SILABUS MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas/
Semestar : X/1
Kompetensi
Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
BAGAIMANA MERAMU MENJADI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF?
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran tenik dasar pekerjaan laboratorium sebagai amanat untuk kemaslahatan umat
manusia
|
Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
(K3LH)
·
Peraturan perundang-undangan K3
·
Tujuan, sarana dan alat K3
·
Teknik pencegahan kecelakaan kerja
·
Simbol tanda bahaya
·
Alat keselamatan kerja
· Alat pelindung diri (APD)
·
Peraturan perundang-undangan lingkungan hidup
·
Penanganan bahan kimia
· Konsep, prosedur dan sarana lingkungan hidup
· Kebersihan dan higienis lingkungan kerja
·
Pengertian, tujuan dan fungsi P3K
·
Jenis-jenis kecelakaan di laboratorium
· Sarana P3K
|
Mengamati
Mencari
informasi tentang
penerapan teknik K3LH
Menanya
Diskusi
kelompok tentang kaitan antara konse, prinsip tujuan dalam teknik
penerapan K3LH
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
Mengasosiasi
Memaknai data hasil praktikum teknik K3LH, menyimpulkan dan interpretasi
data.
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
(K3LH)
|
Tugas
· Membuat
laporan hasil praktikum reaksi penetralan
· Mempresentasikan
hasil parktikum
Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
(K3LH)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Lporan
hasil praktikum teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
(K3LH)
· Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
20 JP
|
1. Anonim,
1999, Selamatkan Lingkungan Hidup oleh
Kita untuk Kita, Penasehat Jica untuk Bapedal, Jakarta.
2. Achyadi
Budi Cahyono, 2004, Keselamatan Kerja Bahan Kimia
Di Industri, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
3. Moedjadi
dkk, 1985, Petunjuk Pengelolaan
Laboratorium Kimia untuk SMA, Depdikbud.
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|||||
2.2
Menghayati sikap jujur dan
tanggung jawab sebagai hasil pembelajaran dari Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|||||
2.3
Menghayati pentingnya kepedulian
terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil pembelajaran dari Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
(K3LH)
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan
tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|||||
3.1
Menerapkan teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|||||
4.1 Melaksanakan teknik Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
(K3LH)
|
|||||
1.1
Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran tenik dasar pekerjaan laboratorium sebagai amanat untuk kemaslahatan umat
manusia
|
Peralatan dasar laboratorium
· Jenis dan fungsi peralatan gelas,
· Jenis dan fungsi peralatan non gelas
· Jenis dan fungsi alat
pembakar
· Jenis dan fungsi alat pendukung dan keramik
· Jenis dan pungsi peralatan pemanas
· Cara pembacaan alat skala ukur
· Teknik penggunaan alat-alat dasar laboratorium (gelas dan non gelas).
|
Mengamati
Mencari informasi tentang Identifikasi peralatan
dasar laboratorium
Menanya
Diskusi tentang kaitan Identifikasi peralatan dasar laboratorium dengan teknik penggunaannya.
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi
identifikasi peralatan dasar laboratorium (
alat-alat gelas dan non gelas)
melalui eksperimen
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi identifikasi peralatan dasar laboratorium ( alat-alat
gelas dan non gelas)
|
Tugas
·
Membuat laporan Identifikasi jenis
alat-alat gelas dan non gelas
Mempresentasikan Identifikasi peralatan
dasar laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Laporan
hasil praktikum identifikasi peralatan dasar laboratorium ( alat-alat
gelas dan non gelas)
· Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
24
JP
|
1.
Baedowi dan Sri Pranggono, 1984. Petunjuk Praktek Pengawasan Mutu Hasil
Pertanian. Direktorat Dikmenjur Jakarta
2. Michell J. Sienko, Robert.
A. Plane, Stanley. T.
Marcus, 1984. Experimental Chemistry.
Mc Graw Hill Book Company, New York
3. Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniqueand Experiment for Organic
Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
4. Sudarmadji Slamet, dkk, 1997, Prosedur untuk Bahan Makanan Dan
Pertanian, Liberty. Yogyakarta
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran peralatan dasar
laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dari peralatan dasar
laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran peralatan dasar
laboratorium ( alat-alat gelas dan non gelas)
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran jenis alat-alat gelas dan non gelas
|
|||||
3.2 Menerapkan penggunaan peralatan dasar
laboratorium
|
|||||
4.2 Melaksanakan penggunaan peralatan dasar laboratorium.
|
|||||
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran
tenik dasar pekerjaan laboratorium
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Dasar-dasar sumber daya listrik Jenis dan
fungsi alat kelistrikan
· Teknik kelistrikan
· Mengenal sumber daya listri
· Arus searah dan arus bolak-balik
· Mengenal genset
· Spesifikasi kabel hubungannya dengan daya
yang dibutuhkan
|
Mengamati
Mencari informasi tentang penggunaan
sumber daya listrik
Menanya
Diskusi
kelompok tentang keterkaitan antara dasar-dasar sumber daya listrik dan identifikasi jenis alat-alat kelistrikan dengan penggunaan sumber daya listrik
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi penggunaan
sumber daya listrik
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi penggunaan
sumber daya listrik
|
Tugas
· Membuat
laporan hasil penggunaan sumber daya listrik
· Mempresentasikan
hasil penggunaan sumber daya listrik
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi
kelompok
· Laporan
hasil praktikum penggunaan
sumber daya listrik
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar sumber daya listrik
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dasar-dasar
sumber daya listrik
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar
sumber daya listrik
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran dasar-dasar sumber daya listrik
|
|||||
3.3 Menerapkan dasar-dasar
sumber daya listrik
|
|||||
4.3 Mengoperasikan
penggunaan sumber daya listrik
|
|||||
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran
tenik dasar pekerjaan laboratorium
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
· Jenis dan fungsi alat pemadam api
· Pemilihan jenis pemadam api
· Perawatan alat pemadam api
· Jenis-jenis alarm pemadam api
· Prosedur pengoperasian alat pemadam api
|
Mengamati
Mencari
informasi tentang
prosedur
penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Menanya
Diskusi tentang keterkaitan
antara jenis, fungsi dan prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Mengasosiasi
Memaknai data hasil prektikum penggunaan alat
pemadam api ringan (APAR), menimpilkan dan menginterpretasi data.
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
|
Tugas
· Membuat
laporan penggunaan Alat
Pemadam Api Ringan (APAR)
· Mempresentasikan
hasil praktikum penggunaan Alat Pemadam
Api Ringan (APAR)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi
kelompok
· Laporan
hasil praktikum penggunaan Alat
Pemadam Api Ringan (APAR)
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
1.Adi Puguh Satriyo, ST, Sekilas
tentang Alat pemadam kebakaran otomatis, Puslitbang Iptekhan Balitbang Dephan
2.Dalil SA, Oja Sutiarno,
Keselamatan Kerja Dalam Tata Bengkel, Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan, Departemen P dan K, Jakarta , 1982
3. Dinas Operasi dan Pemeliharaan-Divisi
Penyaluran PT. PLN (Persero), Bahaya
Listrik, 1998
4. Drs Priyo Handoko,
Pemasangan Instalasi Listrik Dasar, 2000, PT. Kanisius,
Yogyakarta
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran Alat Pemadam Api Ringan
(APAR)
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dari Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran Alat Pemadam Api Ringan
(APAR)
|
|||||
3.4 Menerapkan prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
|
|||||
4.4 Mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
|
SILABUS MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas/
Semestar : X/2
Kompetensi
Inti :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran
tenik dasar pekerjaan laboratorium
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Teknik penimbangan dengan neraca analitis
· Jenis dan fungsi alat timbangan
· Karakteristik jenis timbangan
· Teknik penggunaan alat timbangan
|
Mengamati
Mencari informasi tentang teknik penimbangan dengan neraca analitis
Menanya
Diskusi kelompok tentang keterkaitan
antara jenis, fungsi dan tujuan dari teknik penimbangan dengan neraca analitis
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi pengoperasian alat
timbangan dengan neraca analitis
Mengasosiasi
Memaknai data hasil prektikum pengoperasian alat
timbangan neraca analitis, menympulkan dan menginterpretasi data
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi pengoperasian alat
timbangan dengan neraca analitis
|
Tugas
· Membuat
laporan pengoperasian alat
timbangan dengan neraca analitis
· Mempresentasikan
hasil pengoperasian alat timbangan dengan neraca analitis
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi
kelompok
· Laporan
hasil praktikum pengoperasian alat timbangan dengan neraca analitis
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
1.
Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T.
Marcus, 1984. Experimental Chemistry.
Mc Graw-Hill Book Company, New York
2.
Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic
Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
3.
Slamet Sudarmaji. 1985. Prosedur Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Fakultas Tekonologi
Hasil Pertanian Gadjah Mada
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran teknik penimbangan
dengan neraca analitis
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dari teknik penimbangan dengan neraca analitis
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran teknik penimbangan dengan neraca analitis
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran teknik
penimbangan dengan neraca analitis
|
|||||
3.5 Menerapkan teknik
penimbangan dengan neraca analitis
|
|||||
4.5 Mengoperasikan alat timbangan dengan neraca
analitis
|
|||||
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran
tenik dasar pekerjaan laboratorium
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Penanganan limbah B3 dan Non B3
· Konsep dan prinsip penanganan limbah B3 dan Non B3
· Tujuan penanganan limbah B3 dan Non B3
· Karakteristik limbah B3 dan non B3
· Persyaratan penanganan limbah B3 dan non B3
· Metode penanganan limbah B3 dan
Non B3
· Langkah-langkah penanganan limbah B3 dan Non B3
|
Mengamati
Mencari informasi tentang penanganan limbah B3 dan
Non B3
Menanya
Diskusi
tentang keterkaitan penanganan limbah B3 dan Non B3
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi penanganan limbah B3 dan
Non B3
Mengasosiasi
Mamaknai
data hasil prektikum penanganan limbah B3 dan non B3, menyimpulkan dan
interpretasi data hasil praktikum.
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi penanganan limbah B3 dan
Non B3
|
Tugas
· Membuat
laporan penanganan limbah B3 dan
Non B3
· Mempresentasikan
hasil penanganan limbah B3 dan Non B3
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi
kelompok
· Laporan
hasil praktikum penanganan limbah B3 dan
non B3
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
24 JP
|
1.
Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T.
Marcus, 1984. Experimental Chemistry.
Mc Graw-Hill Book Company, New York
2.
Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic
Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
3.
Slamet Sudarmaji. 1985. Prosedur Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Fakultas Tekonologi
Hasil Pertanian Gadjah Mada
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran penanganan limbah B3 dan
Non B3
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dari penanganan limbah B3 dan Non B3
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran penanganan limbah B3 dan Non B3
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran penanganan limbah B3 dan
Non B3
|
|||||
3.6 Menerapkan penanganan limbah B3 dan Non B3
|
|||||
4.6 Melaksanakan penanganan
limbah B3 dan Non B3
|
|||||
1.2 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran
tenik dasar pekerjaan laboratorium
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Analisis titrimetri sederhana Jenis dan fungsi alat timbangan
· Konsep dan prinsip titrimetri sederhana
· Langkah-langkah
analisis titrimetri sederhana
|
Mengamati
Mencari informasi tentang analisis titrimetri
sederhana
Menanya
Diskusi
kelompok tentang keterkaitan analisis titrimetri
sederhana
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi analisis titrimetri
sederhana
Mengasosiasi
Memaknai data, menyimpulkan dan menginterpretasi data
hasil praktikum analisis titrimetri sederhana.
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi analisis titrimetri
sederhana
|
Tugas
· Membuat
laporan analisis titrimetri
sederhana
· Mempresentasikan
hasil analisis titrimetri sederhana
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi
kelompok
· Laporan
hasil praktikum analisis titrimetri
sederhana
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
4.
Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T.
Marcus, 1984. Experimental Chemistry.
Mc Graw-Hill Book Company, New York
5.
Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic
Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
6.
Slamet Sudarmaji. 1985. Prosedur Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Fakultas Tekonologi
Hasil Pertanian Gadjah Mada
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran analisis titrimetri
sederhana
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dari analisis titrimetri sederhana
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran analisis titrimetri sederhana
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran analisis titrimetri
sederhana
|
|||||
3.7 Menerapkan konsep dan prinsip analisis
titrimetri sederhana
|
|||||
4.7 Melaksanakan analisis titrimetri sederhana
|
|||||
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran
tenik dasar pekerjaan laboratorium
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Analisis gravimetri sederhana
· Konsep dan prinsip gravimetri sederhana
· Faktor-faktor yang berpengaruh pada analisis gravimetri
· Jenis-jenis analisis gravimetri
· Langkah-langkah
analisis gravimetri sederhana
|
Mengamati
Mencari informasi tentang analisis gravimetri
sederhana
Menanya
Diskusi
kelompok tentang keterkaitan analisis gravimetri sederhana
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi analisis gravimetri sederhana melalui eksperimen
Mengasosiasi
Memaknai
data hasil praktikum, menyimpulkan dan menginterpretasi data.
Mengkomunikasikan
Presentasi
kelompok hasil ekplorasi analisis gravimetri sederhana
|
Tugas
· Membuat
laporan analisis gravimetri
sederhana
· Mempresentasikan
hasil analisis gravimetri sederhana
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi
kelompok
· Laporan
hasil praktikum analisis gravimetri sederhana
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
1.
Michell J. Sienko, Robert. A. Plane, Stanley. T.
Marcus, 1984. Experimental Chemistry.
Mc Graw-Hill Book Company, New York
2.
Raplh J. Fessenden dan Joan S. Fessenden, 1983. Techniques and Experiment for Organic
Chemistry. Cole Publishing Company. Montery California
|
2.1 Menghayati sikap teliti,
cermat dan disiplin sebagai hasil dari pembelajaran analisis gravimetri
sederhana
|
|||||
2.2 Menghayati sikap jujur dan tanggung jawab sebagai hasil
pembelajaran dari analisis gravimetri sederhana
|
|||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan laboratorium kimia sebagai hasil dari pembelajaran analisis gravimetri sederhana
|
|||||
2.4
Menghayati sikap teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran analisis gravimetri
sederhana
|
|||||
3.8 Menerapkan konsep dan prinsip analisis
gravimetri sederhana
|
|||||
4.8 Melaksanakan analisis gravimetri sederhana
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar