Jumat, 19 Februari 2016

Turnamen Piala Bhayangkara 17 Maret – 3 April 2016


Piala Bhayangkara Merupakan Ajang Para Juara

Turnamen demi turnamen akan terus bergulir dalam mengisi kekosongan kompetisi sepak bola di Indonesia. Dalam waktu dekat, akan bergulir Piala Bhayangkara yang digelar Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-70.
Turnamen yang akan dilangsungkan pada 17 Maret – 3 April 2016 nanti, akan diikuti oleh 10 klub top Tanah Air. Persib Bandung (juara Piala Presiden) dan Mitra Kukar (juara Piala Jenderal Sudirman), akan mendapatkan tantangan dari klub top lainnya, seperti Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema Cronus, Bali United, PS TNI, PS Polri, dan satu tim yang menjuarai Piala Gubernur Kaltim nantinya.
Namun ternyata, pemilihan klub peserta Piala Bhayangkara tersebut telah melewati sebuah seleksi khusus. Hal itu sengaja diberlakukan, bertujuan agar Piala Bhayangkara ini bisa menjadi sebuah turnamen kelas premier.
Joko Driyono selaku CEO PT Gelora Trisula Semesta (pengganti dari PT Liga Indonesia) yang akan menjadi operator turnamen, menyatakan bahwa seluruh klub peserta adalah pilihan dari penyelenggara. Salah satu syaratnya adalah klub-klub tersebut pernah menjadi juara Indonesia Super League.
"Karena bertujuan jadi event premier, jadi turunannya adalah, empat juara ISL, juara Piala Presiden dan JSC. Kemudia dua wild card PS TNI dan PS Polri," ujar Joko Driyono.
Seperti yang diketahui, empat klub yang pernah menjuarai ISL adalah Persib Bandung, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, dan Arema Cronus. Namun karena Persib juga berstatus sebagai juara Piala Presiden, maka masih tersisa tiga tempat lagi untuk para peserta.
"Tiga tempat tersisa, kami pilih Bali United karena menjadi salah satu tuan rumah. Kemudian dua lagi mempertimbangkan aspek komersial, kami pilih Persija Jakarta. Tempat terakhir kami akan liat dari performance, adalah klub yang terbaik di Piala Gubernur Kaltim. Kalau yang menjadi juara itu yang sudah terdaftar, terus dicari urutannya ke bawah," jelas pria yang akrab disapa Jokdri itu, seperti dilansir Msports.

Piala Bhayangkara Jadi Pre-season ISC 2016

Kepolisian Republik Indonesia telah menyiapkan turnamen Piala Bhayangkara yang akan digelar pada 17 Maret – 3 April 2016 mendatang. Ajang ini sengaja digelar oleh Polri sebagai bentuk perayaan Hari Bhayangkara ke-70.
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyatakan, alasan lain digelarnya Piala Bhayangkara ini sebagai wujud sumbangsih Polri dalam membina generasi penerus bangsa melalui sepak bola. Kapolri juga mengakui, bahwa dirinya terinspirasi dengan dua turnamen sebelumnya, yaitu Piala Presiden dan Piala Jenderal Sudirman.
“Ini juga merupakan sumbangsih dari Polri untuk Indonesia melalui pembinaan generasi muda lewat sepak bola,” ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.
Selain itu, Kapolri juga mengungkapkan Piala Bhayangkara ini memiliki keunggulan dibandingkan turnamen-turnamen sebelumnya. Di mana menurutnya, Piala Bhayangkara adalah kejuaraan yang spesial karena pesertanya adalah kebanyakan para juara.
"Kelebihan Piala Bhayangkara 2016 dibanding yang lain adalah karena klub-klub pesertanya adalah para juara. Hal ini berarti gelaran Piala Bhayangkara 2016 adalah premium event," sambung Kapolri.
Alasan tersebut memang benar adanya, lantaran 10 klub yang tampil merupakan para juara kompetisi Tanah Air. Persib Bandung (juara Piala Presiden) dan Mitra Kukar (juara Piala Jenderal Sudirman), akan mendapatkan tantangan dari klub top lainnya, seperti Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema Cronus, Bali United, PS TNI, PS Polri, dan satu tim yang menjuarai Piala Gubernur Kaltim nantinya.
Tak hanya demikian, Piala Bhayangkara juga merupakan pre-season sebelum digelarnya Indonesia Super Competition 2016. Dengan demikian, maka Kapolri dengan tegas menyatakan siap mendukung gelaran ISC 2016 usai Piala Bhayangkara nanti.
“ISC akan digulirkan begitu Piala Bhayangkara 2016 berakhir. Tentu jika itu untuk pembinaan atlet, pasti kita dukung," pungkas Badrodin Haiti, sperti dilansir Msports.
Sebelumnya, ISC 2016 yang awalnya akan diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia (yang kini berganti menjadi PT Gelora Trisula Semesta) sulit mendapatkan izin perihal keamanan dari pihak kepolisian. Hal ini juga erat kaitannya dengan masalah sanksi yang dijatuhkan FIFA, serta pembekuan Kemenpora terhadap PSSI.
- See more at: http://ongisnade.co.id/2016/02/18/piala-bhayangkara-jadi-pre-season-isc-2016#sthash.4O2y4Big.dpuf

Tidak ada komentar: