Minggu, 11 Juni 2017

10 Khasiat Daun Mint dan Bahayanya untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk peppermint atau spearmintHasil gambar untuk chocolate mintchocolate mint
Hampir dari kita pasti pernah mencoba atau pun memakan makanan dengan mint entah itu daun mint segar, makanan berperasa mint atau mint dalam bentuk lainnya. Daun mint bisa hampir dipastikan dapat ditemui diseluruh dunia. Kegunaan daun mint sebagai herbal juga sudah dipraktekkan sudah sejak lama. Khasiat daun tidak hanya satu atau dua macam, tetapi banyak. Berikut ini jenis daun mint :
Mint seperti sudah dijelaskan di atas, mengandung berbagai macam kebutuhan nutrisi yang dapat sangat bermanfaat baik bagi kesehatan maupun untuk memasak. Tetapi harus diingat, jangan mengkonsumsi peppermint atau pun spearmint dalam jumlah yang berlebihan dan jangan pula terlalu sering. Dan jika anda mengkonsumsi mint dalam jumlah yang tepat, maka manfaat yang dapat anda rasakan adalah sebagai berikut:
1. Mencegah Serangan Penyakit dan Masuknya Radikal Bebas
Mint memiliki khasiat untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Mengkonsumsi mint juga dapat menangkal masuknya radikal bebas sehingga, tubuh tetap terjaga kesehatannya. Ini dikarenakan mint merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal berbagai serangan penyakit tersebut. Di dalam mint jenis peppermint saja mengandung 13,978 µmol TE/100 gram antioksidan.
2. Menurunkan Kolesterol Jahat di dalam Darah
Daun mint tidak mengandung kolesterol sedikit pun. Tetapi kandungan vitamin, minyak esensial serta serat sangat berguna makanan untuk menurunkan kolesterol di dalam darah. Kandungan tersebut juga dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah serta menormalkan tekanan darah di dalam tubuh.
3. Membantu Menghilangkan Rasa Sakit
Di dalam daun mint, terdapat minyak esensial serta menthol yang dapat berfungsi sebagai analgesik. Analgesik ini artinya, di dalam daun mint terkandung zat yang bisa meredakan rasa sakit. (Baca juga : jenis obat analgesik)
4. Menyembuhkan Iritasi Lambung dan Usus
Banyak penelitian yang menunjukan jika berbagai kandungan di dalam mint bisa berfungsi untuk menenangkan dinding-dinding usus dan lambung. Kandungan-kandungan dengan fungsi tersebut dikenal dengan istilah agen anti-spasmodik. Selain itu, daun mint segar juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

5. Menyegarkan Nafas dari Bau Mulut
Ingin nafas segar secara alami? Nah, daun mint bisa berguna untuk menyegarkan nafas dan melancarkan sistem pernafasan karena di dalam daun mint terkandung unsur-unsur seperti menthol, menthone, dan menthol acetate. Anda bisa mendapatkan khasiat daun mint yang satu ini, dengan cara mengunyah daun mint langsung tanpa diolah terlebih dahulu, atau bisa juga ditambahkan di dalam minuman.
6. Mengontrol Detak Jantung dan Tekanan Darah
Baik di dalam spearmint maupun peppermint mengandung banyak mineral seperti potassium dan zat besi. Kedua jenis mineral ini dapat berguna dalam pembentukan sel-sel darah merah, mengontrol detak jantung serta menstabilkan tekanan darah.
7. Menghilangkan Stress dan Kelelahan
Jika anda merasa lelah dan stress dengan rutinitas anda, mengkonsumsi mint bisa membantu menenangkan pikiran dan juga meredakan stress. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan menthol serta minyak-minyak esensial yang ada di dalam mint seperti a-pinene, carvone, ß-pinene, cineole, limonene, linalool, myrcene dan caryophyllene.
8. Meredakan Gatal Pada Kulit
Daun mint baik itu peppermint atau spearmint bisa berguna untuk meredakan bentol atau gatal-gatal pada kulit. Daun minta juga bisa membantu meredakan gatal yang diakibatkan oleh berbagai macam penyakit kulit tertentu seperti dermatitis dan juga pruritus.
9. Menyembuhkan Sakit Kepala
Daun mint sudah diketahui khasiatnya sebagai obat herbal yang ampuh. Rebusan daun mint bisa digunakan untuk obat sakit kepala, mengobati gejala asma, meredakan flu serta mengobati bronchitis.

Tidak ada komentar: