Rabu, 26 Juli 2017

Wasit Asing Liga 1 Berasal dari Australia dan Tiongkok

25-07-2017
Wasit Asing Liga 1 Berasal dari Australia dan Tiongkok
Tigor Shalomboboy © Fitri Apriani

Bola.net - PSSI sudah memastikan putaran kedua kompetisi Liga 1 akan memakai wasit asing. Kemungkinan besar, wasit-wasit impor tersebut akan berasal dari Tiongkok dan Australia.

Sebelumya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah memutuskan akan mendatangkan wasit asing karena rapor wasit lokal cukup buruk di putaran pertama. Hampir tiap pekan selalu ada keluhan terkait kepemimpinan wasit.

PSSI kemudian mengontak pihak Federasi Sepakbola Asia (AFC) dan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) untuk mengirimkan wasit yang bisa bertugas di Indonesia. Wasit-wasit yang diminta berstandar FIFA.

"Seperti yang sudah kita putuskan minggu lalu wacana wasit asing sudah diputuskan. Sekarang masih menunggu PSSI terkait dengan administrasi dengan negara yang berpotensi mengirimkan wasitnya ke kita," ujar Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

"Kita masih nunggu, mudah-mudahan ada jawaban minggu ini dari negara-negara tersebut yang di approach dari PSSI yang bisa kita tugaskan di putaran kedua," sambungnya.

Namun, niatan untuk meminta bantuan wasit dari Eropa kurang mendapat respon. Jadi nantinya wasit-wasit impor tersebut kemungkinan semuanya berasal dari Asia.

"Hampir semua negara kita approach dari PSSI. Tapi belum bisa kita sebutkan karena memang belum pasti. Dari awal ada negara-negara dari China, Asia barat, dan Australia. Intinya kita mau wasit yang terbaik," ungka Tigor.

Jika sesuai rencana, wasit asing  akan mulai ditugaskan saat putara kedua yang dimulai pada 4 Agustus mendatang. Nantinya, PT LIB akan mengerahkan sekitar 4 hingga 5 wasit impor yang bertugas tiap pekan. (fit/asa)

Tidak ada komentar: