Rabu, 13 Desember 2017

Prabowo Tunjuk 2 'X-Men' Jokowi di Panggung Pilgub

Selasa 12 Desember 2017, 14:15 WIB
Andhika Prasetia - detikNews
Jakarta - Ada fenomena menarik di Pilkada Serentak 2017 dan 2018. Fenomena ini adalah manuver Ketum Gerindra Prabowo Subianto menunjuk mantan menteri atau 'X-Men' Presiden Jokowi untuk mengincar kursi kepala daerah.

Di Pilgub DKI 2017, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan diusung Prabowo menjadi cagub DKI. Pengusungan Anies terbilang menarik lantaran ia sebelumnya merupakan anggota timses Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.
Didukung koalisi Gerindra dan PKS, Anies, yang berduet dengan Sandiaga Uno, sukses menang besar di Pilgub DKI dengan raihan real count KPU 57,95 persen. Hasil yang cukup mengejutkan lantaran mereka bisa membuat jarak cukup jauh dengan pasangan incumbent Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, yang hanya mendapatkan 2.351.141 suara atau 42,05 persen.

Prabowo jadi 'king maker' kemenangan Anies-Sandi di Pilgub DKI.Prabowo menjadi 'king maker' kemenangan Anies-Sandi di Pilgub DKI. (Lamhot Aritonang/detikcom)

Manuver Prabowo kini menyasar ke Pilgub Jateng. Di 'kandang banteng', Gerindra mengusung eks Menteri ESDM Sudirman Said.Pengumuman ini akan disampaikan langsung oleh Prabowo pada Rabu (13/12) di kediamannya, Jl Kertanegara, Jaksel. Padahal sebelumnya, Gerindra memberi kesempatan kepada wakil ketua umumnya, Ferry Juliantono, untuk berebut kursi bakal cagub Jateng dengan Sudirman Said. Namun akhirnya pilihan dijatuhkan kepada Sudirman.
"He-he-he... dapet aja, dapet info aja," kata Wasekjen Gerindra Andre Rosiade saat ditanya apakah Sudirman Said yang diusung jadi bakal cagub Jateng.

Sudirman Said, eks menteri Jokowi yang diusung Prabowo di Pilgub Jateng.Sudirman Said, eks menteri Jokowi yang diusung Prabowo di Pilgub Jateng. (Fida/detikcom)

Lalu, apakah geliat Sudirman sukses menyusul pendahulunya, yakni Anies Baswedan, yang sudah sukses lebih dulu di Pilgub DKI?
(dkp/van)

Tidak ada komentar: