Jumat, 02 Maret 2018

Fadli Zon Ungkap Kriteria Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto

Reporter:Vindry Florentin
Editor:Juli Hantoro
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. TEMPO/Dhemas Reviyanto
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. TEMPO/Dhemas Reviyanto
TEMPO.CO, Jakarta - Partai Gerindra mantap mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam Pemilihan Umum 2019. Gerindra kini mencari calon wakil presiden (cawapres) pendamping ketua umum mereka.
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan cawapres yang ideal harus mampu mendongkrak elektabilitas Prabowo. "Dia juga harus complimentary (melengkapi) Pak Prabowo," kata dia di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018. Pendamping Prabowo juga diharuskan memiliki pandangan yang sama mengenai perubahan.

Fadli Zon menuturkan partainya masih membahas cawapres yang akan diusung. Pembahasan tersebut akan dilakukan dengan calon partai koalisi. Nantinya mereka akan membahas dan memutuskan elektabilitas calon pendamping Prabowo bersama.
Dalam sejumlah survei elektabilitas, sejumlah nama mendominasi sebagai pendamping Prabowo. Mereka adalah Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono. Fadli Zon mengatakan hasil itu akan juga dijadikan pertimbangan saat menentukan cawapres untuk Prabowo.
Namun meski sudah didukung, Prabowo masih bungkam hingga saat ini. Dia belum menyatakan secara resmi akan maju kembali meski Fadli Zon menyatakan ketua umumnya itu siap maju.

Gerindra pun masih belum mendeklarasikan dukungannya secara resmi. Partai itu masih menunggu hasil dialog dengan calon mitra koalisi. Penjajakan dengan sejumlah partai seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN) masih berlangsung. Fadli Zon mengatakan komunikasi intensif terus dibangun untuk membuka peluang pencalonan Prabowo Subianto.
Di sisi lain, dukungan untuk Joko Widodo kembali mencalonkan diri sebagai presiden semakin kuat. PDIP, Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat, PPP, dan Partai Hanura telah menyatakan dukungan mereka. Dalam beberapa survei elektabilitas Prabowo Subianto masih di bawah Jokowi.

Tidak ada komentar: