Minggu, 11 Januari 2015

Ignasius Jonan Ditertawakan Singapura

Tutup Penerbangan AirAsia Ignasius Jonan Ditertawakan Singapura

Sabtu, 10 Januari 2015 10:48 WIB

Tutup Penerbangan AirAsia Ignasius Jonan Ditertawakan Singapura
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di dampingi staf menyampaikan hasil audit lima otoritas bandara terkait pelanggaran izin penerbangan, di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (9/1/2015). Kemenhub membekukan izin 61 penerbangan dari lima maskapai dengan rincian Garuda Indonesia sebanyak 4 pelanggaran, Lion Air 35 pelanggaran, Wings Air 18 pelanggaran, Trans Nusa 1 pelanggaran, dan Susi Air 3 pelanggaran. WARTA KOTA / ANGGA BHAGYA NUGRAHA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sikap Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menutup penerbangan Indonesia AirAsia, ternyata menjadi bahan celaan dari berbagai negara.
Menurut wakil ketua komisi V DPR Yudi Widiana, sikap Jonan menutup rute AirAsia adalah hal yang terburu-buru dan tidak mencarikan solusi. Yudi menilai adanya kecelakaan AirAsia QZ8501, hanya membuat panik pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk membuat regulasi baru.
"Kita ditertawakan Singapura dan dunia luar," ujar Yudi di diskusi Polemik Sindotrijaya, Sabtu (10/1/2015).
Yudi heran dengan sikap Jonan yang terburu-buru mencari maskapai lain yang melakukan pelanggaran izin rute. Karena hal tersebut bukan cara yang tepat untuk membenahi sistem industri penerbangan.
"Tiba-tiba AirAsia dibekukan, termasuk maskapai lain," ungkap Yudi.
Yudi mengatakan di dalam UU Menteri bertanggung jawab terhadap izin penerbangan. Meski Jonan menurut Yudi punya hak, namun penutupan penerbangan bukan cara yang tepat sebagai solusi awal pembenahan sektor perhubungan udara.
"Tapi jangan terburu-buru pembekuan maskapai," papar Yudi.

Tidak ada komentar: