Selasa, 17 Oktober 2017

Pesan Ryaas Rasyid ke Anies Baswedan, Jangan Ulangi Kesalahan Ahok

Estu Suryowati Kompas.com - 17/10/2017, 03:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberikan sambutan usai melakukan serah terima jabatan (sertijab) di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10/2017). Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjabat Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022.
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberikan sambutan usai melakukan serah terima jabatan (sertijab) di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10/2017). Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjabat Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022.(KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Ryaas Rasyid menitipkan pesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar tak mengulangi kesalahan yang sama seperti gubernur-gubernur sebelumnya, khususnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
"Dia (Anies) menang itu bukan dengan kotak kosong. Dia menang atas suatu kepemimpinan yang tidak disukai oleh rakyat. Jangan dia mengulangi kesalahan yang sama," kata Ryaas ditemui usai diskusi "Partisipasi Perempuan dalam Mendukung Agenda Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019", di Jakarta, Senin (16/10/2017).
"Periksa kembali apa hal-hal yang membuat Ahok tidak disukai sehingga tidak dipilih. Nah, itu jangan diulangi," ucap dia.

Saat dikonfirmasi bahwa ada survei yang menyebutkan tingkat kepuasan terhadap Ahok cukup tinggi, Ryaas tidak percaya.
Menurut Ryaas, kalau tingkat kepuasan warga DKI Jakarta memang tinggi, seharusnya hal itu tercermin dalam suara yang diperoleh Ahok.
"Kita jujur saja, ada ketidakpuasan terhadap Ahok. Dan ketidakpuasan itu jangan diulangi oleh penggantinya. Kan sederhana," ucap Ryaas.
Menurut dia, etika politik yang paling parah dari Ahok adalah sikapnya yang kasar. Terlebih lagi, lanjut Ryaas, Ahok pernah sangat tegas menegur seorang perempuan yang dianggapnya mencurangi Kartu Jakarta Pintar (KJP).
"Dia mengusir perempuan dan mengatakan sebagai maling, hanya karena Kartu Jakarta Pintar yang dia perjuangkan untuk anaknya itu. Menurut saya itu berlebihan-lebihan. Apa ruginya kalau jadi orang halus? Apa ruginya kalau berbahasa baik? Tidak rugi kan?," ucap Ryaas.
Menakar Ekonomi Jakarta di Bawah Gubernur Baru(Kompas TV)
PenulisEstu Suryowati
EditorBayu Galih

Tidak ada komentar: