Senin, 20 Maret 2017

Setiap klub wajib mengontrak lima pemain berusia di bawah 23 tahun.

Regulasi Baru di Liga 1, Panggung Luas Buat Pemain Muda

Erwin Fitriansyah
Bola.com, Jakarta - Setelah gemerlap Piala Presiden 2017 usai, klub menunggu kepastian berputarnya Liga 1. Kompetisi tersebut memang sudah lama ditunggu oleh klub. Terakhir kali klub bertanding dalam sebuah kompetisi resmi terjadi pada QNB League pada 2015. Namun kompetisi itu akhirnya dihentikan di tengah jalan karena konflik PSSI dan Menpora.
Liga 1 awalnya akan diputar akhir Maret, tak lama setelah Piala Presiden 2017 selesai. Namun PSSI kemudian merevisi jadwal dan merencanakan Liga 1 akan kick off pada 15 April.
PSSI kemudian menggelar pertemuan dengan perwakilan 18 klub di Markas Kostrad, Jakarta, Kamis (1/3/2017), guna membahas segala hal terkait kompetisi seperti hadirnya PT Liga Indonesia Baru yang bertindak sebagai operator kompetisi dan regulasi Liga 1.
Soal regulasi, sejumlah hal baru bakal diterapkan di kompetisi Liga 1. Seperti biasa, jika ada regulasi baru maka suara pro dan kontra akan terdengar.
Perubahan paling mencolok ada pada regulasi soal kewajiban setiap klub mengontrak lima pemain berusia di bawah 23 tahun. Aturan itu masih diikuti dengan kewajiban memainkan tiga orang pemain U-23, minimal selama 45 menit.
Regulasi lainnya adalah pembatasan usia pemain. Buat Liga 1, setiap klub hanya diperbolehkan memiliki dua orang pemain yang berusia di atas 35 tahun. Sementara untuk Liga 2, rencananya klub hanya boleh mengontrak lima pemain yang usianya di atas 25 tahun.
Aturan untuk memainkan pemain U-23 minimal selama 45 menit sudah diterapkan pada turnamen Piala Presiden 2017. Namun tetap saja ada perbedaan karena Piala Presiden 2017 berstatus sebagai turnamen pramusim.
Tidak semua klub tampil dengan kekuatan penuh pada turnamen pramusim. Sejumlah klub sengaja mencoba-coba pemain atau bahkan menyimpan pemain yang diproyeksikan menjadi pemain inti, seperti apa yang dilakukan Pusamania Borneo FC yang akhirnya menjadi runner up.

Tidak ada komentar: