekian tentang Cara Menaikan / Meningkatkan Octan Bensin semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.
dedi kurnia , saya hanya seorang tukang bengkel yang tidak tahu banyak tapi ingin berbagi apa yang saya tahu dengan orang lain.

kapur barus campuran bensin untuk menaikkan bilangan oktan

Kali ini saya ingin membahas cara penggunaan kapur barus ( atau sering di kenal juga dengan nama kamper / kecoak killer ). Mudah-mudahan ini bisa membantu anda dan Negara ( dengan mengirit BBM, kita secara langsung membantu negara dan juga diri sendiri untuk menuju masa depan yang cerah… cieeee). Kenapa saya ingin menjelaskan ini? Kenapa menurut saya penggunaan BBM harus di perhatikan? berikut alasan mengapa saya ingin penggunaan BBM lebih effektif:
- Alam. Alam kita ini ada batasnya, jika kita perlakukan alam seperti yang sudah kita lakukan seperti yang kita sudah lakukan di masa lalu ke masa depan, maka alam kita ini tidak akan bertahan lama. So help me, helping you. - Irit BBM, hemat dompet. Mau kita pakai pertamax (plus) atau jenis lainnya, ujung-ujungnya kita tetap harus bergerak. Andaikan anda menggunakan motor anda 50 KM / hari, jika anda membutuhkan 1,5 liter bensin untuk menempuh jarak yang anda butuhkan bisa di irit 10-30%, berapa banyak anda menghemat BBM / dompet? Setiap orang beda-beda perhitungannya.
- Perawatan motor. BBM type premium mengandung oktan / octane sebanyak 88. Pertamax 92, pertamax plus 95. Jika mesin anda memiliki kompresi di atas angka 9.0 anda membutuhkan minimal BBM type pertamax ( oktan / octane 92, cocok untuk kompresi mesin 9.0 sampai 10.0 ), jika anda menggunakan BBM premium yang kadar oktan / octane nya hanya 88, cepat atau lambat anda akan menghadapi “knocking” ( suara nge-gilitik dari mesin ). Ini sangat berbahaya untuk mesin anda, yang jika kejadiannya berkepanjangan akan mengangibatkan turun mesin…dan biayanya ( untuk banyak orang ) akan membuat anda sendiri pusing.
- Membantu negara, kenapa sih penting banget membantu negara? sudah banyak orang mungkin kecewa dengan sinergi pemerintah yang selalu kita lihat di layar tv/dunia maya/korang, tapi kita tidak boleh berfokus ke sini, masih juga banyak orang di pemerintahan yang bener. Yang membutuhkan biaya untuk membangun negara ini. Jangan sampai mereka yang membutuhkan kita, terikat karena biaya yang di butuhkan untuk membantu masyarakan tidak cukup dan harus menunggu dana di masa depan…let’s help them.
- Dan alasan lainnya.
1 ( satu ) butir kapur barus / kamper cocok untuk 10 Liter BBM Premium
Ok deh, sekarang unek-unek sudah di keluarkan, giliran saya menceritakan bagaimana cara menggunakan kapur barus / kamper dengan benar ke dalam mesin anda.
- Beli kamper / kapur barus di swalayan terdekat anda.
- Cari kamper yang bentuknya seperti permen mentos, bukan seperti bola. Karena kita akan memotongnya agar penggunaan “tepat”. (Saya selalu membeli kamper merek Bagus 150 Gram)
- Ingat, 1 ( satu ) butir kapur barus / kamper cocok untuk 10 Liter BBM Premium
- Buka kantong kapur barus dan potong-potong sesuai kebutuhan (saya memotong sebagian besar 1/2 ( setengah ), dan beberapa saya potong 1/4 ( seperempat ).
- Masukan potongan-potongan ke dalam tupper / tulip ware yang kedap udara.
- Ambil potongan yang anda butuhkan ( contoh, saya butuh 1/2 potongan, karena saya baru saja mengisi 4,4 liter BBM atau Rp 20.000,- )
- Hancurkan potongan kamper di antara 2 kertas ( atau benda lainnya yang menurut anda cocok ). Penghalusan kamper di lakukan agar penyerapan kamper dengan BBM agar lebih cepat di bandingkan jika anda memasuki kamper dalam bentuk utuh.
- Masukan “bubuk” kapur barus / kamper ke dalam tanki bensin di motor anda.
- Tunggu sebentar agar campuran bubuk kapur barus / kamper menyatu dengan BBM (kira-kira 1 sampai 5 menit)
- Silahakan menggunakan motor anda.
- Jangan lupa menyimpan peralatan / benda2 yang anda gunakan untuk mengerjakan ini ke dalam tempatnya.
Lebih baik kurang, dari pada berlebihan
Tip:
Di karenakan pembelian / ukuran tengki bensin semua orang berbeda-beda, mungkin banyak orang akan bertanya-tanya bagaimana jika pembelian BBM tidak mencapai sampai 5 liter atau lebih?
Menurut cerita yang saya dengar, “Lebih baik kurang, dari pada berlebihan”. Dengan ukuran penggunaan 1 butir kapur barus bisa mencukupi 10 Liter BBM, saya sarankan untuk membeli “Pure” BBM premium minimal 2,5 liter. Dengan segitu, anda bisa memasukan 1/4 potongan kapur barus / kamper ke tengki bensin anda. Jika anda memotong kamper lebih kecil, maka kamper anda akan berantakan.
Penggunaan ini tidak terbatas hanya di motor saja, untuk pemakaian di Mobil pun bisa. Tip ini saya dapatkan dari seorang supir expat dengan tipe mobil Toyota Camry 3000 CC yang di mana dia juga menggunakan cara ini di mobilnya.
Testing:
Saya pribadi sudah melakukan test dengan 2 tipe motor, yaitu:
- Pulsar sebanyak 750 KM (2 tengki penuh).
- Minerva GTR 170 sebanyak kira 4000 KM ( 2 bulan ) and counting :D .
Silahkan tinggalkan komentar anda jika anda telah menggunakan tip saya ini. Selamat mencoba.



Cara Simple Menaikan Oktan Bensin

Harga bahan bakar di negeri ini kian mahal. Apalagi yang namanya pertamax. Jangan ditanya lagi harganya, kini sudah mencapai hampir sepuluh ribu. Tentu saja ini membuat kita berpikir panjang untuk membeli pertamax untuk kendaraan kita. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk hal ini.

Pertamax sangat penting agar pembakaran pada kendaraan tetap sempurna. Untuk mencapai pembakaran yang baik, tentu saja kita mesti kudu harus wajib pake bensin yang memiliki nilai oktannya tinggi. Timbul pertanyaan, kenapa diperlukan bensin yang oktannya tinggi ?? Tujuannya dikarenakan semakin tinggi angka oktannya, semakin lama bensin itu terbakar spontan. Sehingga tidak menimbulkan ketukan di dalam mesin yang biasa disebut gejala ngelitik atau knocking.
Banyak cara untuk menaikan bilangan oktan pada bensin, salah satunya melalui penggunaan Methanol. Kita cukup membeli bensin biasa atau kita sering menyebutnya premium, namun dilakukan penambahan Methanol. Nah Methanol inilah yang membuat nilai oktan bensin tinggi , layaknya pertamax.

Untuk mencampurkan Methanol pada bensin tidak sembarangan, tentu ada triknya . caranya kalo untuk tangki motor bebek dicampur dengan 10 ml Methanol. Kemudian setelah itu di goyangkan sedikit tangkinya agar kedua zat tersebut bercampur dan tunggu aja beberapa menit. Setelah dicampur maka nilai oktan premium sudah meningkat layaknya pertamax, bahkan pertamax plus. Asiiik dan simple bukan bukan ??

Untuk dapetin Methanol ga susah kok, cari aja di toko-toko kimia. Harganya juga ekonomis, sekitar 10-20 ribuan per liter. Tapi bisa digunakan untuk  berapa liter tuh ,, ga kebayangkan kan ? dan satu lagi belinya jangan lupa beli Methanol yang kadarnya sedang atau lebih tepatnya kadar 92. Agar penggunaannya tepat dan maksimal.

Masih ada cara lain untuk menaikan bilangan oktan pada bensin, yakni dengan menambahkan tetraethyl lead (TEL, Pb(C2H5)4) pada bensin. Penambahan zat ini dapat meningkatkan bilangan oktan bensin.Penambahan zat ini terbilang murah dan juga tentu saja aman untuk mesin.
Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO.

Penambahan zat aditif Methanol,TEL dan MTBE pada bensin dapat mempengaruhi oktan pada bensin. Karna sudah terbukti diuji oleh para pakar peneliti bahan bakar. Bahkan para bikers telah lama lebih dulu menerapkan pencampuran zat-zat tersebut.

Selain penambahan ketiga zat tersebut masih ada cara lain untuk menaikan bilangan oktan, yakni dengan mencampur bensin (premium) dengan pertamax. Pencampuran ini juga bisa menaikan bilangan oktan. Dan cukup efisien penggunaannya.

Tidak ada komentar: