Jumat, 27 Desember 2013

"TEMATIK INTEGRATIF" TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM



SILABUS MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM

Satuan Pendidikan         : SMK
Kelas/ Semestar            : X/1
Kompetensi Inti
KI 1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

BAGAIMANA MERAMU MENJADI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF?



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
·      Peraturan perundang-undangan K3
·      Tujuan, sarana dan alat K3
·      Teknik pencegahan kecelakaan kerja
·      Simbol tanda bahaya
·      Alat keselamatan kerja
·      Alat pelindung diri (APD)
·      Peraturan perundang-undangan lingkungan hidup
·      Penanganan bahan kimia
·      Konsep, prosedur dan sarana lingkungan hidup
·      Kebersihan dan higienis lingkungan kerja
·      Pengertian, tujuan dan fungsi P3K
·      Jenis-jenis kecelakaan di laboratorium
·      Sarana P3K
Mengamati
Mencari informasi tentang    penerapan teknik K3LH

Menanya
Diskusi kelompok tentang kaitan antara konse, prinsip tujuan dalam teknik penerapan K3LH   

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)    
Mengasosiasi
Memaknai data hasil praktikum teknik K3LH, menyimpulkan dan interpretasi data.

Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)  



  
Tugas
·  Membuat laporan hasil praktikum reaksi penetralan
·  Mempresentasikan hasil parktikum Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·      Lporan hasil praktikum teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
·      Bahan presentasi kelompok

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
  20 JP














1. Anonim, 1999, Selamatkan Lingkungan Hidup oleh Kita untuk Kita, Penasehat Jica untuk Bapedal, Jakarta.
2. Achyadi Budi Cahyono, 2004, Keselamatan Kerja Bahan Kimia Di Industri, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
3. Moedjadi dkk, 1985, Petunjuk Pengelolaan Laboratorium Kimia untuk SMA, Depdikbud.

2.1    Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran  Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
2.2    Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
2.3  Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil pembelajaran dari Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
2.4    Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1  Menerapkan teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
4.1  Melaksanakan teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
1.1      Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Peralatan dasar laboratorium
·      Jenis dan fungsi peralatan gelas,  
·      Jenis dan fungsi peralatan non gelas
·      Jenis dan fungsi alat pembakar
·      Jenis dan fungsi  alat  pendukung dan keramik
·      Jenis dan pungsi peralatan pemanas
·      Cara pembacaan alat skala ukur
·      Teknik penggunaan alat-alat  dasar laboratorium (gelas dan non gelas).
Mengamati
Mencari informasi tentang    Identifikasi peralatan dasar laboratorium   

Menanya
Diskusi  tentang kaitan Identifikasi peralatan dasar laboratorium  dengan teknik penggunaannya. 

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi identifikasi peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  melalui eksperimen   

Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi identifikasi peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  



  
Tugas
·  Membuat laporan Identifikasi jenis alat-alat  gelas dan non gelas
Mempresentasikan Identifikasi peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok


Portofolio
·  Laporan hasil praktikum identifikasi peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  
·  Bahan presentasi kelompok

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
24 JP














1.     Baedowi dan Sri Pranggono, 1984. Petunjuk Praktek Pengawasan Mutu Hasil Pertanian. Direktorat Dikmenjur   Jakarta
2.     Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T. Marcus, 1984. Experimental Chemistry. Mc Graw Hill Book Company, New York
3.     Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniqueand Experiment for Organic Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
4.     Sudarmadji Slamet, dkk, 1997, Prosedur untuk Bahan Makanan Dan Pertanian, Liberty. Yogyakarta

2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari  peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran peralatan dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)  
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  jenis alat-alat  gelas dan non gelas 
3.2   Menerapkan penggunaan peralatan dasar laboratorium


4.2   Melaksanakan penggunaan peralatan dasar laboratorium.  

1.1    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Dasar-dasar sumber daya listrik Jenis dan fungsi alat kelistrikan
·      Teknik kelistrikan
·      Mengenal sumber daya listri
·      Arus searah dan arus bolak-balik
·      Mengenal genset
·      Spesifikasi kabel hubungannya dengan daya yang dibutuhkan
Mengamati
Mencari informasi tentang  penggunaan sumber daya listrik

Menanya
Diskusi kelompok tentang keterkaitan antara dasar-dasar sumber daya listrik dan identifikasi jenis alat-alat kelistrikan dengan penggunaan sumber daya listrik

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi penggunaan sumber daya listrik  

Mengasosiasi

  
Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi penggunaan sumber daya listrik




  
Tugas
·   Membuat laporan hasil penggunaan sumber daya listrik
·   Mempresentasikan hasil penggunaan sumber daya listrik

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·  Bahan presentasi kelompok
·  Laporan hasil praktikum penggunaan sumber daya listrik

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
16 JP















2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar sumber daya listrik
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dasar-dasar sumber daya listrik
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar sumber daya listrik
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  dasar-dasar sumber daya listrik
3.3   Menerapkan  dasar-dasar sumber daya listrik


4.3   Mengoperasikan penggunaan sumber daya listrik


1.1    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
·      Jenis dan fungsi alat pemadam api
·      Pemilihan jenis pemadam api
·      Perawatan alat pemadam api 
·      Jenis-jenis alarm pemadam api
·      Prosedur pengoperasian alat pemadam api
Mengamati
Mencari informasi tentang  prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Menanya
Diskusi tentang keterkaitan antara jenis, fungsi dan prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Mengasosiasi  
Memaknai  data hasil prektikum penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), menimpilkan dan menginterpretasi data.


Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)



  
Tugas
·   Membuat laporan  penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
·   Mempresentasikan hasil praktikum penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·  Bahan presentasi kelompok
·  Laporan hasil praktikum  penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)


Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
16 JP














1.Adi Puguh Satriyo, ST, Sekilas tentang Alat pemadam kebakaran otomatis, Puslitbang Iptekhan Balitbang Dephan
2.Dalil SA, Oja Sutiarno, Keselamatan Kerja Dalam Tata Bengkel, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Departemen P dan K, Jakarta , 1982
3.  Dinas Operasi dan Pemeliharaan-Divisi Penyaluran PT. PLN (Persero), Bahaya Listrik, 1998
4. Drs Priyo Handoko, Pemasangan Instalasi Listrik Dasar, 2000, PT. Kanisius, Yogyakarta

2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari  Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
3.4   Menerapkan prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)


4.4   Mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)



SILABUS MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM

Satuan Pendidikan         : SMK
Kelas/ Semestar            : X/2
Kompetensi Inti             :
KI 1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Teknik penimbangan dengan neraca analitis
·      Jenis dan fungsi alat timbangan
·      Karakteristik jenis timbangan
·      Teknik  penggunaan alat timbangan

Mengamati
Mencari informasi tentang  teknik penimbangan dengan neraca analitis

Menanya
Diskusi kelompok tentang keterkaitan antara jenis, fungsi dan tujuan dari teknik penimbangan dengan neraca analitis

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi pengoperasian alat timbangan  dengan neraca analitis  

Mengasosiasi  
Memaknai  data hasil prektikum pengoperasian alat timbangan neraca analitis, menympulkan dan menginterpretasi data

Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi pengoperasian alat timbangan  dengan neraca analitis

  
Tugas
·   Membuat laporan pengoperasian alat timbangan  dengan neraca analitis
·   Mempresentasikan hasil pengoperasian alat timbangan  dengan neraca analitis

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·  Bahan presentasi kelompok
·  Laporan hasil praktikum pengoperasian alat timbangan  dengan neraca analitis

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
16 JP














1.     Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T. Marcus, 1984. Experimental Chemistry. Mc Graw-Hill Book Company, New York
2.     Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
3.     Slamet Sudarmaji. 1985. Prosedur Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Fakultas Tekonologi Hasil Pertanian Gadjah Mada

2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran teknik penimbangan dengan neraca analitis
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari teknik penimbangan dengan neraca analitis
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran teknik penimbangan dengan neraca analitis
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  teknik penimbangan dengan neraca analitis
3.5   Menerapkan  teknik penimbangan dengan neraca analitis



4.5   Mengoperasikan alat timbangan dengan neraca analitis


1.1    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Penanganan limbah B3 dan Non B3
·      Konsep dan prinsip penanganan limbah B3 dan Non B3
·      Tujuan penanganan limbah B3 dan Non B3
·      Karakteristik limbah B3 dan non B3
·      Persyaratan penanganan limbah B3 dan non B3
·      Metode penanganan limbah B3 dan Non B3
·      Langkah-langkah penanganan limbah B3 dan Non B3

Mengamati
Mencari informasi tentang  penanganan limbah B3 dan Non B3

Menanya
Diskusi  tentang keterkaitan penanganan limbah B3 dan Non B3

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi penanganan limbah B3 dan Non B3


Mengasosiasi
Mamaknai data hasil prektikum penanganan limbah B3 dan non B3, menyimpulkan dan interpretasi data hasil praktikum.

Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi penanganan limbah B3 dan Non B3


  
Tugas
·       Membuat laporan penanganan limbah B3 dan Non B3
·       Mempresentasikan hasil penanganan limbah B3 dan Non B3

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·  Bahan presentasi kelompok
·  Laporan hasil praktikum penanganan limbah B3 dan non B3

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
24 JP














1.     Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T. Marcus, 1984. Experimental Chemistry. Mc Graw-Hill Book Company, New York
2.     Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
3.     Slamet Sudarmaji. 1985. Prosedur Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Fakultas Tekonologi Hasil Pertanian Gadjah Mada
2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran penanganan limbah B3 dan Non B3
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari penanganan limbah B3 dan Non B3
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran penanganan limbah B3 dan Non B3
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  penanganan limbah B3 dan Non B3
3.6   Menerapkan penanganan limbah B3 dan Non B3
4.6   Melaksanakan   penanganan limbah B3 dan Non B3
1.2    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Analisis titrimetri sederhana Jenis dan fungsi alat timbangan
·      Konsep dan prinsip titrimetri sederhana
·      Langkah-langkah analisis titrimetri sederhana

Mengamati
Mencari informasi tentang  analisis titrimetri sederhana

Menanya
Diskusi kelompok tentang keterkaitan analisis titrimetri sederhana

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi analisis titrimetri sederhana

Mengasosiasi
Memaknai data, menyimpulkan dan menginterpretasi data hasil praktikum analisis titrimetri sederhana.
 

Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi analisis titrimetri sederhana


  
Tugas
·   Membuat laporan analisis titrimetri sederhana
·   Mempresentasikan hasil analisis titrimetri sederhana

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·  Bahan presentasi kelompok
·  Laporan hasil praktikum analisis titrimetri sederhana

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
12 JP














4.     Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T. Marcus, 1984. Experimental Chemistry. Mc Graw-Hill Book Company, New York
5.     Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
6.     Slamet Sudarmaji. 1985. Prosedur Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Fakultas Tekonologi Hasil Pertanian Gadjah Mada
2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran analisis titrimetri sederhana
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari analisis titrimetri sederhana
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran analisis titrimetri sederhana
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  analisis titrimetri sederhana
3.7   Menerapkan konsep dan prinsip analisis titrimetri sederhana
4.7   Melaksanakan analisis titrimetri sederhana


1.1    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran  tenik dasar pekerjaan laboratorium  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Analisis gravimetri sederhana  
·      Konsep dan prinsip gravimetri sederhana
·      Faktor-faktor yang berpengaruh pada analisis gravimetri
·      Jenis-jenis analisis gravimetri
·      Langkah-langkah analisis gravimetri sederhana

Mengamati
Mencari informasi tentang  analisis gravimetri sederhana

Menanya
Diskusi kelompok tentang keterkaitan analisis gravimetri sederhana

Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi analisis gravimetri sederhana melalui eksperimen  

Mengasosiasi
Memaknai data hasil praktikum, menyimpulkan dan menginterpretasi data.

Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi analisis gravimetri sederhana


  
Tugas
·   Membuat laporan analisis gravimetri sederhana
·   Mempresentasikan hasil analisis gravimetri sederhana

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

Portofolio
·  Bahan presentasi kelompok
·  Laporan hasil praktikum analisis gravimetri sederhana

Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
12 JP














1.     Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T. Marcus, 1984. Experimental Chemistry. Mc Graw-Hill Book Company, New York
2.     Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California


2.1   Menghayati sikap teliti, cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran analisis gravimetri sederhana
2.2   Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari analisis gravimetri sederhana
2.3   Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia  sebagai hasil dari pembelajaran analisis gravimetri sederhana
2.4   Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran  analisis gravimetri sederhana
3.8   Menerapkan konsep dan prinsip analisis gravimetri sederhana
4.8   Melaksanakan analisis gravimetri sederhana




Tidak ada komentar: