Minggu, 08 Januari 2017

Arema FC Akan Kedatangan Pemain Argentina Berdarah Italia

Arema FC tengah galau dalam memutuskan perekrutan pemain asing. Di tengah kebimbangan itu, muncul nama Mauricio Matias Mazzetti Latini, pemain Argentina berdarah Italia yang rencananya akan datang ke Malang pada 8 Januari 2017.Mauricio ternyata sempat dicatut klub Terengganu. Namun, dia akhirnya gagal ujian kesehatan, kemudian dibuang klub Malaysia tersebut.
Kegalauan Arema tak melulu akibat pemainnya dicatut Malaysia. Namun juga harap-harap cemas dengan aturan baru. Adanya wacana pengurangan kuota, membuat tim berjuluk Singo Edan ini akan menunggu siapa dan jumlah pemain yang direkrut. Selain Mauricio, juga ada sejumlah nama yang masuk dalam daftar pemain rekrutan Singo Edan.
“Sekarang kami menunggu keputusan setelah Kongres, 8 Januari mendatang. Ada perkembangan walau masih isu, kemungkinan ada pengurangan kuota. Makanya sekarang perburuan adalah pemain asing yang paling urgent bagi klub,” ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo.
Menurut dia, hal tersebut membuat peta perburuan juga berubah. Menurut dia, satu atau dua pemain asing lagi, masih menunggu. Walaupun, beredar kabar sebelumnya Arema sudah cocok dengan pemain Australia berdarah Uganda, Isaka Cernak dan pemain asal Brasil, Ellinton Antonio Costas Morais.
Selain itu, ada faktor lain terkait batalnya pemilihan Isaka Cernak. Pemain yang dimaksud, mengalami riwayat cedera yang membuat tim pelatih dan manajemen urung mendatangkan pemain tersebut. Padahal, secara rekam jejak pemain berusia 27 tahun yang terakhir bermain di Super Sport United FC, Afrika Selatan ini, cukup mentereng. Bisa berposisi sebagai gelandang serang maupun winger, pemain ini pernah membela Timnas Australia untuk kelompok U20 dan U23.
“Sebelumnya Isaka memang satu bidikan utama. Tetapi, kami pertimbangkan lagi dengan melihat pernah cedera itu,” beber Ruddy.
Lantas, pria asal Madiun itu hanya berani memastikan satu pemain saja yang besar kemungkinan akan datang pada 8 Januari mendatang. Pemain tersebut ditengarai adalah Mauricio. “Pemain ini dari Argentina, pernah satu klub dengan salah satu pemain bidikan kami asal Brasil. Dia juga kenal dengan Vizcarra,” ungkapnya berteka-teki.
Berdasarkan penelusuran Malang Post (Jawa Pos Group), Mauricio pernah satu klub dengan Ellinton
Antonio Costas Morais di Liga Malta pada musim 2014-2015. Selanjutnya, dia pindah ke klub Kosta Rika, Cartagines. Sesuai dengan pernyataan Ruddy. Sesuai dengan yang diberitakan oleh situs klub asal Malaysia itu, Mauricio gagal tes kesehatan di sana.
“Stoper ini terakhir bermain di Kosta Rika,” sebut dia.
Pemain berkepala plontos ini bisa dipastikan, tidak akan terhalang regulasi bagi pemain asing kategori baru jika datang ke Indonesia. Pasalnya, dia adalah pemain inti yang memiliki minute play mencapai 3.469 menit dalam 40 penampilan.
Namun, bisa juga pemain yang dimaksud bukan Mauricio. Pasalnya, dalam website www.transfermarkt.com, pemain tersebut sudah tercatut di klub Malaysia, Trengganu untuk terakhir awal Januari 2017. Pemain ini ditaksir dengan nilai 128 ribu pounds atau senilai Rp 2,1 miliar dengan estimasi Rp 16.500 per 1 pounds.
Tetapi, di penelusuran lain, ternyata Mauricio juga memiliki riwayat cedera lutut. Yang pada akhirnya membuat klub Terengganu membatalkan kesepakatan kontrak yang sudah disepakati dengan pemain berdarah Italia itu.
Sementara itu, meski memiliki skill istimewa, Isaka Cernak juga hampir dipastikan gagal bergabung. Hal itu berdasarkan catatan di tahun 2016 lalu, dirinya tercatat hanya bermain tujuh kali di SuperSports Afrika Selatan. Sama halnya dengan Ellinton Morais, yang dikhawatrikan tidak masuk verifikasi karena kurang minute play minimal 50 persen dari klub sebelumnya.
Saat membela Nea Salamina, Ellinton hanya bermain selama 14 kali tanpa adanya gol. Catatan ini masih kalah ketika 2014/2015, penyerang berusia 26 tahun ini bermain di Liga Malta, kala satu klub dengan Mauricio Mazzetti. Dia memiliki caps mencapai 36 kali dan gol sebanyak 17.
“Nanti kita lihat saja siapa yang datang selain stopper asal Argentina. Yang jelas kami masih menunggu kuota pemain asing untuk kompetisi 2017,” tandasnya. (Jawapos)

Tidak ada komentar: