Jumat, 25 November 2011

HAWK EYE TECHNOLOGY

Hawk-Eye (mata elang) adalah sebuah sistem komputer yang kompleks yang digunakan dalam kriket, tenis dan olahraga lainnya
untuk melacak visual lintasan bola dan menampilkan catatan statistik jalannya bola yang paling mungkin sebagai gambar bergerak dalam kriket, tennis, dan olahraga lainnya.
Metode Operasi
Semua sistem Hawk-Eye didasarkan pada prinsip-prinsip triangulasi dengan menggunakan visual dan waktu yang disediakan oleh setidaknya empat kamera video berkecepatan tinggi yang terletak di lokasi yang berbeda di sekitar area bermain. Sistem ini cepat dalam menyimpan data berisi model standar dari area bermain dan mencakup data pada aturan permainan.
Dalam setiap frame yang dikirim dari setiap kamera, sistem mengidentifikasi sesuai dengan gambar bola. Kemudian menghitung untuk setiap frame posisi bola dengan membandingkan posisinya pada setidaknya dua dari kamera secara terpisah dalam waktu yang sama. Ini juga "meramalkan" jalur pergerakan bola dan di mana ia akan berinteraksi dengan area bermain yang diprogram ke dalam database. Sistem ini juga dapat menafsirkan interaksi ini untuk memutuskan pelanggaran aturan permainan.
Sistem ini menghasilkan gambar grafis dari jalur bola dan area bermain, yang berarti bahwa informasi dapat diberikan kepada hakim, pemirsa televisi atau staf pelatih secara real time dekat.
Sistem pelacakan murni dikombinasikan dengan database backend dan kemampuan pengarsipan sehingga dimungkinkan untuk mengekstrak dan menganalisis tren dan statistik tentang individu pemain, permainan, bola-bola untuk perbandingan, dll.
Hawk-Eye Innovations Ltd.
Semua teknologi dan properti intelektual itu menjadi perusahaan terpisah, Hawk-Eye Innovations Ltd, yang berbasis di Winchester, Hampshire. Pada tanggal 14 Juni 2006, sekelompok investor yang dipimpin oleh Kelompok Wisden membeli perusahaan yang termasuk Mark Getty, seorang anggota keluarga kaya Amerika Serikat. Akuisisi ini dimaksudkan untuk memperkuat kehadiran Wisden di kriket, dan memungkinkan untuk memasukkan tenis dan olahraga internasional lainnya dengan Hawk-Eye. Menurut website, Hawk-Eye sistem menghasilkan data yang lebih dari yang ditampilkan di televisi yang dapat dengan mudah ditampilkan di internet.

Penggunaa Hawk-Eye dalam beberapa olahraga

Tennis
Sistem Hawk-Eye dikembangkan sebagai sistem replay, awalnya untuk cakupan Siaran TV. Situs Hawk-Eye Innovations menyatakan bahwa sistem melakukan dengan kesalahan rata-rata 3.6mm. Diameter standar bola tenis 67mm, menyamakan dengan kesalahan 5% relatif terhadap diameter bola. Ini kira-kira setara dengan bulu pada bola.

Asosiasi sepak bola
Hawk-Eye telah diusulkan untuk digunakan dalam Asosiasi sepakbola namun belum untuk memenangkan persetujuan umum dari badan pemerintah utama dari olahraga. Asosiasi Sepakbola, tubuh sepakbola Inggris yang mengatur, telah menyatakan sistem sebagai "siap untuk diperiksa oleh FIFA", setelah tes menunjukkan bahwa hasil dari sebuah insiden garis gawang bisa disampaikan kepada wasit dalam waktu setengah. Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke mengakui Hawk-Eye teknologi garis gawang akan dipertimbangkan jika pengembangan sistem jaminan tingkat keberhasilan 100%.

Tidak ada komentar: