Sabtu, 16 September 2017

SAKIT MAAG MEMAKSAKU UNTUK MELAKUKAN ENDOSKOPI


Apakah aku punya pengalaman sakit  yang membuat kondisi tubuh drop?. Jawabannya ya, aku  pernah merasakannya, saat itu aku sangat sedih bahkan hampir saja resign dari pekerjaan  karena ada perasaan bersalah hampir 3 bulan bolak balik cuti, seminggu masuk kerja besok libur bahkan berminggu-minggu izin cuti karena sakit yang nggak kunjung sembuh. Juga  sempat terbayang akan dicerai suami karena takut gak bisa mengurusi suami hahahha, jadi tuh selama sakit bawaan parno pikiran macam-macam kemana-mana. Bagaimana tidak aku jatuh sakit  ketika baru menikah beberapa bulan dalam hitungan delapan bulan tiga kali sakit , dan saat aku sakit suami yang gantiin nyuci piring dan nyuci baju ku. Ya aku pikir mana ada laki-laki yang betah dengan perempuan penyakitan seperti aku.
Emang sakit apa sih??
Aku waktu itu tahunya aku terserang maag,  sebenarnya penyakit ini sudah lama menetap  dan sering  bolak balik kambuh. Biasanya jika maag kambuh aku cukup makan obat maag yang dijual bebas   dan minum perasan kunyit, perasaan  tidak enak seperti  perih, mual, bahkan muntah akan hilang dalam hitungan hari. Tapi kali ini lebih sebatas itu, dalam beberapa bulan maag selalu kambuh. Baru dua minggu kerja  besok sakit lagi dan badan udah berasa macam-macam. 

Ah.. cuma maag kok manja segitu banget!
Jangan ini dibilang “cuma” karena yang aku rasakan itu beda, bukan sekedar perih dan mual. Mungkin disini perlu aku rinci, agar teman-teman yang juga tahu paling tidak menambah pengetahuan tentang sakit lambung, barangkali ada saudara atau teman yang memiliki gejala yang sama. 
Adapun gejala yang aku rasakan adalah  lemas, kaki dan tubuh terasa lemas untuk melangkahkan kaki saja terasa berat.Kepala sempoyongan dan vertigo. Saat maag kambuh aku sempoyongan bahkan vertigo ketika menunduk , sujud,dan  berbaring akan  terasa sensasi berputar hingga terasa ingin muntah.Sesak Nafas, tarikan nafasku  pendek – pendek dan terasa sesak belakangan aku tau itu akibat naiknya asam lambung dan menekan paru-paru. Badanku berasa gemetaran, tremor, jadi kalau duduk kaki dan tangan terasa gemetaran, keringat dingin pun mengalir .Selera makan tidak ada. Susah tidur baik malam ataupun siang, jadi  saat itu aku kurang istirahat .  Jantung berasa berdebar seperti terserang penyakit jantung, padahal tidak.
Intinya gak nyaman banget, bahkan aku pernah berpindah-pindah tempat tidur cuma ingin mencari  rasa nyaman. Pernah disebuah klinik tiba-tiba nafas ku sesak serasa tak bisa bernafas badan terasa kesemutan semua, perawat bilang jantung dan detak nadi normal. Gara-gara sakit ini aku pernah menggilir setengah lusin dokter dan klinik di daerah aku, jadi tiga hari gak sembuh aku pindah lagi ke dokter lain . Terus seorang dokter bilang bahwa itu nggak bagus, justru itu merugikan karena tubuh seperti  bahan percobaan untuk obat-obatan dan tentunya tak sehat untuk lambung bahkan memperparah.
Hasil Endoskopi terlihat lambung ku dipenuhi buih asam lambung
Karena penasaran dan ingin memperoleh kejelasan  sebenarnya aku ini mengidap penyakit apa?. Akhirnya aku dan keluarga memutuskan berobat ke RS. Santa Maria di Pekanbaru menemui seorang dokter pspesialis penyakit dalam untuk memastikan bagaimana keadaan lambung sebenarnya.  Akhirnya diambil tindakan endoskopi, dan endoskopi sendiri waktu itu dilakukan di RS Awal Bross karena saat itu di Santa Maria sedang penuh. 
Endoskopi adalah tindakan  untuk memeriksa saluran pencernaan pasien untuk memastikan keadaan lambung atau usus,  menggunakan endoskop yaitu semacam tabung lentur fleksibel  dengan kamera bercahaya diujungnya untuk memotret lambung,  cahaya / sinar untuk menerangi  suasana lambung atau usus yang gelap . Jika boleh aku terangkan, jadi alat endoskop itu seperti kabel  berbentuk tabung  besarnya kalau tidak salah sebesar jari kelingking, nah itu dimasukkan kedalam lambung melalui mulut. Sebelumnya aku diminta membuka mulut  kemudian bagian kerongkongan disemprot dengan cairan semacam bius, dan membuat bagian kerongkong kebas dan tidak berasa apa-apa setelah itu barulah kemudian tabung endoskop dimasukkan ke mulut, diulur masuk hingga lambung dan usus  bagian atas (jika endoskop pencernaan bagian bawah biasanya melalui anus). Rasanya jangan ditanya, mual pasti karena walaupun di bikin kebas tetap aja berasa seperti menelan ular dan meliuk-liuk diperut (kebayangkan enegnya bagaimana?).
Dari hasil Endoskopi diketahui jika aku terkena radang lambung dan asam lambung yang tinggi bahasa kedokterannya Dispepsia dan sama sekali tidak ada tukak lambung. Selain itu diketahui bentuk lambungku  yang tidak normal yang memperlambat makanan masuk ke usus , sehingga memicu lambung untk mengeluarkan asam terus menerus. Daging lambung juga diambil sedikit saat endoskopi untuk di teliti di laboratorim apakah ada bakteri, dan syukurnya tidak ada bakteri. Sakit maag katanya  juga disebabkan oleh  bakteri helicobacter (H.Pylori). Bakteri ini  dapat mengiritasi lambung  dan menyebabkan luka, karena itulah daging atau kulit lambungku di teliti. Jika terdapat bakteri tentu ada penambahan obat untuk mematikan bakteri, jadi katanya percuma kalau bakterinya gak dibunuh. Tapi untunglah dilambungku saat itu tak ada bakterinya, dan semoga sekarang dan selamanya tak ada makhluk itu diperut.
*(ilustrasi)sumber foto wwwdotgastroenterologifkuidotcom*
Aku bersyukur dengan penjelasan ini, paling tidak tak ada pikiran buruk  tentang penyakit yang aku idap. Aku hanya dianjurkan untuk makan obat teratur, jangan stress karena dapat memicu asam lambung, hidup dibawa happy saja, makan teratur , antara jam makan dibiasakan ngemil seperti biskuit atau crackers untuk menetralisir asam lambung yang berlebihan , makan sedikit-sedikit tapi sering  (small frequent feeding). Dan aku mencoba menerapkan semuanya dan berangsur-angsur pulih, selain itu aku disarankan mengonsumsi lidah buaya karena sangat bermanfaat untuk lambung, dan mengonsumsi vitamin, karena tubuhku saat itu lemah banget males makan sehingga kekurangan vitamin, makanya terasa lemas dan tidak bersemangat.
Apakah sekarang sudah sembuh?
Jika telah  terserang  suatu penyakit biasanya untuk sembuh total itu sangat sulit,  tapi kita dianjurkan untuk  menghindari pencetus timbulnya penyakit itu untuk  mencegah agar penyakit  tidak kambuh parah.  Untuk kasus penyakit  yang aku alami aku dianjurkan tidak boleh telat makan, jangan makan-makan yang banyak mengandung asam atau minuman yang mengandung gas, tidak terlalu sering mengkonsumsi mi instan, bakso, mi ayam  karena bumbunya banyak mengandung MSG,kopi sangat tidak dianjurkan. Tidak boleh terlalu lelah, apalagi sampai bagadang karena kelelahan dan stress memicu produksi asam lambung secara berlebihan.
--
Agar selalu sehat kita memang dianjurkan untuk menjaga pola makan secara baik, kadang karena terlalu sibuk dan keasyikan kerja jadi suka lupa makan atau makan terburu-buru seadanya asal kenyang. Padahal tubuh butuh istirahat, pikiran butuh ketenangan, dan organ-organ tubuh perlu asupan  vitamin dan mineral untuk pemeliharaan kesehatan dan memberikan daya tahan tubuh yang optimal dari serangan penyakit, bakteri bahkan virus.
Biasanya sebelum terserang penyakit sebagian orang akan menyepelekan ini semua, suka makan yang instan-instan, begadang, kurang istirahat, baru sadar jika tubuh sudah memberikan respon yang tidak baik, memberikan sinyal bahwa tubuh tidak sehat dan butuh pengobatan dengan biaya yang tak sedikit
Penyakit bermula dari kebiasaan yang buruk. Seperti yang aku alami  karena rutinitas yang sibuk dan terkadang sok sibuk, membuatku malas makan ujung-ujungnya kondisi tubuh melemah jadi gak semangat malah jadi gak nafsu makan beneran karena terserang maag.  Keadaan itu sedikit membuat ku trauma, jadi walaupun lagi sibuk aku sempatkan  makan dengan tenang dan istirahat. Jika malas makan, atau makan cuma sedikit biasanya aku meminum vitamin setelah makan ( jika dirasa kurang vit dan kurang makan sayur), walaupun dari nasi dan lauk-pauk yang kita makan sudah ada tapi vitaminnya kurang mencukupi . Vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, yang juga membawa oksigen keseluruh tubuh, sehingga membuat tubuh lebih segar dan bersemangat, jadi gak ada lagi alasan males-malesan atau  rasa tak semangat karena tubuh kurang vit.
Untuk Vitamin kita semua udah paham dan tahu banyak, mulai vitamin A, B,C,D  dan segala efek yang ditimbulkan jika kekurangan  dan  sumber untuk memeperolehnya. Sedangkan untuk mineral kebanyakan kita belum begitu faham, taunya ya cuma air mineral :D, kandungan air mineral itu apa?? kita gak pernah tahu (korban iklan..hehehehe).Nah ternyata perasaan tidak enak pada perasaan (baper :D),stress, depresi itu dipengaruhi kecukupan mineral. Harus banyak makan nih hahahaha, biar gak kambuh lagi, kadang maag emang suka kambuh kalau lagi stress :)

Beberapa waktu lalu teman ada teman yang inbox di FB nanya, kalau aku pernah ga BAB yang warnanya berubah jadi coklat? aku jawab sih gak ada, kalo kaya gitu sih dicurigai ada pendarahan di lambung atau di usus. Dan ada juga teman yang HB nya sempat turun dan mesti tranfusi darah karena ada pendarahan dilambung katanya sempat muntah ada darahnya dan BAB juga ada darah. Tapi untuk pastinya menurutku lebih baik di endoskopi ya, biar jelas apakah ada luka atau ada bakteri didalamnya trus tindakan dan obat yang diberikan juga tepat.

Teman-teman  pernah punya pengalaman sakit maag dan diendoskopi gak ya..??? bagi2 ceritanya ya.., mohon doa juga buat aku biar sehat terus..dan gak mau di endoskopi lagi he2, teman-teman sehat semua juga ya..aamiin..., Ya.. namanya ibu rumah tangga yang juga  menyisihkan waktu untuk kerja diluar emang harus sehat , sehat juga bikin kita happy , keluarga happy, dan semangat buat tetap cantik berapapun usia kita dalam menjajaki hidup.

Tidak ada komentar: