Sabtu, 07 Juli 2018

Embun Salju di Dieng Turun Semakin Tebal dan Meluas

Jumat 06 Juli 2018, 14:03 WIB
Uje Hartono - detikNews
Embun Salju di Dieng Turun Semakin Tebal dan Meluas Embun es di dataran tinggi Dieng (Foto: istimewa)
FOKUS BERITA: Embun Salju di Dieng
Banjarnegara - Suhu di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, pada Jumat (6/7/2018) dini hari mencapai 5 derajat celsius. Kondisi tersebut memicu turunnya embun es di kawasan tersebut semakin tebal dan meluas di banding hari-hari sebelumnya.

Kepala Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Slamet Raharjo, mengatakan munculnya embun es atau yang oleh warga disebut bun upas pada Jumat dini hari lebih tebal dari sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, embun es tersebut masih akan muncul kembali. Apalagi, saat ini baru awal musim kemarau. "Tadi pagi sekitar 5 derajat celsius suhu di Dieng. Biasanya bisa di bawah 3 derajat sampai 0 derajat," terangnya kepada detikcom.
Embun Salju di Dieng Turun Semakin Tebal dan MeluasButiran-butiran embun es di Dieng (Foto: istimewa)


Ada pemandangan yang cukup menarik di pagi hari ketika hamparan di dataran tinggi tersebut ditutup embun es layaknya diselimuti salju tipis.

Namun kondisi tersebut dirasakan berbeda oleh para petani. Tanaman kentang dan sayuran milik warga akan kekuningan dan layu setelah tertimpa embun tersebut. Karena itulah warga menyebutnya sebagai bun upas atau 'embun berbisa' karena menjadi momok bagi tanaman sayuran yang menjadi andalan mereka.
Embun Salju di Dieng Turun Semakin Tebal dan MeluasGumpalan embun yang sudah membeku (Foto: istimewa)

Tidak ada komentar: