Rabu, 23 Maret 2016

Bandara Udara Internasional Juwata di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, diresmikan Presiden Jokowi Rabu (23/3/2016)


Diresmikan Hari Ini oleh Jokowi, Bandara Internasional Juwata Mampu Tampung 3.000 Penumpang

Rabu, 23 Maret 2016 | 08:22 WIB
KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi melihat konstruksi Jembatan Kapuas Tayan di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Bandara Internasional Juwata yang berada di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (23/3/2016) petang.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana akan meresmikan bandara itu seusai mengunjungi pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat pada Rabu siang.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam siaran pers, Rabu pagi, mengatakan, "Bandara ini terletak hanya sekitar 3,5 km dari pusat kota. Bandar Udara Juwata Tarakan, Kalimantan Timur, memiliki runway dengan panjang 2250 meter, lebar 45 meter."

Bandara ini sudah didarati pesawat berbadan sedang dari Boeing dan Airbus, juga ATR dan pesawat-pesawat kecil, seperti Caravan.

Bandara itu juga melayani penerbangan ke kota besar, di antaranya Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar. Selain itu, bandara juga melayani penerbangan ke kota-kota kecil, seperti Berau, Nunukan, Malinau, dan Tanjung Selor.

"Setiap hari ada sekitar 40 pergerakan pesawat dengan jumlah penumpang mencapai 3.000 orang," ujar Ari.

Usai meresmikan Bandara Internasional Juwata pada petang hari, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di sana, Presiden akan bermalam untuk esok harinya melanjukan kunjungan kerja. Kunjungan kerja Presiden di Kalimantan itu sendiri akan berakhir Kamis (24/3/2016) besok.


Bandar Udara Internasional Juwata


TRK berlokasi di Borneo
TRK
TRK
Lokasi bandar udara di Kalimantan
Informasi
Jenis bandara Sipil dan Militer
Melayani Tarakan dan Kalimantan Utara
Lokasi Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia
Penghubung untuk
Zona waktu UTC+8
Statistik (2014)
Pergerakan penumpang 1,035,512
Pergerakan pesawat 13,300
Ketinggian MDPL 6 m (20 f)
Bandar Udara Internasional Juwata adalah bandar udara yang terletak di Kota Tarakan, provinsi Kalimantan Utara. Bandara ini terletak hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Bandar Udara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, dengan panjang runway 2500 meter x 45 meter, saat ini sudah didarati oleh pesawat jenis Boeing dan Airbus, serta pesawat – pesawat perintis. Dari catatan statistik bandara, penumpang yang naik dan turun melalui Bandara Juwata, setiap harinya sekitar 3000 penumpang. Saat ini Bandara Juwata sedang dilakukan pembangunan untuk menjadikan sebagai bandar udara provinsi dan pintu gerbang bagi Kalimantan Utara. Bandara ini merupakan penghubung bagi semua bandara domestik dan perintis yang ada di Kalimantan Utara. Bandara Juwata adalah bandar udara pertama di Indonesia yang menerapkan sistem Green Aiport pada apron pada saat pengisian bahan bakar avtur.

Sejarah

Bandara Juwata pertama kali dibangun pada masa penjajahan Belanda dan menjadi pangkalan militer bagi pesawat-pesawat tempur milik Belanda. Pada tanggal 11 Januari 1942 pesawat tempur milik Jepang mendarat pertama kalinya di Indonesia di Bandara Juwata untuk merebuat Hindia Belanda. Setelah merdeka, bandara ini awalnya beroperasi sebagai bandara perintis dengan hanya menggunakan pesawat kecil dan pada awal tahun 2000, Bandara Juwata ditingkatkan statusnya menjadi bandara domestik dengan panjang runway 1.850 meter yang dilayani maskapai Bouraq Indonesia, Dirgantara Air Service, Citilink, Kartika Airlines, Mandala Airlines, Merpati Nusantara Airlines dan Pelita Air Service. Pada tahun 1997, penerbangan internasional pertama dilayani oleh Bouraq Indonesia untuk rute Tarakan-Tawau, tahun 2006 Malaysia Airlines juga membuka rute Tarakan-Tawau, penerbangan dari Tarakan-Tawau ditutup pada tahun 2000 oleh Bouraq Indonesia dan 2010 oleh Malaysia Airlines. Dibulan Februari tahun 2012 maskapai penerbangan Malaysia Airlines yang dioperasikan MASwings kembali membuka rute Tarakan-Tawau setiap hari Senin, Rabu dan Kamis. Sejak 1 Juli 2012 MASwings terbang setiap hari dengan rute Tarakan-Tawau dan Tarakan-Kota Kinabalu[1].

Kota-kota yang terhubung langsung dengan Tarakan

Landasan pacu Tarakan di bulan Mei 1945

Runway Bandara Juwata

Koridor bagian depan terminal bandara

Maskapai & Destinasi

Beroperasi

Maskapai Tujuan Terminal
Batik Air Balikpapan, Jakarta-Halim Domestik
Garuda Indonesia Balikpapan Domestik
Kalstar Aviation Berau, Makassar, Malinau, Melak, Nunukan, Tanjung Selor Domestik
Lion Air Balikpapan, Jakarta-Soetta, Makassar, Surabaya Domestik
MAF Indonesia Long Apung, Long Bawan Domestik
MASwings Kota Kinabalu, Sandakan, Tawau Internasional
Sriwijaya Air Balikpapan, Makassar Domestik
Susi Air Long Apung, Long Bawan, Malinau, Nunukan, Pulau Bunyu, Tanjung Selor Domestik

Tidak ada komentar: