Kamis, 16 Februari 2012

Intip Mazda Masa Depan di Geneva

(14/02/2012) - Mazda memboyong Takeri Concept ke Geneva Motor Show sekaligus menandai penampilan perdananya di Eropa mulai 6 Maret 2012. Mazda sekaligus merilis foto-foto terbaru yang menampilkan sosok utuh dari mid-size sedan ini.
Takeri Concept menjadi basis pengembangan next gen Mazda6, pertamakali diperkenalkan di Tokyo beberapa bulan lalu. Selain Takeri Concept, Mazda juga akan menampilkan crossover Mazda CX-5 -yang akan dipasarkan juga di Indonesia- dan Mazda MX-5 Spring 2012 Special Edition yang disiapkan untuk pasar Eropa saja.
Salah satu teknologi yang diperkenalkan di Takeri Concept adalah i-ELOOP (Intelligent Energy Loop) yang merupakan teknologi regenerative braking system dimana energy yang terbuang karena pengereman, dimanfaatkan kembali. Tujuannya menghemat bahan bakar. Dikombinasikan dengan mesin 2.2 liter Skyactiv diesel dan 6-speed automatic transmission dan start/stop system, Mazda mengklaim Takeri bisa melaju hingga sejauh 1500km dengan satu tangki penuh bahan bakar.
Next-gen Mazda6 akan hadir dalam empat body style yaitu, sedan, hatchback, wagon dan coupe. Tiga yang pertama diperkirakan hadir tahun 2013, sementara Coupe setahun kemudian.
Mazda CX-5 menjadi crossover kedua setelah CX-7 dalam keluarga Mazda. Menggunakan struktur unibody seperti sedan, Mazda berhasil mengembangkan ruang interior yang lapang, pengendaraan dinamis dan semuanya dipaket dalam bobot yang ringan.
Mesin yang dipakai cukup efisien, 2.0 liter empat silinder direct-injection yang memproduksi 155hp dan torsi 203Nm. Dengan peforma seperti itu, Mazda menyebutkan efisiensinya adalah 33mpg atau menjadi pemuncak di kelasnya.
Yang mengesankan dari Mazda CX-5 adalah kelengkapan fitur-fiturnya. Bahkan untuk versi paling standar. Versi Amerika dilengkapi dengan Bluetooth, rearview camera dan banyak lagi. Tentu saja fitur-fitur untuk versi yang lebih mahal lebih lengkap. Namun fitur-fitur itu tersedia sebagai optional di versi yang lebih murah.

Tidak ada komentar: