Jumat, 02 Maret 2018

Anies Baswedan Dominasi Survei untuk Cawapres Prabowo

Reporter:Vindry Florentin
Editor:Endri Kurniawati
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berfoto selfie saat menghadiri Festival Danau Sunter, di Jakarta Utara, 25 Februari 2018. TEMPO/Maria Fransisca
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berfoto selfie saat menghadiri Festival Danau Sunter, di Jakarta Utara, 25 Februari 2018. TEMPO/Maria Fransisca
TEMPO.CO, Jakarta - Nama Anies Baswedan mendominasi sebagai calon wakil presiden pendamping calon presiden usungan Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dalam pemilihan umum 2019 di tiga survei. Dalam survei Alvara, Gubernur DKI Jakarta itu dinyatakan sebagai tokoh yang paling diinginkan masyarakat untuk mendampingi Prabowo, dipilih oleh 60 persen dari 2.203 responden.
Anies mengalahkan nama lain, seperti Muhaimin Iskandar yang dipilih 59,4 persen responden survei. Sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono diinginkan 56,3 persen responden.

Survei Alvara dilaksanakan pada 17 Januari-7 Februari 2018 di semua provinsi di Indonesia. Survei dilakukan secara kuantitatif melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Sampel diambil dengan metode acak berjenjang (multistage random sampling) dengan margin of error 2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
Anies juga unggul dalam survei Indo Barometer pada 23-30 Januari 2018 dengan 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode acak berjenjang (multistage random sampling). Lembaga itu melakukan survei tertutup dengan menawarkan 15 nama calon wakil presiden untuk Prabowo. Responden survei dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen itu paling banyak memilih Anies sebagai sosok yang paling cocok dengan persentase 9,7 persen.
Di bawah Anies, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipilih 7 persen responden. Nama lain yang angkanya tak terlalu jauh beda adalah Ridwan Kamil, yaitu 6,4 persen.

Dalam survei Poltracking, Anies kalah unggul dari Agus sebagai calon wakil presiden untuk Prabowo, meski bedanya sangat tipis. AHY dipilih 16,5 persen responden, sedangkan Anies 16,4 persen.
Anies dan Agus unggul atas Gatot Nurmantyo dengan suara 13,5 persen, Ahmad Heryawan 4,7 persen, dan Zulkifli Hasan 1,6 persen.
Sedangkan 1.200 responden Poltracking di 34 provinsi kebanyakan memilih Anies, selain AHY. Anies diminati sedikit lebih banyak responden yang dipilih dengan metode acak berjenjang itu ketimbang AHY. Margin of error survei ini sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Tidak ada komentar: