Rabu, 18 Oktober 2017

Luhut Klaim Pembangunan Tol di Era Jokowi Lampaui SBY hingga Soeharto

Ihsanuddin,Kompas.com - 18/10/2017, 10:40 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Juru Bicara Presiden Johan Budi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menterj Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers 3 tahun Jokowi-JK, di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/10/2017).
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Juru Bicara Presiden Johan Budi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menterj Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers 3 tahun Jokowi-JK, di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/10/2017).(KOMPAS.com/IHSANUDDIN)
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla baru berjalan selama 3 tahun.
Namun, pembangunan jalan tol selama pemerintahan Jokowi-JK diklaim sudah jauh melebihi pembangunan tol selama 10 tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.
Angka mengenai perbandingan jalan tol di era Jokowi dan SBY ditampilkan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers 3 tahun Jokowi-JK di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/10/2017).
Dalam presentasi yang ditampilkan, pemerintahan Jokowi-JK diklaim telah membangun 568 kilometer jalan tol selama 3 tahun terakhir.
Sementara, 10 tahun era SBY, hanya 212 kilometer jalan tol yang dibangun.

Luhut memuji Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono atas capaian ini.
"Ini Pak Menteri PU-Pera paten, enggak banyak omong tau-tau sudah jadi," ujar Luhut.
Dalam presentasi yang ditampilkan Luhut, ada juga pembangunan jalan tol di era Megawati Soekarnoputri sepanjang 34 kilometer, Abdurrahman Wahid 5,5 kilometer, dan Bacharudin Jusuf Habibie 7,2 kilometer. Namun, ketiga pemimpin tersebut menjabat tidak genap 5 tahun.
Sementara, pembangunan jalan tol era Soeharto sepanjang 490 kilometer. Meski menjabat selama 32 tahun, namun panjang jalan tol yang dibangun Soeharto masih kalah dari tol yang telah dibangun Jokowi selama 3 tahun.
Sejak diluncurkan Presiden Jokowi 12 Oktober lalu, jalan Tol Ruas Palembang-Indralaya seksi 1 sudah dilintasi pengendara.(Kompas TV)

Tidak ada komentar: