Selasa, 15 April 2014

Cerita Tentang Prabowo dan Tim 'Paspampres'-nya

Senin, 14/04/2014 18:43 WIB

Elza Astari Retaduari - detikNews
(Foto: detikcom)
Jakarta - Jika diperhatikan, capres dan pendiri Partai Gerindra Prabowo Subianto selalu ditemani beberapa orang ke mana pun ia pergi. Selain ajudan, ada pengawal yang selalu menggunakan seragam safari cokelat-cokelat. Mereka adalah anggota tim khusus (Timsus) yang selalu mengawal Prabowo.

Menurut salah seorang pria yang tahu soal isi rumah Prabowo di Desa Bojong Koneng, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Timsus bisa dikatakan seperti Paspampres-nya Prabowo.

"Timsus nggak sembarangan, dipilih sendiri (oleh Prabowo), seleksinya ketat," ujar seorang pria yang tak mau menyebutkan namanya saat ditemui detikcom, Senin (14/4/2014).

Timsus ini dilatih khusus seperti militer. Timsus ini dikenal juga dengan nama Tim 18 karena berjumlah 18 orang. Dalam pantauan detikcom yang sejak 10 April 2014 lalu menyambangi rumah Prabowo di Bojong Koneng, memang terlihat pengawal berbaju safari cokelat yang menemani Prabowo. Sudah 2 kali detikcom melihat Prabowo pergi dari rumah dengan helikopternya, dan ia selalu ditemani sejumlah orang yang dikatakan Timsus atau Tim 18 itu.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan detikcom, ke mana pun mantan Danjen Kopassus ini pergi, harus ada ajudan dan minimal satu anggota timsus yang menemani. Terkadang juga ada anggota Timsus lainnya yang sudah berjaga atau menunggu di lokasi-lokasi yang dituju Prabowo.

Anggota Timsus ini bukan sembarang pengawal, mereka harus melalui seleksi dan pelatihan seperti halnya dalam instansi militer. "Dapat pelatihan militer. Terus harus yang fisiknya bagus, posturnya bagus," jelasnya.

Di dapat dari mana anggota Timsus ini? Apakah dari anggota TNI? "Nggak, bukan dari TNI. Cuma dididik secara militer. Bapak yang pilih sendiri, ada yang diambil dari anak drumband, soalnya mereka anak drumband kan dilatih semi-militer. Di sini emang semi-militer sih didikannya," tutur pria lainnya.

Di rumahnya di Bojong Koneng, sejumlah anggota Timsus diwajibkan siaga, sehingga sewaktu-waktu Prabowo membutuhkan atau akan pergi, selalu ada Timsus yang dapat menemaninya. Tim 18 ini bekerja dengan sistem shift, namun saat pemilu 9 April 2014 lalu, seluruh anggota Timsus bersiaga. "Waktu pemilu lalu semua Timsus berjaga, masuk semuanya, nggak ada yang libur," jelas sumber detikcom.

Tidak ada komentar: